Monday, April 30, 2012

SIPENMARU D-3 SUDAH ONLINE...ONLINE...!

Sebagaimana tahun sebelumnya, pada TA. 2012/2013 ini Poltekkes Kemenkes Ykt kembali menyelenggarakan Seleksi Penerimaan Mhs Baru (Sipenmaru) Prodi D-III Jalur Umum melalui sistem On Line. Pendaftaran telah dimulai pd Hari Senin, 30 April 2011 dan akan ditutup pd tgl 12 Juni 2012.

Pendaftaran Sipenmaru On Line dilayani di alamat situs: http://sipenmaru.poltekkesjogja.ac.id/ atau Klik DISINI. Panduan Pendaftaran Sipenmaru Online Jalur Umum/Jalur Tes Poltekkes Kemenkes Yogyakarta TA. 2012/2013 silahkan membuka alamat ini: http://de.tk/T3GIb  ATAU klik DISINI.

Informasi terkait pelaksanaan Sipenmaru On line dpt ditanyakan ke No. HP Panitia : 081 328 768424 (Simpati) dan dilihat pd situs http://sipenmarupoltekkesjogja.blogspot.com/

Pada waktu yg bersamaan, pendaftaran mhs baru/Sipenmaru Prodi D-IV Keperawatan Medikal Bedah dan Prodi D-IV Keperawatan Anestesi Reanimasi Poltekkes Kemenkes Ykt TA. 2012/2013 juga telah dimulai. Pendaftaran Sipenmaru Prodi D-IV Keperawatan ini dilaksanakan secara off line.

Informasi selengkapnya & Formulir pendaftaran Sipenmaru Prodi D-IV Keperawatan silahkan klik dan download DISINI. (utk D-IV Keperawatan Medikal Bedah) dan DISINI (utk D-IV Keperawatan Anestesi Reanimasi).

Selamat mendaftar. Semoga lancar & kelar (Sukses) !!! ... Amien...

Sunday, April 29, 2012

PUNCAK PERINGATAN DIES NATALIS ALA JURUSAN KEBIDANAN

Akhirnya, rangkaian acara dalam rangka Dies Natalis XI Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Ykt berakhir. Berbagai acara yang telah dimulai sejak tanggal 16 Maret 2012 telah berakhir pada malam hari Sabtu, 28 April 2012 dgn diadakannya Malam Puncak dan Pentas Seni.

Rangkaian acara yang telah dilaksanakan diantaranya adalah Lomba Antar Kelas, Antar Jurusan, Lomba Cerdas Cermat (LCC) Antar Institusi Kebidanan se-DIY, Lomba Poster Kesehatan antar SMA se-DIY, Lomba Balita Sehat, Kegiatan Donor Darah, dan juga kegiatan Pemeriksaan Kesehatan yang ditujukan kepada masyarakat di sekitar Lingkungan Kampus Jurusan Kebidanan Mangkuyudan.

Acara malam puncak ini skaligus ditujukan untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh hampir bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Jurusan Kebidanan. Acara tersebut digelar di Aula Jurusan Kebidanan, diisi dengan berbagai penampilan suguhan dari para mahasiswa Jurusan Kebidanan serta persembahan dari mahasiswa jurusan lain yang hadir untuk memeriahkan acara tersebut.

Inilah susunan acara Malam Puncak Dies Natalis Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Ykt ke-11 dan Peringatan Hari Kartini:
  1. Pembukaan
  2. Laporan Ketua Panitia
  3. Sambutan Ketua Jurusan Kebidanan & Pudir III.
  4. Ajang Pemilihan Miss Bidan Kartini 2012.
  5. Sambutan Direktur Poltekkes Ykt
  6. Penampilan Pentas Seni mhs Jurusan Kebidanan tingkat 1
  7. Penyerahan plakat penghargaan Dosen Terfavorit dan Karyawan Terfavorit Jurusan Kebidanan
  8. Penampilan Seni Tari/Dance Jurusan Keperawatan
  9. Pengumuman Miss Bidan Kartini 2012
  10. Penampilan drama “Siapa itu Kartini?”
  11. Penampilan UKM Tari
  12. Penampilan Pentas Seni mhs Jurusan Kebidanan II
  13. Penyerahan hadiah LCC dan Lomba Poster Kesehatan
  14. Penampilan dari UKM Taekwondo
  15. Penyerahan hadiah Lomba Antar Jurusan dan Antar Kelas
  16. Penampilan dari mhs Jurusan Kesehatan Lingkungan
  17. Penampilan dari mhs Jurusan Analis Kesehatan
  18. Penutup
 Direktur Poltekkes Ykt saat menyampaikan sambutan & apresiasinya.

Pada Malam Puncak Dies Natalis ini dihadir oleh Para petinggi Poltekes Kemenkes Yogyakarta, yakni:  Ibu DR. Hj. Lucky Herawati, SKM, MSc selaku Direktur Poltekes Kemenkes Yogyakarta, Bapak Ir. Roosmarinto, M Kes selaku Pudir III Poltekkes Ykt, Bpk Abdul Hadi Kadarusno, SKM, MPH selaku Koord Urusan Kemahasiswaan Poltekkes Ykt, Bpk Subrata Tri Widada, SKM, MSc selaku  Kajur Analis Kesehatan. Serta tak lupa pula hadir Ibu Heni Puji Wahyuningsih, SSiT, MKeb selaku Kajur Kebidanan, para dosen Jurusan Kebidanan selaku dewan juri Miss Bidan Kartini 2012 (Ibu Endah MTH, SIP, APP, M.Kes dan Ibu Yani Widyastuti, M.Keb), Ibu Yuliantisari Retnaningsih selaku Koord Bidang Kemahasiswaan Jurusan Kebidanan, Ibu Suherni, SPd, APP, MKes selaku Kaprodi D-III Jurusan Kebidanan, para perwakilan jurusan, para pemenang lomba, Ketua BLM dan BEM Poltekkes, dan para tamu undangan lainnya.

Dari Jurusan Kebidanan sendiri menampilkan Tari Dayak (dari mhs kelas Bengkayang), musikalisasi puisi dari kelas Regular Tingkat 2, penampilan UKM Tari dari mahasiswa Tingkat 1, serta penampilan UKM Taekwondo. Sedangkan dari Jurusan Keperawatan menampilkan Tari Modern Dance, dari JKL dan Analis Kesehatan mempersembahkan Lagu akustik.

Tari Dayak yang dibawakan dgn penuh semangat oleh mhswi kelas Bengkayang, Kalbar.

 
Para mhswi Jurs. Kebidanan yg akan menari Jawa saat berpose didepan backdrop berlogo HMJ Kebidanan Poltekkes Kemenkes Ykt.

Dalam rangkaian acara malam puncak ini, diserahkan pula plakat Penghargaan Karyawan Terfavorit dan Dosen Terfavorit di mata para mahasiswa Jurusan Kebidanan. Penghargaan Karyawan Favorit ini diberikan kepada Bpk Rahmat Hidayat dan Penghargan Dosen Terfavorit diberikan kpd Bpk Sabar Santosa, SPd, APP, M.Kes. Sedangkan untuk ajang Miss Bidan Karini 2012 dimenangkan oleh Sdri Viorensha Flody finalis perwakilan dari kelas Bengkayang. Kami ucapkan Selamat kepada bapak-bapak penerima penghargaan dan pemenang Miss Bidan Karini 2012.

Vio- Mhswi Klas Bengkayang berhasil terpilih sbg Miss Bidan Kartini 2012.

Jika dibilang sempurna kegiatan tsb tentulah belum, karena kesempurnaan hanyalah milik Allah. Namun Malam Puncak Dies Natalis ini bisa dibilang panitia sukses dalam menyelenggarakan acara.
Selamat kepada para panitia sekaligus anggota HMJ Kebidanan 2012. Dan semoga Dies Natalis tahun depan lebih sukses dan lebih baik lagi. Aamin..

Akhirnya, KEEP FIGHTING!! teman2 panitia skaligus anggota HMJ Kebidanan dari kelas reg 1 dan kelas Bengkayang yang akan UTS besok Senin, 30 Apr 2012, Semoga sukses sesuai harapan! Aaamiin..

Saturday, April 28, 2012

"MEDIKASI", PERSEMBAHAN DARI MAHASISWA UNTUK POLTEKKES JOGJA

Melanjutkan posting sebelumnya DISINI, berikut ini kami sampaikan laporan kegiatan Poltekkes Fair 2012 kiriman dari Panitia/BEM Poltekkes Kemenkes Ykt.

Tulisan ini telah diedit disana-sini oleh Kour Kemhswn selaku Admin Web Kemahasiswaan Poltekkes Ykt agar laik tayang & enak dibaca. Terima kasih kepada Panitia kegiatan yg telah mengirimkan artikel tsb sbg bentuk pertanggungjawaban kegiatan, sekaligus sebagai laporan singkat utk dapat diketahui oleh segenap civitas akademika Poltekkes Ykt.

Selamat membaca liputan selengkapnya !
LAPORAN SINGKAT MEDIKASI
Untuk foto2 dokumentasi kegiatan Poltekkes Fair lainnya dpt dilihat pd album foto Pak "Hendra Jogja" atau Klik DISINI.

Wednesday, April 25, 2012

SERAGAM POLTEKKES, DARI WAKTU KE WAKTU

Tiga generasi seragam Poltekkes Ykt, (dari kiri ke kanan: dari yg paling lama-terbaru, diperagakan oleh Bpk. Suharyana - Ibu Muryani - dan Bpk. Abd. Hadi. K) .

Terhitung sejak minggu ke-3 bulan April 2012, karyawan/dosen PNS Poltekkes Kemenkes Ykt telah mendapat seragam baru yg warnanya berbeda jauh dgn seragam Kemenkes RI versi sebelumnya. Seragam terbaru ini warnanya mirip dgn seragam pramuka Hizbul Wathan milik anak2 siswa sekolah Muhammadiyah. Baju lengan panjang warna coklat, celana panjang warna hijau gelap + emblem logo Bakti Husada.

Berhubung seragam terbaru tsb jumlahnya baru tersedia 1 stel, maka pemakaiannya diatur sbb: 
  • Hari Senin: Seragam terbaru Kemenkes RI. (Atas: coklat, bawah: hijau gelap)
  • Hari Selasa - Jumat: Batik bebas.
  • Hari Rabu: Seragam Jurusan masing2.
  • Hari Kamis: Seragam Kemenkes RI yg sebelumnya. (Atas & bawah warna: krem).

Tuesday, April 24, 2012

SCIENTIFIC MEETING, KEGIATAN ILMIAH MENGAKHIRI DIES NATALIS XI POLTEKKES JOGJA


Dalam rangkaian kegiatan terakhir Dies Natalis XI Poltekkes Ykt Th 2012, pada hari Rabu, 25 April 2012, Pukul 09.00 - 15.00 WIB bertempat Audit Baru GBH Poltekkes Ykt telah dilaksanakan kegiatan "Scientific Meeting, Kaji etik dan Isu Plagiarisme serta Publikasi Hasil Penelitian".

Kegiatan "Scientific Meeting" diselenggarakan oleh Unit PPM Poltekkes Ykt. Kegiatan dibuka oleh Direktur Poltekkes Ykt (Dr. Lucky Herawati, SKM, MSc). Hadir sbg pembicara utama "Isu Plagiarism" adalah Bpk. Ir. M. Edhie Sulaksono, CPH, MM dari Komite Etik Penelitian Kesehatan Badan Litbang Kesehatan Kemenkes RI.

Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 100 orang dosen, peneliti, pemerhati penelitian, termasuk Pudir 1, Pudir 3, Ka.Jurs., dosen2, perwkln dari Dinkes Prop. DIY, BBTKL, Akper Notokusumo, SD Wirobrajan, lahan praktek, Stikes, dll. Panitia juga mengundang mhs perwkln BEM dan HIMA jurusan, namun karena msih ujian Mid Smtr, tidak ada mhs perwkln BEM dan HIMA jurusan yg hadir pada sesi pembukaan. Para mhs mulai hadir setelah rehat siang.

Dalam sambutannya, Direktur Poltekkes Ykt mengatakan bahwa Scientific Meeting ini menjadi wahana mensosialisasikan hasil2 penelitian Risbinakes dosen, sehingga tidak hanya berupa dokumen laporan saja. Sejak tahun 2011 Poltekkes Ykt sdh menerapkan Ethical Clearance, Ini Wajib ada utk penelitian yg melibatkan manusia/binatang sbg subjek. Selama ini Poltekkes Yk mengirim protokol ke komite etik UGM. Diharapkan nantinya Poltekkes Ykt dpt melakukan sendiri, dgn telah adanya Komite Etik. Hasil penelitian juga perlu dibuat Naskah publikasi utk dpt diunggah ke portal Garuda.

Panel Sesi I menyajikan hasil penelitian yg telah dilakukan oleh dosen2 Poltekkes Ykt, yaitu Tjarono Sari (J. Gizi), Ni Ketut Mendri (J.Keperwtn), Dyah Noviawati SA (J.Kebidanan), dan panel Sesi II disajikan hasil penelitian kelp. Subrata Tri Widada (J. Analis Kes), Sri Puji Ganefati (J.Kes.Lingkgn), dan Farida (J.Keperwtn Gigi).

Sebagai puncak acara "Scientific Meeting" ini, pada pukul 13.00 WIB - selesai, Bpk Ir. M. Edhie Sulaksono, CPH, MM menyampaikan materi ttg "Etik Penelitian Kesehatan". Sebelum menyampaikan materinya, beliau sempat menyumbangkan sebuah lagu berjudul "Ayah" dengan iringan musik akuistik dari mhs JKL.

 Bpk Edhie Sulaksono saat menyanyikan lagu "Ayah"

POLTEKKES FAIR 2012

Dalam rangka perayaan HUT/Dies Natalis XI Poltekkes Kemenkes Yogyakarta thn 2012, Civitas Akademika Poltekkes Kemenkes Yogyakarta,yg dimotori oleh para pengurus BEM & HIMA ke-6 Jurusan, telah mengadakan event terbesar & bersejarah: Poltekkes Fair "MEDIKASI".

Acara Poltekkes Fair berlangsung di Stadion Mandala Krida Yogyakarta, pada hari Minggu 22 Apr 2012, pukul 06.00 WIB - 16.00 WIB. Alhamdulillah, acara ini telah berjalan sukses dan lancar, menjadi pengalaman & pelajaran berharga bagi civitas akademika (khususnya para mhs/Panitia), sebagaimana status di FB Bem Poltekkes Yogyakarta:
"Hidup Mahasiswa...!
Semangat perjuangan untuk Mahasiswa-mahasiswa Poltekkes telah tertunaikan Poltekkes Fair... Banyak yang telah dilalui, banyak yang telah diukir, banyak yang telah terjadi, suka maupun duka... semuanya adalah dinamika yang akan terus berlanjut dan adalah sebuah proses pendewasaan menuju organisasi, pergerakan, darma bakti yang lebih besar lagi. Semoga tetap jaya, tetap sukses, dan semakin berani melangkah ke depan untuk mewujudkan "Mamayu Hayuning Bawono"...

- staf khusus Presiden bidang IT -
- a/n Presiden Mahasiswa BEM Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Kisah Eko Agus Purnomo -"
Rangkaian acara yg diselenggarakan dalam Poltekkes Fair adalah Senam Massal, pembagian doorprize, pemeriksaan kesehatan, penyuluhan kesehatan, stand pameran masing2 jurusan, Lomba Edukasi, Pameran Foto, dll.

Kontribusi peserta : Rp 5.000= Free drink & medical service Rp 20.000= Free T-Shirt, soft drink & medical service.

Untuk menarik pengunjung, Panitia menyediakan berbagai doorprize menarik, seperti sepeda, kipas angin, rice cooker, dll. serta doorprize yg adalah terbesar adalah sebuah sepeda motor Suzuki.
 
Ibu Direktur Poltekkes Kemenkes Ykt didampingi oleh Bpk/Ibu Kajur saat menyampaikan sambutan sesudah pelaksanaan kegiatan Senam Masal di Stadion Mandala Krida Yogyakarta

Salah satu stand pameran Jurusan Kesling tampak ramai dikunjungi oleh warga masyarakat.

Selamat Ulang Tahun Poltekkes Ykt ! 
Smoga di tahun2 berikutnya kegiatan Poltekkes Fair dpt tetap terselenggara dgn perencanaan dan persiapan yg lebih matang, dukungan sponsorship yg lebih banyak, promosi yg lebih masive, acara yg lebih meriah, peserta yg lebih buanyak, dan hadiah yg lebih "wah"... Insya Allah...

Sunday, April 22, 2012

KETENTUAN BEASISWA MAHASISWA BERPRESTASI DAN KURANG MAMPU (TAHAP II)

Berikut ini kami sampaikan ketentuan Beasiswa Mhs Berprestasi dan Beasiswa Mhs Kurang Mampu Poltekkes Ykt Thn 2012: Silahkan Klik DISINI utk membaca selengkapnya.

Silahkan bagi mhs yg memenuhi ketentuan agar segera mendaftar/menghubungi Jurusan masing2 dengan melengkapi berkas persyaratan yg dibutuhkan.

LOMBA POSTER KESEHATAN (IMUNISASI & ASI EKSKLUSIF)


Saturday, April 21, 2012

JALAN SEHAT SEMARAKKAN DIES NATALIS XI POLTEKKES JOGJA

Berbeda dgn Jumat2 sebelumnya, pada hari Jumat, 20 April 2012 kampus terpadu Poltekkes Ykt Jl. Tata Bumi 3 Banyuraden Gamping Sleman tampak meriah dgn datangnya civitas akademika dari ke-4 lokasi Kampus Poltekkes Ykt. Di halaman tsb jg berdiri 1 stand tenda promosi sepeda motor Honda.

Pagi itu, ratusan mhs, karyawan dan dosen dari ke-6 Jursn dan Direktorat Poltekkes Ykt berkumpul utk mengikuti Jalan sehat dlm rangka memeriahkan Dies Natalis ke-11 Poltekkes Ykt Th 2012. Jalur yg ditempuh peserta Jalan Sehat sama dgn kegiatan serupa tahun sebelumnya, mengitari kawasan Desa Banyuraden, Gamping, Sleman.

Sebelum dilepas jalan sehat oleh Direktur Poltekkes Ykt, peserta mengikuti lomba Yel-Yel antar karyawan dan antar mhs perjurusan.

Bpk Kirnantoro tampak memimpin Yel-Yel karyawan & dosen Jurs. Keperawatan.

Kelompok Mhs Jurs. Kes. Lingk saat meneriakkan Yel-Yel nya
 Pudir III Poltekkes Ykt saat melepas rombongan peserta Jalan Sehat dari Jurusan Gizi.

Usai menempuh perjalanan yg cukup menyehatkan tsb, peserta Jalan Sehat mendpt konsumsi khas rakyat, yaitu: kacang dan pisang rebus + teh manis, sambil mendengarkan hiburan musik. Pada saat itu pula di bagikan berbagai doorprize sumbangan dari sponsor, dan ke-6 Jurusan serta sumbangan dari Direktorat Poltekkes Ykt (Jajaran Pudir I-II-III).

Peserta Jalan Sehat saat mengantri mengambil konsumsi

Direktur Poltekkes Ykt menyerahkan doorprize kpd peserta Jalan Sehat yg beruntung mendapat doorprize

Pudir I berfoto bersama para peserta jalan sehat yg mendapat hadiah doorprize.

Pada saat itu pula diserahkan hadiah juara lomba Volly Ball dan Badminton antar karyawan/dosen Poltekkes Ykt. Adapun hadiah yg diberikan kepada juara I-II-III lomba Volly Ball dan Badminton adalah berupa uang pembinaan selama 1 tahun. Berikut ini daftar pemenang lomba tsb:


  Ibu Direktur saat menyerahkan Hadiah kepada para Juara Lomba

Selamat kpd para pemenang Lomba dan peserta Jalan Sehat yg mendapatkan doorprize.! 
Semoga kegiatan olah raga prestasi dan rekreasi seperti ini dapat terus digalakkan setiap moment "Jum'at Krida" dan tak hanya setahun sekali saat menyambut/memeriahkan HUT Poltekkes Ykt.

Thursday, April 19, 2012

MAU BEASISWA ?! BACA PENGUMUMAN INI...

Menindaklanjuti surat Nomor : KU.01.05/I/1/0799/2012, tanggal 26 Januari 2012, perihal Pengumuman Beasiswa DIPA Tahun 2012, maka bersama ini kami sampaikan bahwa :
  1. Daftar nama mahasiswa penerima beasiswa DIPA Tahun 2012 pada tahap I (sesuai SK Direktur No.: HK.03.05/I/1/3117/2012 tanggal 30 Maret 2012) diminta untuk segera mengumpulkan fotokopi buku rekening BTN (hasil fotokopian harus jelas dan terang).
  2. Fotokopi buku rekening BTN tersebut dikirim ke Pudir III paling lambat hari Rabu, 25 April 2012.
  3. Khusus bagi mahasiswa JKL penerima beasiswa DIPA Tahun 2012 tahap I yang belum mengumpulkan berkas persyaratan yang ditentukan, wajib segera mengumpulkannya bersamaan dengan pengumpulan fotokopi buku rekening BTN tsb.
  4. Ada kuota tambahan calon penerima beasiswa yang bersumber dari DIPA Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Tahun 2012 sejumlah 12 orang per jurusan yaitu beasiswa berprestasi untuk 6 orang mahasiswa dan beasiswa kurang mampu untuk 6 orang mahasiswa.
  5. Kepada para mahasiswa yang memenuhi persyaratan tentang tambahan kuota beasiswa tsb silahkan mengajukan/ mendaftarkan diri ke Ka.Jursn msg2, utk selanjutnya akan diseleksi dan dikirimkan data calon penerima beasiswa tersebut ke Direktorat Poltekkes Ykt.
  6. Adapun kriteria calon penerima beasiswa dan prosedur pengajuannya dpt ditanyakan ke Kajur masing2 / lgsg ke Ruang Pudir III (CP: Abd. Hadi. K / Mbak Astuti).
  7. Berkas usulan calon penerima beasiswa tahap II tersebut diharapkan dapat diterima di Direktorat Poltekkes Ykt paling lambat hari Jumat, 27 April 2012 pukul 13.00 WIB.
Demikian, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Mau dpt beasiswa dari DIPA Thn 2012 Poltekkes Ykt?
Buruan daftar...!

Tuesday, April 17, 2012

LOMBA BALITA SEHAT, DONOR DARAH DAN YANKES JURSN. KEBIDANAN

Berikut ini adalah artikel kegiatan Lomba Balita Sehat, Donor Darah, dan Pelayanan Kesehatan (Yankes) kiriman dari HIMA Jurusan Kebidanan Poltekkes Ykt yg telah diselenggarakan dalam rangka merayakan Dies Natalis Jurusan Kebidanan XI dan memperingati Hari Kartini Thn 2012.

Tulisan ini telah diedit disana-sini oleh Kour Kemhswn selaku Admin Web Kemahasiswaan Poltekkes Ykt agar laik tayang & enak dibaca. Terima kasih kepada Panitia kegiatan yg telah mengirimkan artikel tsb sbg bentuk pertanggungjawaban kegiatan, sekaligus sebagai laporan singkat utk dapat diketahui oleh segenap civitas akademika Poltekkes Ykt.
Selamat membaca liputan selengkapnya !
Lomba Balita Sehat, Dondar, Yankes HMJ Kbidn

Monday, April 16, 2012


SEMARAK PERINGATAN DIES NATALIS XI POLTEKKES JOGJA TH 2012

Sejak terbitnya SK Menkes Kessos RI No. 298/Menkes-Kessos/SK/IV/2001 tanggal 16 April 2001 tentang Organisasi dan Tatakerja Politeknik Kesehatan Departemen Kesehatan RI maka terjadilah perubahan kelembagaan Akademi2 Kesehatan milik Depkes RI yang ada di seluruh Indonesia melebur/fusi menjadi Politeknik Kesehatan.

Demikian pula yg terjadi dgn 6 Akademi Kesehatan Depkes RI yg ada di Prop. DI. Yogyakarta (Akademi Analis Kes, Akademi Gizi, Akademi Kebidanan, Akademi Keperawatan, Akademi Kesehatan Gigi, dan Akademik Kesehatan Linkungan) bergabung menjadi 1 dalam wadah Polteknik Kesehatan Yogyakarta.

Dalam rangka memperingati hari lahirnya yg ke-11, pada Hari Senin, 16 April 2012, telah dilaksanakan upacara peringatan Dies Natalis XI Poltekkes Ykt. Acara yg berlangsung secara sederhana namun cukup meriah ini bertempat di Auditorium Graha Bina Husada Poltekkes Ykt, Jl. Gadingan, Banyuraden, Gamping, Sleman, Ykt.

Pada kesempatan Dies Natalis XI Poltekkes Ykt ini telah dilaksanakan Orasi Ilmiah, Pentas Seni & tari oleh Mhs, penyerahan SK Dosen Berprestasi, penyerahan SK Mhs Penerima Beasiswa DIPA Th 2012, penyerahan Sertifikat ISO, penyerahan Hadiah Lomba2 dlm rangka Dies Natalis, dll. (Posting terkait kegiatan Orasi Ilmiah oleh Direktur Poltekkes Ykt ini telah diupload sebelumnya DISINI),

Berikut ini adalah foto2 dokumentasi kegiatan peringatan Dies Natalis XI Poltekkes Ykt Th 2012:

Penampilan Tari Bali oleh Mhswi Jurs. Gizi

Penyerahan simbolis kunci Gedung baru J. Analis Kes & kunci Mobil Bis Mhs J. Keprwtn Gigi.

Pudir I berfoto bersama mhs Penerima Beasiswa DIPA Poltekkes Ykt kategori Mhs Berprestasi dan Mhs Kurang mampu.

Penampilan tari dari Mhswi Jurs. Kebidanan

Penyerahan Sertifikat ISO kpd pengelola Perpustakaan Direktorat dan Jursn.

DIrektur berpose bersama Juara I-II dan III Dosen Berprestasi Tingkat Poltekkes Ykt Th 2012 (dari kiri ke kanan: Hesty Widyasih, MKeb/ Juara III, Siti Hani I, SKM, MKes/Juara II, Dr. Lucky H, SKM, MSc, dan Agus Wijanarko, SSiT, MKes/ Juara I).

Pudir III Poltekkes Ykt berfoto bersama Mhs pengurus organisasi kemhswn Periode 2011

Penampilan Tari "Damailah Indonesiaku" yg dibawakan oleh mhs Jurs. Kes. Lingk

Pudir III berfoto bersama para mhs pemenang lomba2 Dies Natalis XI.

SELAMAT DIES NATALIS XI !
Dengan Semangat Dies Natalis XI, POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA Siap Meraih Visi dgn Prestasi !!

MENGISI HUT KE-11 DENGAN ORASI ILMIAH

Dalam rangka memperingati Dies Natalis / HUT / Milad ke-11 Poltekkes Ykt, sebagaimana peringatan pada tahun2 sebelumnya, telah dilaksanakan Orasi Ilmiah yg disampaikan oleh Direktur Poltekkes Ykt. Acara ini berlangsung di Auditorium Graha Bina Husada Poltekkes Ykt pd Hari Senin, 16 April 2012.

Ibu Dr. Lucky Herawati, SKM, MSc saat menyampaikan orasi ilmiah.

Berbeda dgn materi Orasi Ilmiah pd tahun2 sebelumnya, pd kesempatan Dies Natalis XI ini Ibu Direktur menyampaikan materi yg tidak berhubungan dgn kebijakan yg ada di Poltekkes Ykt melainkan materi ttg "Peranan Poltekkes Ykt Mengawal Pembelajar Sukses".

Materi ini disusun berdasarkan hasil survey cepat menggunakan kuesioner thdp perwakilan mhs Poltekkes Ykt dari ke-3 Jurusan yg dipilih secara acak.

Berikut ini adalah tayangan materi Orasi Ilmiah yg beliau sampaikan tersebut :
Orasi Ilmiah Direktur - Dies Natalis 2012

Thursday, April 12, 2012

MERIAHKAN DIES NATALIS DENGAN VOLY BALL & BADMINTON

Pertandingan Volly Ball di Halaman depan Kampus Terpadu Poltekkes Ykt

Terhitung sejak Rabu, 11 Apr 2012, kampus Terpadu Poltekkes Ykt tampak semarak dgn kehadiran civitas akademika yg berasal dari ke-4 lokasi kampus Poltekkes Ykt. Kehadiran civitas tsb dalam rangka mengikuti rangkaian lomba yg diselenggarakan oleh Panitia guna memeriahkan acara Dies Natalis XI Poltekkes Kemenkes Ykt Th 2012.

Kegiatan lomba yg digelar adalah Lomba Volly Ball dan Badminton. Pelaksanaan Lomba Volly Ball dilangsungkan di Halaman depan Kampus Terpadu Poltekkes Ykt, sedangkan Lomba Badminton diselenggarakan di Auditorium Lama Poltekkes Ykt.

Pertandingn Badminton antara Jurs. Gizi VS Jurs. Kebidanan

Selamat bertanding... Ayo, Tunjukkan kehebatan jurusan mu!!

Wednesday, April 11, 2012

KAJIAN RUTIN PENGHUNI ASRAMA 2 JURUSAN KEBIDANAN

Berikut ini adalah artikel kegiatan KRPA kiriman dari mhs kelayan Asrama 2 Jurusan Kebidanan Poltekkes Ykt yg telah diselenggarakan di Aula Jurs. Kebidanan Poltekkes Ykt pada tgl 7 Maret 2012 dan pada tgl 9 April 2012.

Tulisan ini telah diedit disana-sini oleh Kour Kemhswn selaku Admin Web Kemahasiswaan Poltekkes Ykt agar laik tayang & enak dibaca. Terima kasih kepada Panitia kegiatan yg telah mengirimkan artikel tsb sbg bentuk pertanggungjawaban kegiatan, sekaligus sebagai laporan singkat utk dapat diketahui oleh segenap civitas akademika Poltekkes Ykt.
Selamat membaca liputan selengkapnya !
KRPA Maret April Asrama 2

Tuesday, April 10, 2012

LOMBA PADUAN SUARA DAN MODELLING : MENGADU SUARA & GAYA MAHASISWA ANTAR JURUSAN

Berikut ini adalah artikel kiriman dari mhs Panitia Lomba Paduan Suara dan Modelling BEM Poltekkes Ykt yg telah diselenggarakan di Auditorium GBH Poltekkes Ykt pada hari Sabtu, 7 April 2012. Kegiatan lomba ini termasuk salah satu dari rangkaian kegiatan dlm rangka Dies Natalis XI Poltekkes Ykt Th 2012.

Tulisan ini telah diedit disana-sini oleh Kour Kemhswn selaku Admin Web Kemahasiswaan Poltekkes Ykt agar laik tayang & enak dibaca. Terima kasih kepada Panitia kegiatan yg telah mengirimkan artikel tsb sbg bentuk pertanggungjawaban kegiatan, sekaligus sebagai laporan singkat utk dapat diketahui oleh segenap civitas akademika Poltekkes Ykt.
Selamat membaca liputan selengkapnya !
Kegiatan Lomba Paduan Suara Dan Modelling

Sunday, April 8, 2012

SEMINAR FOTOGRAFI 2012

UKM Jurnalistik BEM Poltekkes Kemenkes Ykt pada hari Minggu, 8 April 2012 telah sukses menyelenggarakan Seminar Fotografi dgn tema "Asyiknya Menjadi Fotografer". Acara yg digelar di Auditorium Graha Bina Husada Poltekkes Ykt ini adalah salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Dies Natalis XI Poltekkes Kemenkes Ykt Th 2012.

Seminar kali ini menampilkan pemateri tunggal yaitu Bpk. M. Fajar Apriyanto, M.Sn (Dosen / Ketua Jurusan Fotografi di ISI Yogyakarta), didampingi dengan tim fotografernya.

Tamu undangan dan pembicara Seminar Fotografi pada sesi pembukaan

Peserta seminar berasal dari mahasiswa berbagai perguruan tinggi di DIY dan Jateng, calon mhs baru Jalur PMDP, dan masyarakat umum pemerhati Fotografi. Tampak pula hadir pd acara ini adalah Direktur, Pudir III, dan Kour Kemhswn Poltekkes Kemenkes Yk serta Ka. BLM dan Ka. BEM.

Direktur saat menyampaikan sambutan pd pembukaan Seminar Fotografi

Pada seminar ini juga diperagakan teknik fotografi & perangkat editing foto dengan menggunakan model salah seorang mhswi Jurs. Gizi yg ikut sbg peserta seminar.

Sesi praktek foto studio dgn model salah seorang mhswi.

ALhamdulillah, meskipun dgn waktu persiapan yg sangat singkat, keterbatasan dalam hal sound system di Auditorium GBH, namun demikian kegiatan Seminar Fotografi ini telah dpt berjalan dgn sukses & lancar. Terima kasih kpd semua pihak termasuk para sponsor yg telah mendukung acara ini.

Smoga tahun depan dpt berlangsung kembali kegiatan Seminar/pelatihan fotografi ini guna membekali ketrampilan / soft skill para mhs Poltekkes Ykt khususnya dan masyarakat umumnya dlm persoalan fotografi. Ternyata memang Asyik menjadi Fotografer !

Saturday, April 7, 2012

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN KELAYAN ASRAMA 1

Berikut ini adalah artikel kiriman dari Sdri Nellis Eka R, mhs pengurus Asrama 1 Poltekkes Ykt yg telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Kewirausahaan bagi Kelayan Asrama 1 pada tanggal 26 – 28 Maret 2012.

Tulisan ini telah diedit disana-sini oleh Kour Kemhswn selaku Admin Web Kemahasiswaan Poltekkes Ykt agar laik tayang & enak dibaca. Terima kasih kepada Panitia kegiatan (HMJ Kebidanan) yg telah mengirimkan artikel tsb sbg bentuk pertanggungjawaban kegiatan, sekaligus sebagai laporan singkat utk dapat diketahui oleh segenap civitas akademika Poltekkes Ykt.
Selamat membaca liputan selengkapnya !

Plathn Kewiraushn Koperasi Kelayan Asrama 1

Thursday, April 5, 2012

LOMBA CERDAS CERMAT KEBIDANAN 2012, "Use your brain, Be the winner. !"

Pada hari Sabtu, 31 Maret 2012, bertempat di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Jl. Mangkuyudan MJ III/304, Yogyakarta, telah diselenggarakan Lomba Cerdas Cermat Kebidanan 2012 antar institusi kebidanan se- DIY. LCC Kebidanan ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan tiap tahun. Kegiatan ini merupakan realisasi salah satu program kerja HMJ Kebidanan dalam rangkaian kegiatan untuk memperingati Dies Natalis XI Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
LCC Kebidanan merupakan salah satu ajang lomba untuk mengasah potensi diri di bidang ilmu kebidanan. Selain itu, kompetisi ini bertujuan untuk menjalin silaturrahmi antar institusi kebidanan se-DIY sehingga terbina kerjasama, persahabatan dan persaingan yang sehat.
“Use your brain, Be the winner”, kalimat tersebut menjadi tema LCC Kebidanan tahun 2012. Sasaran dari LCC Kebidanan ini adalah mahasiswa D3 kebidanan di seluruh wilayah DIY. Lomba ini dalam bentuk tim, dimana 1 tim terdiri dari 3 orang peserta. Diawali dengan penyebaran poster LCC di 13 Institusi Kesehatan atau Institusi Kebidanan se-DIY pada awal Maret 2012, hingga pada hari teakhir pendaftaran (Senin, 26/3/2012) tercatat ada 21 tim yang resmi menjadi peserta lomba dari 11 institusi kebidanan di DIY.
Technical meeting LCC diadakan pada hari Senin, 26 Maret 2012, pukul 16.30 WIB di ruang kelas Bengkayang. TM diikuti oleh beberapa perwakilan peserta dari masing-masing institusi.
LCC Kebidanan ini terdiri dari 2 babak, yaitu: babak penyisihan (tes tertulis) dan babak final. Ujian babak 1 dimulai pukul 08.00 WIB. Suasana menjadi hening dan tenang saat ujian babak 1 berlangsung.
Babak penyisihan LCC Kebidanan 2012 yg berlangsung di Ruang Ujian 1,
Koreksi ujian babak 1 dilakukan secara terbuka, disaksikan oleh satu orang perwakilan dari masing-masing tim. Untuk babak selanjutnya, yaitu babak final diambil 3 tim yang memperoleh nilai tertinggi. Sempat terdapat nilai seri antara tim dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta 1 dengan tim dari STIKES Guna Bangsa 1. Setelah melalui babak rebutan tambahan akhirnya didapatkan 3 tim yang berhak melaju babak final yaitu: tim STIKES Aisyiyah 1, tim STIKES Alma Ata 1 dan tim Poltekkes Kemenkes Yogyakarta 1.

.


Babak penyisihan LCC Kebidanan 2012 yang berlangsung di Ruang Ujian 2,






Babak Final LCC dilaksanakan di Auditorium Jurusan Kebidanan pukul 10.30 WIB. Terdiri dari 3 sesi yaitu sesi 1 (soal wajib), sesi 2 (soal lemparan), sesi 3 (soal rebutan). Bertindak selaku juri dalam babak final ini adalah 2 orang dosen Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, yaitu Ibu Yuni Kusmiyati, S.SiT, MPH dan Ibu Sumarah, SST, MPH.

Acara dimulai dengan perkenalan peserta dan dewan juri, penentuan meja tim A, B, dan C serta pemilihan paket soal wajib dan lemparan. Suasana tegang mulai terasa pada saat “Master of quiz” membacakan satu persatu soal babak final. Untuk mencairkan suasana, di sela-sela sesi soal wajib dan lemparan, “Master of quiz” memandu audience untuk memberikan aplause dukungan kepada para peserta.



Master of quiz saat membacakan soal babak final











Suasana menjadi semakin tegang saat memasuki soal rebutan. Semua tim sudah siap untuk memencet bell dan menjawab pertanyaan. Akhirnya audience kembali bertepuk tangan pada saat soal terakhir sesi rebutan selesai, yang menjadi tanda berakhirnya babak final tersebut. Suasana bertambah ramai saat “Master of quiz” mengumumkan skor akhir babak final. Tim A (STIKES Alma Ata 1) mendapatkan skor 850, Tim B (STIKES Aisyiyah 1) mendapatkan skor 750 dan tim C (Poltekkes Kemenkes Yogyakarta 1) mendapatkan skor 1400.

Dengan demikian keluar sebagai Juara 1
Lomba Cerdas Cermat Kebidanan 2012 adalah tim dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta 1 yang diwakili oleh Fajar Rahayu Meisinta (semester 2), Mirza Maulida Afiana dan Pramidya Ujiana (semester 4). Juara 2 diraih oleh tim dari STIKES Alma Ata yang diwakili oleh: Bintang Zahra Arfyan, Khanina Fauziyyah dan Yuniati Afika Muasyaroh. Juara 3 diraih oleh tim dari STIKES Aisyiyah yang diwakili oleh Novita Nilamsari, Shofia Rosyida dan Resti Nur Amalia.


Para pemenang LCC (Juara I, II dan III)
berpose bersama Dewan Juri (Ibu Yuni Kusmiyati, S.SiT, MPH dan Ibu Sumarah, SST, MPH)






Seluruh finalis LCC akan mendapatkan sertifikat sebagai peserta lomba. Untuk para pemenang Juara 1, 2, dan 3, hadiah bisa diambil pada saat malam puncak Dies Natalis Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, yang insya Allah akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 28 April 2012 di Jurusan Kebidanan.


Secara keseluruhan acara LCC telah berlangsung lancar atas kerjasama yang baik antar panitia HMJ Kebidanan, Dewan Juri, Dosen pembimbing masing-masing peserta dan seluruh peserta lomba. Selamat kepada para pemenang Lomba Cerdas Cermat Kebidanan 2012 Antar Institusi Kebidanan se- DIY Tahun 2012.

Selamat serta terimakasih juga panitia ucapkan kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam LCC Kebidanan ini. Semoga tetap berkarya sebagai generasi muda yang berpotensi, inovatif dan kreatif melalui event-event lainnya serta bisa saling bertemu kembali dalam kesempatan yang lain.


Foto bersama Dewan Juri beserta HMJ Kebidanan 2012

Wednesday, April 4, 2012

DONOR DARAH 2012 "SHARE BLOOD, GIVE LIFE ! "

Dalam rangka merayakan Dies Natalis Jurusan Kebidanan dan Memperingati Hari Kartini, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta mengadakan serangkaian kegiatan, diantaranya adalah Donor Darah.

Kegiatan Donor Darah ini merupakan pelaksanaan program kerja Divisi Pengabdian Masyarakat HMJ Kebidanan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta Masa Bakti 2012.

Kegiatan ini diselenggarakan karena semakin meningkatnya permintaan darah yang tidak diimbangi dengan suplai darah yang dimiliki oleh PMI setempat. Sehingga, HMJ Kebidanan berinisiatif mengadakan kegatan Donor Darah guna mengatasi masalah tersebut.

LET'S COME AND JOIN US !!! BLOOD DONATION FOR OTHER LIFE'S.....
Minggu, 15 April 2012, Jam 08.00 WIB - Selesai. Tempat: BP-RB Mangkuyudan Kampus Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Jl. Mangkuyudan, MJ III/304 Yogyakarta.

Tuesday, April 3, 2012

ANEKA LOMBA SEMARAKKAN DIES NATALIS JURUSAN KEBIDANAN

Berikut ini adalah artikel kiriman dari mhs pengurus HIMA Jurs. Kebidanan Poltekkes Ykt yg telah menyelenggarakan serangkaian kegiatan dalam rangka menyemarakkan Dies Natalis XI Tahun 2012. Kegiatan tsb adalah Lomba Mading, Badminton, Paduan Suara, Voly Ball, Menghias Kue, Futsal, Pidato Bhs Jawa, serta Sertijab, Makrab HMJ Kebidanan.

Tulisan ini telah diedit disana-sini oleh Kour Kemhswn selaku Admin Web Kemahasiswaan Poltekkes Ykt agar laik tayang & enak dibaca. Terima kasih kepada Panitia kegiatan (HMJ Kebidanan) yg telah mengirimkan artikel tsb sbg bentuk pertanggungjawaban kegiatan, skaligus sebagai laporan singkat utk dapat diketahui oleh segenap civitas akademika Poltekkes Ykt.
Selamat membaca liputan selengkapnya !
Lomba Macam2 - Dies Natalis Kebidn

Monday, April 2, 2012