Kemah Bakti Kesehatan Tahun 2017 - BIDANG KEMAHASISWAAN POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

Latest

Info seputar kegiatan Bidang Kemahasiswaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta

Hubungi Kami

/BANNER 728X90/

Thursday, November 9, 2017

Kemah Bakti Kesehatan Tahun 2017


Kemah Bakti Kesehatan Tahun 2017
"Saka Bakti Husada Menyongsong Indonesia Sehat"


Gambar 1 ; penyalaan api darma
 
     
           Kemah Bakti Kesehatan adalah kegiatan rutin yang diadakan tiap tahun oleh Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, merupakan salah satu program kerja dari UKM Saka Bakti Husada. Kali ini kebakkes mengangkat tema “Saka Bakti Husada Menyongsong Indonesia Sehat”, diharapkan agar peserta kebakkes kelak dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat untuk menjadikan Indonesia menjadi negara yang siap untuk menghadapi masa depan yang lebih baik terutama dalam bidang kesehatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 11 sampai dengan 13 Agustus 2017 dan bertempat di Bumi Perkemahan Rama Shinta Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Peserta merupakan mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang telah dinyatakan memenuhi persyaratan kemah, mayoritas peserta adalah tingkat satu.

Gambar 2 ; acara renungan api darma

            Peserta berangkat dari kampus pusat yang terletak di Jalan Tata Bumi No. 3, Banyuraden, Sleman, Yogyakarta dimulai dengan upacara pembukaan yang dibina oleh Bapak Joko Susilo, selaku Pembina UKM Saka Bakti Husada. Seusai upacara pembukaan, peserta berangkat dengan mengendarai bus menuju Bumi Perkemahan Rama Shinta. Peserta menyiapkan tenda, memasak, dan bersih diri, untuk kemudian dilanjutkan kegiatan pada malam harinya yaitu, jelajah malam yang terdiri dari 3 pos yang tiap posnya menjelaskan tentang sejarah pramuka, arti tentang gerakan masyarakat dan pengetahuan tentang kepramukaan atau dewan racana. Meskipun angin yang berhembus saat malam hari cukup mengubah suasana menjadi dingin, namun para peserta tetap antusias untuk menjelajah area Buper Rama Shinta.
Gambar 3 ; lomba pionering oleh para peserta
            Keesokan harinya terdapat berbagai macam kegiatan, dimulai dengan senam pagi kemudian dilanjutkan dengan berbagai macam lomba, yaitu lomba yel-yel, lomba hasta karya dari botol bekas, lomba PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat) dengan kasus korban bencana pra rumah sakit, lomba pioneering dan lomba memasak gizi seimbang. Selain berbagai macam lomba, kegiatan diselingi dengan materi dari PMI, materi dari PERSAGI dan materi DLH yang sengaja didatangkan narasumber untuk mengisi materi tersebut. Selain itu, terdapat acara bakti sosial dan penyuluhan kesehatan yang dilaksanakan di SMP Islam Terpadu yang terletak di sekitar area Candi Prambanan.
 
Gambar 4 ; peserta sedang melakukan game
kelompok saat jelajah malam
            Malam harinya terdapat renungan api dharma yang berlangsung khusyuk, dibina oleh Ibu Sari Hastuti, selaku Pembina UKM Saka Bakti Husada. Kegiatan dilanjutkan dengan pentas seni dari 16 kelas yang terdiri dari 6 jurusan. Suasana pecah dan hangat mengelilingi api unggun di lapangan utama, peserta menampilkan berbagai pertunjukan yang kreatif nan menghibur mulai dari fashion show, drama musikal, dan tari tradisional kontemporer maupun dance. “Pensinya seru banget, meriah pokoknya. Capeknya yang dari kemarin kegiatan terus, malam ini jadi ilang, soalnya bisa ketawa bareng temen-temen”, ujar Wika, salah satu peserta.

            Hari terakhir dimulai dengan senam pagi, lalu dilanjutkan outbond yang terdiri dari 4 pos dengan berbagai permainan yang disiapkan panitia, yang terdiri dari sarung jalur, naga buta, pecah balon dan salur spons, outbond berlangsung dengan semangat. Kegiatan selanjutnya bongkar tenda dan upacara penutupan, sebagai tanda selesainya kegiatan kemah bakti kesehatan tersebut. Para peserta kembali ke kampus pusat menggunakan bus. Secara keseluruhan kegiatan kemah bakti kesehatan berlangsung lancar dengan cuaca yang sangat cerah dan mendukung berlangsungnya kegiatan.
            Salam Pramuka! (red-ainun, foto-winda, foto-tofa)
 
 TIM REDAKSI JURNALISTIK

Anindita Ainun Rahma Prishaningrum (D4 Kebidanan/P07124215001)
Winda Kurnia Sari (D4 Gizi/)
Al Mustafa (D4 Kesehatan Lingkungan/)


No comments:

Post a Comment