BELAJAR UPP (UNIT PELAYANAN PRIMA) DARI AHLINYA... - BIDANG KEMAHASISWAAN POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

Latest

Info seputar kegiatan Bidang Kemahasiswaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta

Hubungi Kami

/BANNER 728X90/

Thursday, February 11, 2010

BELAJAR UPP (UNIT PELAYANAN PRIMA) DARI AHLINYA...

"Kebo nyusu Gudhel" mungkin itulah kesan yg muncul ketika Poltekkes Kemenkes Ykt -yg sebesar itu kampusnya, sebanyak itu karywn/dosen dan mahasiswanya- memutuskan utk melakukan Kunjungan Studi Banding Penyelenggaraan Pelayanan Prima ke Puskesmas Depok II Kab. Sleman, Ykt. Namun, demi sebuah mimpi/cita2 untuk meraih Piala Citra Pelayanan Prima dari Presiden RI, maka itulah yg dilakukan oleh rombongan karywn, dosen dan staf Poltekkes Ykt dari Direktorat dan Jurusan.

Hari Kamis, 11 Feb 2010, dgn dipimpin langsung oleh Direktur Poltekkes Ykt (Ibu Dr. Lucky Herawati SKM, MSc) rombongan 26 orang karyawan, dosen dan staf Poltekkes Ykt dari unsur Direktur, Kasubbag, Koord. Ursn, Ka. Unit di lingkungan Direktorat Poltekkes serta Ka. Sub Unit Penjaminan Mutu dari ke-6 Jurusan berkunjung ke Puskesmas Depok II yg berlokasi di daerah Perumahan Condong Catur Jln. Lely III, Kec. Depok, Kab. Sleman, Ykt. Kunjungan studi banding dilaksanakan dari pukul 09.00 -s/d- 12.30 WIB.

Puskesmas ini dipilih menjadi lokasi kunjungan karena pada tahun 2008 pernah memperoleh Piala Citra Pelayanan Prima dari Presiden RI SBY, sebagai unit pelayanan publik berkinerja Sangat Baik. Ini terkait dgn ambisi Poltekkes Ykt utk bisa meraih Piala yg sama pada penilaian lomba UPP (Unit Pelayanan Prima) yg akan dilaksanakan pada Maret 2010 nanti jika memang Poltekkes Ykt berhasil masuk nominasi. Disamping itu, Puskesmas Depok II juga telah meraih sertifikat ISO 9001:2000 dari SGS pada Oktober 2007.

Para peserta studi bandingpun tak menyia-nyiakan kesempatan ini utk bertanya banyak hal tentang UPP dan proses sertifikasi ISO 9001:2000 tsb. Di setiap bagian ruangan Puskesmas, peserta tak hanya bertanya dan memperoleh penjelasan dari pimpinan dan karyawan puskesmas, namun juga memotret suasana dan kelengkapan informasi yg tersaji di stiap dinding ruang-ruang pelayanan, hingga Kamar Mandi/WC.

Kapan kah Poltekkes Ykt ber"migrasi" ke suasana seperti di Puskesmas Depok II ini !?! Bersih, tertib, transparan, akuntable, ramah, profesional, dst.

Pastinya Segera... Karena bulan Maret 2010 telah di depan mata. Kalaupun Poltekkes Ykt tidak masuk nominasi penilaian UPP, perubahan ke arah itu harus mulai dilakukan dari sekarang. Are You Ready ?!

No comments:

Post a Comment