Kajian Keakhwatan “Ukhti, Berhati-Hatilah dengan Selfiemu” - BIDANG KEMAHASISWAAN POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

Latest

Info seputar kegiatan Bidang Kemahasiswaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta

Hubungi Kami

/BANNER 728X90/

Thursday, November 9, 2017

Kajian Keakhwatan “Ukhti, Berhati-Hatilah dengan Selfiemu”



Kajian Keakhwatan,
“Ukhti, Berhati-Hatilah dengan Selfiemu”
     
Gambar 1 ; penyampaian kajian oleh
Ustadzah Lady Farhana
         Pada hari Kamis tanggal 27 Juli 2017 telah diadakan kajian rutin yang bertempat di Masjid Kampus Al-Mubaroq, kajian berlangsung mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB. Kajian yang diadakan oleh UKM SKI divisi keakhwatan ini menghadirkan Ustadzah Lady Farhana. Dengan tema “Ukhti, Berhati-Hatilah dengan Selfiemu”, para peserta yang hadir terlihat antusias dan semangat dalam mengikuti kajian ini, meskipun terlihat kebanyakan peserta yang hadir masih menjalani UAS keesokan harinya. 

Gambar 2 ; para peserta yang sedang
memperhatikan kajian
            Dalam kajian ini, dijelaskan bahwa manusia pada hakikatnya adalah makhluk yang butuh eksistensi akan dirinya, manusia makhluk yang ingin diakui keberadaannya di dunia nyata. Namun, cara bagaimana menunjukkan eksistensi diri itu yang berbeda-beda pada setiap individu. Bagi sebagian orang, ada yang beranggapan bahwa di dunia nyata adalah tempat untuk menunjukkan pengakuan dari dirinya, namun ada pula yang menganggap dunia maya tempat yang lebih nyaman untuk mendapat pengakuan karena beberapa alasan.

Gambar 3 ; sesi tanya jawab peserta
dengan Ustadzah Lady Farhana
            Dan salah satu cara yang membuat eksistensi di dunia maya adalah dengan mengupload foto, foto apapun itu. Namun kebanyakan foto selfie yang semakin banyak digunakan dan banyak mudhorot-nya. Selain itu, jika kita meng-upload foto selfie kita di dunia maya, siapa saja bisa melihat muka kita, kita tidak tahu foto yang kita pajang tersebut bisa saja digunakan untuk keperluan yang mungkin tanpa seizin kita. Kemungkinan terburuknya, foto yang kita upload malah menghasilkan fitnah yang tidak kita harapkan. Akan lebih baik jika kita, perempuan, tidak mengupload foto yang akan menimbulkan ke-mudhorot-an.
          
            Kajian berjalan diselingi dengan gelak tawa gemelitik dari para peserta mendengar ceramah dari Ustadzah Hana yang dikemas dengan sedikit humor ringan yang sering dialami kita, perempuan. Semua yang berlebihan itu tidak baik, seperti terlalu terobsesi dengan dunia maya, contohnya mengejar likes, sehabis upload foto, pasti kita penasaran semacam “Aduh yang nge-like fotoku udah berapa ya?” Padahal saat itu kuota habis, beberapa saat kemudian langsung beli kuota. Astagfirullah.. Sebaliknya, kadang sudah masuk waktu shalat, dan adzan, kita masih tidak menyegerakan shalat. Maka dari itu, penting bagi kta untuk mengontrol akan sesuatu yang menjauhkan kita dari Allah SWT.

            Sekian kajian keakhwatan tentang “Ukhti, Berhati-Hatilah dengan Selfiemu” kali ini, sampai jumpa di kajian selanjutnya ya! J (red-Ainun, foto-Winda)
Gambar 4 : foto bersama para peserta
dan Ustadzah Lady Farhana
Tim Redaksi Jurnalistik ;

Winda Kurnia Sari,

D IV Gizi 

Anindita Ainun Rahma
D IV KEBIDANAN







No comments:

Post a Comment