Tuesday, November 2, 2010

SELAMAT DATANG RELAWAN, SELAMAT DATANG BANTUAN !!!

Relawan Poltekkes Surabaya telah tiba di Poltekkes Ykt dgn menggunakan 3 kendaraan yg sarat dgn bahan bantuan.

Alhamdulillah, puji syukur dari rakyat Jogja, khususnya yg tinggal di daerah bencana Merapi, karena perhatian, kepedulian dari Saudara2nya yg tidak mengalami bencana telah tiba. Bantuan dari berbagai pihak dan berbagai daerah mulai mengalir deras ke Yogyakarta, termasuk bantuan tenaga relawan. Tak ketinggalan adalah bantuan tenaga relawan kesehatan dari Poltekkes Kemenkes Surabaya. Admin weblog kemahasiswaan Poltekkes Jogja ini juga turut berbahagia krn "SOS HELP" dari Yogyakarta sebagaimana yg telah posting sebelumnya DISINI telah mendapat jawaban/respon.

Acara penyambutan para relawan dari Poltekkes Surabaya di Ruang Sanitasi JKL.

Ini adalah untuk kedua kalinya Poltekkes Surabaya mengirim tenaga relawan kesehatannya pada bencana alam yg terjadi di Ykt. Pada th 2006 yg lalu, saat terjadinya Gempa, Poltekkes Surabaya juga terlibat langsung terjun di lapangan dengan menurunkan hingga 5 gelombang tenaga relawan. Dan kini, Poltekkes Surabaya juga akan turun langsung ke lapangan, tidur & berbaur dgn para pengungsi di barak pengungsian Purwobinangun 1 dan 2 selama 1 minggu... Atas nama masyarakat korban bencana Merapi, kami ucapkan Salut & Terima kasih kpd Poltekkes Kemenkes Surabaya.

Direktur Poltekkes Ykt (mengenakan masker) sedang menyimak penjelasan dari Pudir III Poltekkes Surabaya tentang maksud kedatangan relawan dari Poltekkes Surabaya.

Tenaga relawan yg dipimpin langsung oleh Pudir III Poltekkes Kemenkes Surabaya, tiba di Poltekkes Yogyakarta pd Selasa pagi, 2 Nov 2010 pukul 5 WIB. Selanjutnya pada pukul 7-8 WIB dilakukan penyambutan kedatangan relawan oleh Direktur Poltekkes Ykt, dihadiri pula oleh Pudir III, Ketua Jurusan Analis Kes., Kes. Gigi, dan Kes.Lingkungan, Kasubbag Adum, Koordinator Lapangan (Korlap) I (Bpk. Narto), Korlap III (Nurul Huda S), dan Koord. Urs. Kemhswn Poltekkes Ykt (Alhiko). Acara penyambutan dilangsungkan di Ruang Sanitasi JKL Poltekkes Ykt.

Korlap I Posko Bencana Merapi Poltekkes Ykt (Bpk Narto BE, STp, MP) selaku MC acara penyambutan sedang menyampaikan informasi perkembangan terbaru di lokasi2 pengungsian.

Dalam sambutannya, Direktur Poltekkes Ykt menyampaikan beberapa informasi penting terkait dgn aktifitas relawan Poltekkes Ykt, yaitu:
  1. Sesuai rapat koordinasi Merapi yg dihadiri semua kajur/wakilnya, Relawan Poltekkes baik mhs& dosen dibawah koordinasi Direktorat Poltekkes Yk.
  2. Telah ditunjuk sbg Koordinator lapangan (Korlap) 1 : Bpk Narto BE, STp, MP (CP: 0274. 7475770), Korlap 2: Bpk. Abd. Ghofur, SKp, MKes (CP:08174120911), dan Korlap 3: Ibu Nurul Huda S, SSiT, MKes. Jikalau di luar koordinasi dgn para Korlap tsb, Poltekkes Ykt tidak bertgjwb atas keselamatannya.
  3. Sebelum berangkat relawan juga harus absen & tandatangan, sbg tanda berangkat dgn sukarela.
  4. Poltekkes Ykt telah ditunjuk oleh Dinkes Prop. DIY untuk bertanggungjwb selama 1-2 mg di 2 posko pengungsian, yaituPurwobinangun 1 dan 2.
  5. Tenaga relawan dari Poltekkes Ykt diminta utk bertugas dalam pelayanan bidang Promkes, KIA, surveilans, sanitasi, disamping Keperawatan/medis.
Setelah mendapatkan penjelasan seperlunya dari Direktur, Kajur Kesling (Bpk. Tuntas Bagyono, SKM, MKes), dan Korlap I Poltekkes Ykt, para relawan Poltekkes Surabaya selanjutnya diantarkan menuju barak pengungsian Purwobinangun 1 dan 2 di daerah Pakem, Sleman dengan didampingi oleh Korlap I, Koord. Urs. Kemhswn, Ka. Unit Klinik Terpadu, serta dosen pendamping dari Jur. Gizi dan Kebidanan.

Relawan Poltekkes Surabaya sedang mendirikan tenda di lokasi Pengungsian yg berada di dalam lingkungan MTs Negeri Pakem, yg beralama di Cepet, Purwobinangun, Pakem, Sleman.

Selamat bertugas para relawan ! Bantuanmu sangat diharapkan. Semoga kehadiranmu di Ykt akan dicatat sebagai amal sholih/kebajikan dan bencana ini dpt segera berakhir dengan Happy Ending... Amien...!

No comments:

Post a Comment