Friday, January 28, 2011

WORKSHOP ANGGARAN 2011

Workshop anggaran Th 2011 Politeknik Kesehatan Kemenkes Ykt telah dilaksanakan di Hotel Rejeki Sarangan, Jawa Timur pada tgl 27-28 Januari 2011. Sarangan adalah sebuah tempat yg amat terkenal dgn Telaga Sarangan sbg daerah wisata berhawa dingin. Sarangan terletak di perbatasan antara Jawa Timur dengan Jawa Tengah tepatnya di bagian barat Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Telaga Sarangan terletak di lereng Gunung Lawu (3.265 m) yang memiliki alam pegunungan yang indah. Keindahan Sarangan dapat dilihat foto2nya DISINI atau DISINI.

Workshop ini diikuti oleh 76 orang peserta yg berasal dari ke-6 Jurusan dan Direktorat Poltekkes Ykt. Para peserta workshop terdiri dari para pejabat tingkat Direktorat Poltekkes Ykt (Direktur, Pudir I, II, III, Ka. Subbag Adum, Ka. Subbag ADAK, Ka. Unit2, Koord. Ursn, dan para bendaharawan) serta para pejabat tingkat jurusan (Kajur, Sekjur, Kaprodi dan staf keuangan dari Jurusan Analis Kes, Gizi, Kebidanan, Keperawatan, Kes. Gigi, dan Kajur Kes. Lingkungan).

Kegiatan dibuka pd Hari Kamis, 27 Januari 2011, pukul 13.00 WIB / mengalami pemunduran karena menunggu kehadiran rombongan peserta terakhir yg busnya mengalami gangguan teknis, karena salah menempuh jalur, sehingga bus mengalami over heating.

"Jalan sesat" yg telah ditempuh bus Poltek. Tampak di ujung yg lain adalah jalan utama yg seharusnya ditempuh utk bus (lebih landai & tidak berkelok2 tajam).

Para penumpang bus terpaksa keluar menghindari kebocoran air karburator mesin setelah mengalami over heating.

Pak Pur/sopir tampak sedang mengatasi uap & asap karburator yg over heating.

Syukurlah akhirnya rombongan peserta workshop yg menggunakan bus Poltekkes ini masih dpt melalui jalur sesat tsb penuh heroisme & tiba dgn selamat di Hotel Rejeki Sarangan.

Pembukaan Workshop Anggaran 2011

Direktur dlm sambutan pembukaan acara menyampaikan harapannya agar setelah kegiatan Workshop anggaran ini di antara para pengelola Jurs & Direktorat dpt terjadi koordinasi &
sinkronisasi dlm peng-SPJ-an & RPD kegiatan sesuai DIPA Poltekkes Ykt Thn 2011. Dengan demikian ke depan Poltekkes Ykt dpt lebih baik lagi ranking serapan anggarannya.

Sebagaimana diketahui, rangking serapan anggaran Poltekkes Ykt pd th 2010 merosot tajam ke posisi 24 dari 33 Poltekkes seluruh Indonesia. Meskipun demikian, serapan Poltekkes Ykt yg hanya rangking 24 itu masih patut disyukuri karena lebih baik, lebih tertib dari pada Poltekkes lain yg rangking serapan lebih tinggi (rangking 2, 12, 13, dll) namun tidak selamat dlm hal administrasi pertanggungwbn anggaran yg telah dikeluarkan, sehingga memaksa para pengelola keuangannya utk diperiksa/ litsus oleh Irjen Kemenkes RI.

Suasana pembukaan Workshop (Dari kiri ke kanan: Pudir I, Direktur, dan Pudir III)

Setelah pembukaan workshop secara resmi oleh Direktur Poltekkes Ykt, selanjutnya acara diisi dgn penjelasan dari Pudir II dan jajaran keuangan ttg Cara peng-SPJ-an dan penyusunan RPD Th 2011.

Ibu Anis dan Ibu Noortifuziah saat menyampaikan tata cara peng-SPJ-an.

Presentasi Rencana Penyerapan Anggaran (RPD) DIPA Th 2011

Inti dari kegiatan workshop anggaran ini adalah presentasi dan pencermatan terhadap RPD yg telah disusun oleh masing2 unit kerja yg ada di Poltekkes Ykt (Jurusan dan direktorat). Pada saat presentasi RPD oleh masing2 jursn, bertindak sbg moderator adalah kepala2 unit & Koord. Urusan di lingkungan Direktorat Poltekkes Ykt. Urutan penyajian RPD sesuai dgn urutan abjad jurusan.

Bpk. Agus Suwarni, SKM, MKes (Pudir II) saat menyampaikan pengarahan mekanisme kegiatan presentasi RPD.

Presentasi dimulai oleh Jurs. Analis Kes dgn moderator Bpk. Handoko R, SKp. (Ka. Unit Lab. Komputer). Selanjutnya presentasi oleh Jurs. Gizi dgn moderator Ibu Asmar Yetty Zein, SPd, SSiT, SKM (Ka. Unit Poliklinik Terpadu). Presentasi RPD Jursn lainnya dilaksanakan setelah istirahat magrib dan makan malam.

Bpk. Nur Sutopo tampak serius mencermati presentasi RPD Jurs. Analis Kes.

Kajur Gizi didampingi Ibu Asmar YZ sedang mempresentasikan RPD jurusannya.

Direktur menyampaikan analisis, pertanyaan, arahan dan instruksi langsung kepada masing2 unit kerja yg mempresentasikan RPD agar lebih sinkron satu sama lain.

Presentasi RPD Jurs. Kebidanan dimoderatori oleh Bpk. Muh. Primiaji. R, SSiT, MKes (Kour P & Sisfo). Selanjutnya presentasi RPD Jurs. Keperawatan dimoderatori oleh Ibu Dra. Ratih Hardisari, MKes (Ka. Unit Lab. Bahasa). Presentasi RPD Jurs. Kes. Gigi dimoderatori oleh Ibu Sujiyatini, MKeb (Ka. Unit Asrama), dan bertindak sbg moderator pd saat presentasi RPD Jurs. Kes. Lingkungan adalah Abd. Hadi. K, SKM, MPH (Kour. Kemhswn).

Setelah semua jursn mempresentasikan RPD-nya, selanjutnya giliran Pudir I dan Pudir III Poltekkes Ykt yg menyampaikan RPD jajarannya masing2. Pudir I menyampaikan RPD terkait Bidang ADAK, P & Sisfo dan Unit Lab. Bhs, Lab. Komputer, Unit PPM, Unit Penjaminan Mutu. Pudir III menyampaikan RPD terkait Bidang Kemahasiswaan, Unit Perpustakaan, Unit Asrama, Unit Promosi & Kerjasama.

Ir. Roosmarinto, MKes sedang menyampaikan RPD jajarannya. (Dari kiri ke kanan: Agus W/Moderator, Pudir I, dan Pudir III).

Meskipun waktu sudah larut malam, para peserta tetap antusias mengikuti kegiatan presentasi RPD dan penjelasan2 dari Bagian Keuangan Poltekkes Ykt. Selanjutnya para peserta workshop harus membenahi RPD yg telah disusun & dipresentasikan sebelumnya sehingga dpt sesuai dgn arahan dan ketentuan yg telah digariskan.

Kegiatan Workshop pada hari ke-2 (Hari Jum'at, 28 Januari 2011) hanya melanjutkan revisi penyusunan RPD bagi unit2 kerja yg belum menyelesaikan pd malam hari sebelumnya. Bagi jurusan dan unit2 yg sudah selesai, kegiatan diisi dgn berwisata dan berbelanja oleh2 di sekitar Telaga Sarangan yg hanya berjarak -/+ 100 m dari lokasi workshop.

Direktur dan sebagian peserta workshop dari Direktorat Poltekkes Ykt tampak berpose bersama setelah berjalan2 menikmati suasana pagi di tepi Telaga Sarangan.

Akhirnya pada pukul 10.00 WIB kegiatan workshop anggaran th 2011 ditutup secara resmi oleh Direktur Poltekkes Ykt. Alhamdulillah, Workshop Anggaran Th 2011 ini telah berhasil meningkatkan pengetahuan dan "pengertian" serta koordinasi dan sinkronisasi dari seluruh pejabat Poltekkes Ykt yg hadir. Direncanakan kegiatan seperti ini akan diadakan kembali pd thn depan dgn mengambil tempat di luar kantor sehingga dpt berjalan efektif dan efisien sebagaimana yg telah berlangsung di Sarangan ini.

Selanjutnya para pesertapun secara bergelombang satu per satu kembali ke Yogyakarta. Selamat melaksanakan dan mengawal RPD yg telah disusun tsb. Semoga pd thn 2011 ini Poltekkes Ykt dpt kembali berjaya dlm hal serapan anggaran... Amien... !

No comments:

Post a Comment