Thursday, April 5, 2012

LOMBA CERDAS CERMAT KEBIDANAN 2012, "Use your brain, Be the winner. !"

Pada hari Sabtu, 31 Maret 2012, bertempat di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Jl. Mangkuyudan MJ III/304, Yogyakarta, telah diselenggarakan Lomba Cerdas Cermat Kebidanan 2012 antar institusi kebidanan se- DIY. LCC Kebidanan ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan tiap tahun. Kegiatan ini merupakan realisasi salah satu program kerja HMJ Kebidanan dalam rangkaian kegiatan untuk memperingati Dies Natalis XI Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
LCC Kebidanan merupakan salah satu ajang lomba untuk mengasah potensi diri di bidang ilmu kebidanan. Selain itu, kompetisi ini bertujuan untuk menjalin silaturrahmi antar institusi kebidanan se-DIY sehingga terbina kerjasama, persahabatan dan persaingan yang sehat.
“Use your brain, Be the winner”, kalimat tersebut menjadi tema LCC Kebidanan tahun 2012. Sasaran dari LCC Kebidanan ini adalah mahasiswa D3 kebidanan di seluruh wilayah DIY. Lomba ini dalam bentuk tim, dimana 1 tim terdiri dari 3 orang peserta. Diawali dengan penyebaran poster LCC di 13 Institusi Kesehatan atau Institusi Kebidanan se-DIY pada awal Maret 2012, hingga pada hari teakhir pendaftaran (Senin, 26/3/2012) tercatat ada 21 tim yang resmi menjadi peserta lomba dari 11 institusi kebidanan di DIY.
Technical meeting LCC diadakan pada hari Senin, 26 Maret 2012, pukul 16.30 WIB di ruang kelas Bengkayang. TM diikuti oleh beberapa perwakilan peserta dari masing-masing institusi.
LCC Kebidanan ini terdiri dari 2 babak, yaitu: babak penyisihan (tes tertulis) dan babak final. Ujian babak 1 dimulai pukul 08.00 WIB. Suasana menjadi hening dan tenang saat ujian babak 1 berlangsung.
Babak penyisihan LCC Kebidanan 2012 yg berlangsung di Ruang Ujian 1,
Koreksi ujian babak 1 dilakukan secara terbuka, disaksikan oleh satu orang perwakilan dari masing-masing tim. Untuk babak selanjutnya, yaitu babak final diambil 3 tim yang memperoleh nilai tertinggi. Sempat terdapat nilai seri antara tim dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta 1 dengan tim dari STIKES Guna Bangsa 1. Setelah melalui babak rebutan tambahan akhirnya didapatkan 3 tim yang berhak melaju babak final yaitu: tim STIKES Aisyiyah 1, tim STIKES Alma Ata 1 dan tim Poltekkes Kemenkes Yogyakarta 1.

.


Babak penyisihan LCC Kebidanan 2012 yang berlangsung di Ruang Ujian 2,






Babak Final LCC dilaksanakan di Auditorium Jurusan Kebidanan pukul 10.30 WIB. Terdiri dari 3 sesi yaitu sesi 1 (soal wajib), sesi 2 (soal lemparan), sesi 3 (soal rebutan). Bertindak selaku juri dalam babak final ini adalah 2 orang dosen Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, yaitu Ibu Yuni Kusmiyati, S.SiT, MPH dan Ibu Sumarah, SST, MPH.

Acara dimulai dengan perkenalan peserta dan dewan juri, penentuan meja tim A, B, dan C serta pemilihan paket soal wajib dan lemparan. Suasana tegang mulai terasa pada saat “Master of quiz” membacakan satu persatu soal babak final. Untuk mencairkan suasana, di sela-sela sesi soal wajib dan lemparan, “Master of quiz” memandu audience untuk memberikan aplause dukungan kepada para peserta.



Master of quiz saat membacakan soal babak final











Suasana menjadi semakin tegang saat memasuki soal rebutan. Semua tim sudah siap untuk memencet bell dan menjawab pertanyaan. Akhirnya audience kembali bertepuk tangan pada saat soal terakhir sesi rebutan selesai, yang menjadi tanda berakhirnya babak final tersebut. Suasana bertambah ramai saat “Master of quiz” mengumumkan skor akhir babak final. Tim A (STIKES Alma Ata 1) mendapatkan skor 850, Tim B (STIKES Aisyiyah 1) mendapatkan skor 750 dan tim C (Poltekkes Kemenkes Yogyakarta 1) mendapatkan skor 1400.

Dengan demikian keluar sebagai Juara 1
Lomba Cerdas Cermat Kebidanan 2012 adalah tim dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta 1 yang diwakili oleh Fajar Rahayu Meisinta (semester 2), Mirza Maulida Afiana dan Pramidya Ujiana (semester 4). Juara 2 diraih oleh tim dari STIKES Alma Ata yang diwakili oleh: Bintang Zahra Arfyan, Khanina Fauziyyah dan Yuniati Afika Muasyaroh. Juara 3 diraih oleh tim dari STIKES Aisyiyah yang diwakili oleh Novita Nilamsari, Shofia Rosyida dan Resti Nur Amalia.


Para pemenang LCC (Juara I, II dan III)
berpose bersama Dewan Juri (Ibu Yuni Kusmiyati, S.SiT, MPH dan Ibu Sumarah, SST, MPH)






Seluruh finalis LCC akan mendapatkan sertifikat sebagai peserta lomba. Untuk para pemenang Juara 1, 2, dan 3, hadiah bisa diambil pada saat malam puncak Dies Natalis Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, yang insya Allah akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 28 April 2012 di Jurusan Kebidanan.


Secara keseluruhan acara LCC telah berlangsung lancar atas kerjasama yang baik antar panitia HMJ Kebidanan, Dewan Juri, Dosen pembimbing masing-masing peserta dan seluruh peserta lomba. Selamat kepada para pemenang Lomba Cerdas Cermat Kebidanan 2012 Antar Institusi Kebidanan se- DIY Tahun 2012.

Selamat serta terimakasih juga panitia ucapkan kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam LCC Kebidanan ini. Semoga tetap berkarya sebagai generasi muda yang berpotensi, inovatif dan kreatif melalui event-event lainnya serta bisa saling bertemu kembali dalam kesempatan yang lain.


Foto bersama Dewan Juri beserta HMJ Kebidanan 2012

No comments:

Post a Comment