Tuesday, April 24, 2012

SCIENTIFIC MEETING, KEGIATAN ILMIAH MENGAKHIRI DIES NATALIS XI POLTEKKES JOGJA


Dalam rangkaian kegiatan terakhir Dies Natalis XI Poltekkes Ykt Th 2012, pada hari Rabu, 25 April 2012, Pukul 09.00 - 15.00 WIB bertempat Audit Baru GBH Poltekkes Ykt telah dilaksanakan kegiatan "Scientific Meeting, Kaji etik dan Isu Plagiarisme serta Publikasi Hasil Penelitian".

Kegiatan "Scientific Meeting" diselenggarakan oleh Unit PPM Poltekkes Ykt. Kegiatan dibuka oleh Direktur Poltekkes Ykt (Dr. Lucky Herawati, SKM, MSc). Hadir sbg pembicara utama "Isu Plagiarism" adalah Bpk. Ir. M. Edhie Sulaksono, CPH, MM dari Komite Etik Penelitian Kesehatan Badan Litbang Kesehatan Kemenkes RI.

Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 100 orang dosen, peneliti, pemerhati penelitian, termasuk Pudir 1, Pudir 3, Ka.Jurs., dosen2, perwkln dari Dinkes Prop. DIY, BBTKL, Akper Notokusumo, SD Wirobrajan, lahan praktek, Stikes, dll. Panitia juga mengundang mhs perwkln BEM dan HIMA jurusan, namun karena msih ujian Mid Smtr, tidak ada mhs perwkln BEM dan HIMA jurusan yg hadir pada sesi pembukaan. Para mhs mulai hadir setelah rehat siang.

Dalam sambutannya, Direktur Poltekkes Ykt mengatakan bahwa Scientific Meeting ini menjadi wahana mensosialisasikan hasil2 penelitian Risbinakes dosen, sehingga tidak hanya berupa dokumen laporan saja. Sejak tahun 2011 Poltekkes Ykt sdh menerapkan Ethical Clearance, Ini Wajib ada utk penelitian yg melibatkan manusia/binatang sbg subjek. Selama ini Poltekkes Yk mengirim protokol ke komite etik UGM. Diharapkan nantinya Poltekkes Ykt dpt melakukan sendiri, dgn telah adanya Komite Etik. Hasil penelitian juga perlu dibuat Naskah publikasi utk dpt diunggah ke portal Garuda.

Panel Sesi I menyajikan hasil penelitian yg telah dilakukan oleh dosen2 Poltekkes Ykt, yaitu Tjarono Sari (J. Gizi), Ni Ketut Mendri (J.Keperwtn), Dyah Noviawati SA (J.Kebidanan), dan panel Sesi II disajikan hasil penelitian kelp. Subrata Tri Widada (J. Analis Kes), Sri Puji Ganefati (J.Kes.Lingkgn), dan Farida (J.Keperwtn Gigi).

Sebagai puncak acara "Scientific Meeting" ini, pada pukul 13.00 WIB - selesai, Bpk Ir. M. Edhie Sulaksono, CPH, MM menyampaikan materi ttg "Etik Penelitian Kesehatan". Sebelum menyampaikan materinya, beliau sempat menyumbangkan sebuah lagu berjudul "Ayah" dengan iringan musik akuistik dari mhs JKL.

 Bpk Edhie Sulaksono saat menyanyikan lagu "Ayah"

No comments:

Post a Comment