AKSI PEDULI LINGKUNGAN, 1 POHON UNTUK 2 SENYUMAN MASA DEPAN - BIDANG KEMAHASISWAAN POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

Latest

Info seputar kegiatan Bidang Kemahasiswaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta

Hubungi Kami

/BANNER 728X90/

Friday, April 23, 2010

AKSI PEDULI LINGKUNGAN, 1 POHON UNTUK 2 SENYUMAN MASA DEPAN

Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Peringatan Hari Bumi dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan bumi utara) dan musim gugur di belahan bumi selatan.

Hari Bumi yang diperingati setiap tanggal 22 April selalu menjadi moment penting bagi pemerintahan, organisasi, termasuk Badan Eksekutif Mhs (BEM) utk mengingatkan penduduk bumi akan pentingnya menciptakan lingkungan hidup yg asri, sehat, bersih, nyaman, dst. Berbagai ragam kegiatan dilaksanakan utk memperingatinya, seperti: demonstrasi di jalanan, mematikan lampu selama sejam pada pukul 20.30-21.30 waktu setempat, seminar, bersih-bersih lingkungan, penanaman pohon, pembagian bibit pohon untuk ditanam, dll.

Panggung Upacara Aksi Peduli Lingkungan Th 2010 yg berada tepat di depan Gedung Pameran JEC

Tak ingin ketinggalan untuk turut memperingati Hari Bumi ini, mahasiswa dari BEM Jurs. Kes. Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta pada hari Sabtu, 24 April 2010 bertempat di JEC (Jogja Expo Center) Gedong Kuning, dari pukul 09.00 s.d. 11.00 WIB mengadakan peringatan Hari Bumi dengan melakukan Aksi Peduli Lingkungan, 1 pohon untuk 2 senyuman. Mereka mengadakan kegiatan penanaman pohon di halaman depan JEC, dan median jalan di depan JEC yang memang masih terasa gersang/tandus/panas.

Turut hadir dan melakukan penanaman pohon dalam kegiatan Aksi ini adalah :
  1. Pejabat dari Kantor Dinas Kehutanan dan Perkebunan,
  2. Pejabat dari Kantor Dinas Kesehatan Prop. DIY,
  3. Pejabat dari Kantor Dinas Kesehatan Kota Ykt.
  4. Pengurus dari Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Prop. DIY dan Kota Ykt, serta
  5. Ketua Jurusan Kesehatan Lingkunga,
  6. Pejabat dari Poltekkes Kemenkes Ykt (diwakili oleh Koord. Urs. Kemhswn),
  7. Perwakilan dari management JEC,
  8. Perwakilan dari Pengurus BLM Poltekkes Ykt,
  9. Perwakilan dari Pengurus BEM - BEM Jurusan lainnya di lingkungan Poltekkes Ykt, serta
  10. Para mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Ykt.
Pada kegiatan ini, para tamu undangan dan peserta kegiatan memperoleh baju kaos cantik dari panitia bertuliskan "Aksi Peduli Bumi 2010, Stop Global Warming/Pemanasan Global" sebagai kenang2an dari panitia.

Pejabat dari Kantor Dinas Kehutanan dan Perkebunan tampak sedang menanam salah satu pohon di halaman depan JEC.

Pada kesempatan ini ditanam sebanyak 35 bibit pohon Tanjung dan Angsana di lingkungan JEC. Kegiatan penanaman pohon ini juga akan diadakan di dalam lingkungan Kampus Terpadu Poltekkes Ykt (depan Unit Perpustakaan Terpadu), 100 bibit pohon di lokasi kegiatan Desa Binaan BEM Poltekkes Ykt Th 2010 (Dusun Nogosaren Nogotirto) dan di sekeliling Gedung Auditorium Baru Poltekkes Ykt Jl. Gadingan, Banyuraden, Gamping, Sleman.

Koord. Urs. Kemhswn berpose bersama mhs BEM Jurs. KL setelah menanam pohon di median jalan raya depan JEC.

Sebagian dari Panitia Aksi Peduli Lingkungan, berfoto bersama mobil Jurs. Kes. Lingk yg membawa bibit pohon yg akan ditanam di JEC.

Ka. Jurs. Kes. Lingk Poltekkes Ykt menyerahkan secara simbolis pohon untuk ditanam dan dirawat kepada pihak Management JEC.

Disamping kegiatan di JEC dan di Kampus Poltekkes Ykt tsb, mhs BEM Jurs. Kes. Lingkungan juga mengadakan kegiatan pembagian 500 bibit tanaman/pohon kepada warga masyarakat Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan setelah rangkaian acara penanaman pohon di JEC selesai dilaksanakan. Pembagian bibit tanaman/pohon ini dipusatkan di depan Kantor Pos Besar Yogyakarta Malioboro.

Namun yg perlu diingat, sebagaimana disampaikan oleh Ketua Hakli Prop. DIY yg juga Ketua Jurusan Kes. Lingkungan Poltekkes Ykt, bahwa pohon2 yg sudah ditanam tsb juga perlu diperhatikan/ dijaga/dirawat/dipantau agar bisa tumbuh sebagaimana mestinya sesuai keinginan para penanamnya.

Selamat Hari Bumi...!
Mari menanam 1 pohon utk 2 senyuman masa depan: Senyuman kita dan anak cucu kita nanti. Semoga Bumi menjadi smakin lestari, sejuk, dan kembali asri.


Referensi:
  1. kompas.com, Selamat Hari Bumi.
  2. wikipedia, Hari Bumi.
  3. Abd. Hadi. K, SKM, MPH, Dari Jogja kita hijaukan dunia.
  4. Abd. Hadi. K, SKM, MPH, Ayo menanam pohon atau kirimlah pohon.

1 comment: