RAIH BEASISWA DARI DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA TAHUN 2010 - BIDANG KEMAHASISWAAN POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

Latest

Info seputar kegiatan Bidang Kemahasiswaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta

Hubungi Kami

/BANNER 728X90/

Wednesday, April 14, 2010

RAIH BEASISWA DARI DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA TAHUN 2010

Berdasarkan surat dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi DIY, No. 420/040 tanggal 8 April 2010, bahwa mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta diberikan kesempatan untuk memperoleh beasiswa dengan kriteria sebagai berikut :

I. Mahasiswa Tidak Mampu
  1. Mahasiswa kelas reguler program Diploma III, Diploma IV dan Strata I PTN/PTS di lingkungan Pemerintah Provinsi DIY dengan ketentuan perguruan tinngi tersebut :Ijin operasionalnya masih berlaku, Berada di wilayah Provinsi DIY, tidak sedang bermasalah
  2. Mahasiswa tersebut memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) DIY dan masuk dalam Kartu Keluarga (KK) kedua orang tuanya.
  3. Minimal telah menempuh pendidikan selama 1 tahun (2 semester) dan maksimal semester V (untuk program D-III), dan semester VII (untuk program D-IV dan Strata 1).
  4. Mahasiswa yang bersangkutan berstatus belum kawin/berkeluarga
  5. Tidak berstatus sedang/akan menerima bantuan pendidikan/bea-mahasiswa dari institusi lain
  6. Mahasiswa tersebut masih aktif kuliah dan tidak dalam keadaan cuti kuliah
  7. Mahasiswa yang telah menerima bea-mahasiswa dari pemerintah Provinsi DIY masih dimungkinkan menerima beasiswa tahun anggaran 2010 apabila memenuhi persyaratan tersebut di atas dan mengajukan permohonan kembali
  8. Kondisi ekonomi orang tua tidak mampu yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kelurahan atau Kepala Desa dan atau masih menanggung 2 orang yang masih kuliah
  9. Indek Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75
  10. Kuota 1-3 orang mhs per institusi.
II. Mahasiswa Berprestasi pada LITM
  1. Persyaratan 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 berlaku bagi penerima bea-mahasiswa berprestasi.
  2. Mahasiswa tersebut aktif di Organisasi Kemahasiswaan yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pimpinan perguruan tinggi yang bersangkutan.
  3. Memiliki prestasi non akademik dari perguruan tinggi masing-masing minimal 2 tahun terakhir dan dibuktikan dengan piagam/sertifikat atau surat keterangan dari yang berwenang.
  4. Ada 6 bidang LITM, yaitu: 1) Bidang Pendidikan, 2) Bidang Kerajinan, 3) Bidang Pariwisata, 4) Bidang Teknologi Terbarukan, 5) Bidang Makanan Tradisional, 6) Bidang Obat Tradisional, dan setiap bidang lomba diambil juara 1 s.d 3, dan setiap kelompok kejuaraan terdiri dari 5 orang. Kuota LITM = 6 X 3 X 5 = 90 orang.

PROSEDUR
  • Mahasiswa mengajukan permohonan ke Pimpinan Perguruan Tinggi, kemudian Perguruan Tinggi melakukan seleksi dan selanjutnya secara kolektif mengirimkan ke Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga c.q Bidang Pendidikan menengah dan tinggi, Jl. Cendana No. 9 Yogyakarta dengan melampirkan :
  1. Surat Pengantar dari Pimpinan Perguruan tinggi (Rektor, Ketua dan Direktur), bukan Dekan atau lainnya.
  2. Foto copy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku dan disyahkan oleh pimpinan Perguruan Tinggi.
  3. Foto kopi transkrip nilai semua semester yang telah ditempuh dan disyahkan oleh Pimpinan Perguruan Tinggi.
  4. Fotokopi KTP mahasiswa yang masih berlaku, KTP kedua orangtua dan Kartu Keluarga (KK) yang telah disyahkan oleh Kantor Kelurahan atau Kepala Desa.
  5. Surat Keterangan dari Kantor Kelurahan bahawa mahasiswa yang bersangkutan betul-betul mengalami kesulitan biaya pendidikan/tidak mampu, dan atau kartu KMS (Kartu menuju Sejahtera), atau Kartu Miskin, yang telah disyahkan oleh Kantor Kelurahan (bagi mahasiswa yang tidak mampu).
  6. Surat Keterangan dari Pimpinan Perguruan Tinggi bahwa mahasiswa yang bersangkutan betul-betul mengalami kesulitan biaya pendidikan (bagi mahasiswa yang tidak mampu).
  7. Surat Keterangan dari Pimpinan Perguruan Tinggi bahwa mahasiswa yang bersangkutan berkelakuan baik dan aktif kuliah (tidak dalam keadaan cuti).
  8. Surat pernyataan mahasiswa, tidak sedang menerima beasiswa tahun dari institusi lain bermaterai Rp. 6000,-
  • Berkas nomor 1 s.d 8 masing-masing dibuat rangkap 2 (dua).

LAIN-LAIN
  1. Perguruan Tinggi mengajukan calon penerima bea-mahasiswa secara kolektif dan sesuai kuota ke Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga c.q Bidang Pendidikan Menengah dan Tinggi Provinsi DIY, Jl. Cendana No. 9 Yogyakarta.
  2. Berkas yang masuk ke Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olarraga c.q Bidang pendidikan Menengah dan Tinggi Provinsi DIY akan diverifikasi oleh Tim/ Panitia Beasiswa.
  3. Pemberian uang beasiswa akan diberikan sekaligus dalam 1 tahun (12 bulan X Rp. 150.000,- = Rp. 1.800.000,- 9satu juta delapan ratus ribu rupiah) dan dipotong pajak.
  4. Pemberian beasiswa dihentikan apabila :
  • a. Mahasiswa telah lulus atau telah diwisuda
  • b. Mahasiswa meninggal dunia
  • c. Mahasiswa mengundurkan diri
  • d. Mahasiswa cuti tahunan/ semesteran
  • e. Tidak memenuhi syarat yang ditentukan
  • f. Menerima beasiswa dobel dari sumber lain.
Penyerahan berkas : Tanggal 6 Juli s.d 31 Agustus 2010. Keterangan lebih lanjut hubungi : Kour Kemahasiswaan Poltekkes Ykt, Ruang Jajaran Pudir III.

No comments:

Post a Comment