UP DATE INFORMASI PENDAFTARAN SIPENMARU POLTEKKES YKT TA. 2010/2011 (Part 12) - BIDANG KEMAHASISWAAN POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

Latest

Info seputar kegiatan Bidang Kemahasiswaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta

Hubungi Kami

/BANNER 728X90/

Tuesday, June 15, 2010

UP DATE INFORMASI PENDAFTARAN SIPENMARU POLTEKKES YKT TA. 2010/2011 (Part 12)

Sampai dengan penutupan pendaftaran Hari Selasa, tanggal 15 Juni 2010, pukul 15.30 WIB Panitia Sipenmaru Jalur Umum Prodi D-III Kesehatan Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Ykt melaporkan:
  • Jumlah pendaftar pada Hari Selasa, 15 Juni 2010 adalah sebanyak 90 orang (turun dari pada hari sebelumnya).
  • Jumlah pendaftar /calon mahasiswa baru TA. 2010/2011 sampai dengan Hari Selasa, 15 Juni 2010 untuk masing-masing jurusan dengan rincian sebagai berikut:
  1. Jurusan Analis Kesehatan: Pilihan I = 329 orang, Pilihan II = 218 orang.
  2. Jurusan Gizi: Pilihan I = 168 orang, Pilihan II = 268 orang.
  3. Jurusan Kebidanan: Pilihan I = 524 orang, Pilihan II = 50 orang.
  4. Jurusan Keperawatan: Pilihan I = 291 orang, Pilihan II = 234 orang.
  5. Jurusan Kesehatan Gigi: Pilihan I = 42 orang, Pilihan II = 101 orang.
  6. Jurusan Kesehatan Lingkungan: Pilihan I = 54 orang, Pilihan II = 182 orang.
Dengan demikian, Jumlah total pendaftar sampai dengan hari ke-16 ini adalah= 1.404 orang.


ANALISIS TERHADAP JUMLAH PENDAFTAR & KIAT MENETAPKAN PILIHAN JURUSAN

Mencermati perkembangan jumlah pendaftar Sipenmaru Poltekkes Kemenkes Ykt kali ini terlihat bahwa :
  • Trend jumlah pendaftar yg memilih Jurusan Kebidanan sebagai pilihan I adalah tetap yg paling banyak daripada keenam Jurusan lainnya yg ada di lingkungan Poltekkes Ykt. Sedangkan yang memilih Jurusan Kebidanan sebagai pilihan II nya adalah yg paling sedikit jumlahnya.
  • Hal ini memang sudah tepat & cukup rasional, mengingat Jurusan Kebidanan sampai saat ini termasuk 3 besar jurusan favorit/papan atas (yaitu Jurs. Kebidanan, Jurs. Keperawatn, dan Jurs. Analis Kesehatan), sehingga mereka yg menempatkan Jurusan Kebidanan sbg alternatif pilihan II nya justru adalah "orang2 yg tersesat" dalam menetapkan pilihan keduanya.
  • SARAN KAMI: Jika anda memang ingin mendaftar/masuk di Jursn Kebidanan, maka sangatlah tepat untuk menempatkannya sbg pilihan I, lalu anda bisa memilih salah satu dari 5 jurusan lain yg ada di Poltekkes Ykt sbg alternatif pilihan II nya. Sebaliknya, jika anda sudah menetapkan utk mendaftar/masuk di salah satu Jurusan selain Jurs. Kebidn, maka tak perlu lagi anda "coba2" menetapkan pilihan II nya adalah Jurs. Kebidanan, karena pastilah anda tak akan mungkin lulus/diterima di Jurs. Kebidanan. Hal ini berarti akan menguntungkan diri anda sendiri, karena tidak harus mengeluarkan biaya pendaftaran sebesar Rp. 100.000,- (utk pendaftaran dgn 2 pilihan), tapi cukup membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 75.000,- (utk pendaftaran dgn 1 pilihan saja).
  • Jikapun anda sudah membayar Rp. 100.000,- untuk mendaftar dgn 2 pilihan jurusan, sebaiknya jika anda sudah menetapkan utk mendaftar/masuk di salah satu Jurusan selain Jurs. "papan atas" (Jurs. Kebidn, Jurs. Keperawatan, dan Jurs. Analis Kesehatan) sebagai pilihan I, maka tak perlu lagi anda meletakkan pilihan jurusan "papan atas" tsb di pilihan II nya. Pilihlah Jurusan lainnya di pilihan II.
  • Namun demikian, hal ini kembali kepada selera/rencana masa depan masing2 pendaftar. Apapun pilihan jurusan anda, smuanya menjanjikan kebaikan masa depan bagi masing2 orang. Tokh, stiap orang sudah ditentukan/diatur rizkinya oleh Sang Pemberi Rizki (Allah SWT/ Tuhan Yg Maha Esa).
  • Terkait dengan akan diselenggarakannya test SNMPTN Th 2010 pada hari Rabu- Kamis, tgl 16 - 17 Juni 2010, maka diprediksikan oleh panitia Sipenmaru pada kedua hari tsb jumlah pendaftar Sipenmaru Poltekkes Ykt akan menurun agak drastis dibandingkan hari-hari sebelumnya.
Selamat mendaftar... Pendaftar Cerdas, memilih dgn pertimbangan/strategi yg cerdas... ! (Makanya, sebelum mendaftar/memilih jurusan, baca analisisnya disini...)

No comments:

Post a Comment