WISUDA SPESIAL KELAS KHUSUS KAB. BENGKAYANG, KAL-BAR - BIDANG KEMAHASISWAAN POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

Latest

Info seputar kegiatan Bidang Kemahasiswaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta

Hubungi Kami

/BANNER 728X90/

Thursday, July 15, 2010

WISUDA SPESIAL KELAS KHUSUS KAB. BENGKAYANG, KAL-BAR

"Kartini" dari Kab. Bengkayang ini telah siap mendedikasikan diri sbg Bidan Desa.

Hari Kamis, 15 juli 2010, bertempat di Auditorium Lama Poltekkes Kemenkes Ykt, Jl. Tata Bumi 3, Banyuraden, Gamping, Sleman Ykt, telah digelar Sidang Senat Terbuka dgn acara tunggal Wisuda, Angkat Sumpah dan Pelantikan lulusan Program Studi D-III Kebidanan Kelas Khusus (Klasus) Bengkayang TA. 2009/2010.

Mahasiswi dari BEM Jurs. Kebidanan tampak sedang bertugas sbg pembawa bendera dan duaja.

Sebagai informasi, Kabupaten Bengkayang adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Ibu kota kabupaten terletak di Bengkayang, dan Kantor Bupati di Jalan Guna Baru Trans Rangkang, Bengkayang, 79282.

Sebelumnya merupakan pemekaran dari Kabupaten Sambas, yang karena adanya UU Otonomi Daerah dimekarkan menjadi 3 daerah otonom yang terpisah, yaitu Kabupaten Sambas, Kabupaten Bengkayang, dan Kota Singkawang. Terletak di bagian utara Kalimantan Barat, Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Sarawak, Malaysia.

Wisudawati Klasus Bengkayang saat memasuki arena sidang senat.

Upacara wisuda kali ini terasa spesial/istimewa baik bagi Poltekkes Ykt sbg institusi maupun bagi para wisudawatinya karena beberapa hal, yaitu:
  1. Dilaksanakan di luar jadwal wkt yg telah ditentukan dlm kalender akademik Poltekkes Ykt (yaitu setiap Bulan Maret dan September),
  2. Pelaksanaannya "sangat cepat", karena tak sampai pukul 11, upacara wisuda sdh selesai. Biasanya pada wisuda Bulan Maret dan September, pelaksanaan wisuda baru berakhir setelah pukul 11.30 WIB.
  3. Jumlah yg diwisuda hanya 37 orang saja. Ini jumlah yg sangat minim utk sebuah tradisi wisuda di Poltekkes Ykt, karena biasanya pd setiap wisuda reguler, pesertanya dpt mencapai jumlah 500 orang. Ke-37 wisudawati tsb semuanya adalah putri asli dari daerah Kab. Bengkayang Angkatan II yg dikirim oleh Pemda Kab. Bengkayang untuk mengikuti pendidikan Program Studi D-III Kebidanan di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Ykt.
  4. Dihadiri oleh tamu2 penting/VVIP dari Pejabat Pemda Kab. Bengkayang dan Pejabat dari Jakarta. Tamu penting dari Kab. Bengkayang terdiri dari Bupati (Bpk. Drs. Yakobus Luna, M.Si), Wakil Bupati, Ka. DPRD, Ka. BKD, Sekda, dll. Tamu dari Prop. DIY, hadir Ka. Dinkes Prop. DIY, Sedangkan pejabat dari Jakarta adalah Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan (Ka.Pusdiknakes).
Wisudawati berprestasi didampingi ortu/wali berfoto bersama Ka. Pusdiknakes setelah penyerahan penghargaan kepada lulusan terbaik I-II-III.

Direktur Poltekkes Kemenkes Ykt (Dr. Lucky Herawati, SKM, MSC) secara simbolis formal menyerahkan kembali ke-37 wisudawati yg telah menyelesaikan pendidikan di Jurs. Kebidanan Poltekkes Kemenkes Ykt kepada Bpk. Bupati Kab. Bengkayang (Drs. Yakobus Luna, M.Si) utk didayagunakan sebagai tenaga kesehatan (Bidan) di daerah.

Foto Bersama para Wisudawati (berdiri) dgn para pejabat Poltekkes Kemenkes Ykt, Dinas Kesehatan Prop. DIY, Kapusdiknakes, dan para pejabat dari PEMDA Kab. Bengkayang setelah prosesi wisuda selesai.

Para pejabat VVIP yg hadir di upacara wisuda saat berfoto di depan icon Poltekkes Ykt

Kapusdiknakes Badan PPSDMKes. Kemenkes RI tampak bersama Bupati Bengkayang & pejabat VVIP lainnya saat menikmati santap siang di ruang Direktur Poltekkes Ykt setelah prosesi wisuda.

Para wisudawati tsb selanjutnya akan kembali ke daerahnya utk memperkuat SDM Kesehatan, mengabdi sebagai Bidan Desa dalam rangka Program Desa Siaga. Sesuai kata sambutan Bupati Kab. Bengkayang, Mereka akan diangkat sbg tenaga PTT/kontrak, dan juga nantinya akan direkrut menjadi PNS Daerah. Hal ini untuk mengurangi ketergantungan penduduk Kab. Bengkayang yg selama ini banyak berobat ke negara tetangga Serawak, Malaysia dikarenakan tidak/kurang tersedianya SDM Kesehatan yg berkompeten.

SELAMAT KEPADA PARA WISUDAWATI KLASUS BENGKAYANG. DHARMA BAKTIMU AMAT DINANTIKAN OLEH RAKYAT KAB. BENGKAYANG... MARI MENJAGA NAMA BAIK ALMAMATER TERCINTA ...
POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA !!!

No comments:

Post a Comment