BUKA PUASA BERSAMA PENGHUNI PANTI TUNANETRA - BIDANG KEMAHASISWAAN POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

Latest

Info seputar kegiatan Bidang Kemahasiswaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta

Hubungi Kami

/BANNER 728X90/

Monday, August 23, 2010

BUKA PUASA BERSAMA PENGHUNI PANTI TUNANETRA

Maka nikmat Tuhanmu yg manakah yg kamu dustakan ? (QS.Ar Rahman:13)

Mahasiswa yg tergabung dlm Sentra Kerohanian Islam (SKI) BEM Poltekkes Kemenkes Ykt, dalam rangka pengabdian kepada masyarakat selama bulan Ramadhan 1431 H, pd hari Ahad/Minggu, 22 Agust 2010 mengadakan acara Iftor (buka puasa bersama) di Panti Asuhan Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam (Yaketunis) yg berlokasi di Jl. Parangtritis No.46 Yogyakarta, Telp. (0274)377340.

Acara pembukaan kegiatan Iftor diawali dgn tilawah oleh Sdr. Tsani.

Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam ini menyelenggarakan :
  1. SLB-A Yaketunis
  2. MTs-A Yaketunis
  3. Kursus Baca Tulis Arab Braille
  4. Asrama & Panti
disamping itu di Panti Asuhan ini juga mengajarkan ketrampilan:
1. Seni Musik
2. Seni Baca Al Qur'an
3. Massagge/Pijat
4. Live Skill

Dengan meminjam 1 bus Poltekkes Ykt, para mhs telah hadir di Panti Asuhan Yaketunis sejak pukul 15.00 WIB. Kegiatan diawali dgn Shalat Ashar berjamaah di musholla yg ada di dlm panti. Selanjutnya para mhs dan penghuni Panti Asuhan Tunanetra berkumpul di ruang pertemuan untuk mengikuti acara yg telah disiapkan oleh para mhs SKI BEM Poltekkes Ykt. Turut hadir mendampingi kegiatan ini adalah Bpk. Ir. Roosmarinto, MKes (Pudir III Poltekkes Ykt), dan Abd. Hadi K, SKM, MPH (Koord. Ursn. Kemhswn Poltekkes Yk).

Pudir III mewakili Panitia menyerahkan bingkisan dan uang kepada perwakilan dari pengurus Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam.

Kegiatan iftor bersama ini dibuka dgn pembacaan/tilawah Al Qur'an, selanjutnya acara sambutan2 (dimulai dari Bpk. Wiyono/pengasuh Panti Asuhan, Ketua Panitia Iftor 1431 H/Sdr.Parjiyatna, dan Bpk. Roosmarinto mewakili Poltekkes Ykt). Kemudian acara dilanjutkan dgn hiburan yg diisi dgn persembahan lagu2 dari para penghuni panti. Sungguh mengharukan menyimak lagu2 yg dinyanyikan dan iringan musik organ tunggal yg dimainkan oleh penghuni panti tunanetra. Meskipun mengalami keterbatasan dlm melihat, mereka mampu menyanyikan dan memainkan alat musik dgn baik. Lagu2 yg dinyanyikan pun sangat menggugah semangat/membangun jiwa, seperti lagu dari ST 12 (Allah Maha Besar), De Massive (Jangan Menyerah).

Salah seorang penghuni Panti (Adik Yusuf) sedang menyanyikan lagu persembahan.

Acara selanjutnya adalah kajian bersama yg dibawakan oleh Ustad. Dimas Rizal Fahrudin, seorang dai muda mahasiswa FIB Jurusan Sastra Arab UGM. Beliau menyampaikan pembahasan dari QS. Ali Imran: 134 tentang diantara ciri2 nya orang yg bertaqwa, adalah:
  1. orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit,
  2. orang-orang yang menahan amarahnya dan
  3. mema'afkan (kesalahan) orang.
Terkait dgn point 1, dlm hal berbagi, Islam telah mengajarkan bahwa berbagi tidak hanya dgn harta saja, namun juga bs berwujud berbagi cinta, kasih syg, dan kepedulian, serta berbagi nasehat.

Ustad. Dimas Rizal F sedang menyampaikan tausyiahnya.

Beliau menyampaikan tausyiahnya hingga menjelang waktu berbuka (17.41 WIB). Selanjutnya Buka Puasa dengan menu pembatal kolak pisang yg masih hangat.

Para penghuni panti asuhan tunanetra tampak sedang menikmati kolak pisangnya.

Selanjutnya acara sholat Magrib berjamaah di Musholla Panti Yaketunis dgn dipimpin oleh Imam Bpk. Pudir III Poltekkes Kemenkes Ykt.

Usai sholat Magrib, acara dilanjutkan kembali dgn ramah-tamah sambil makan bersama dgn nasi box yg telah disediakan oleh Panitia Iftor. Selanjutnya mhs melaksanakan sholat Isya dan Taraweh berjamaah dgn para penghuni Panti Asuhan. Seusai Sholat Taraweh, kegiatan Iftor pun berakhir, dan mhs SKI BEM Poltekkes Ykt pun berpamitan dgn para penghuni dan pengurus Panti Asuhan Tunanetra Yaketunis.

Seyogyanya kegiatan ini dpt pula diselenggarakan/diikuti oleh para karyawan/dosen, staf/pimpinan Poltekkes Ykt guna semakin menumbuhkan rasa syukur atas nikmat Allah berupa kesehatan/kelengkapan/kesempurnaan pancaindra penglihatan, yg tiada ternilai harganya. Dengan demikian diharapkan akan tumbuh kepekaan/kepedulian terhdp saudara2nya yg kesusahan/kekurangan, sehingga tergerak utk berbagi (harta, cinta, kasih sayang dan kepedulian.

No comments:

Post a Comment