Thursday, November 25, 2010

DIBALIK PAMERAN FOTO "PERANAN POLTEKKES DALAM PENANGANAN KORBAN BENCANA MERAPI"

Situasi Ruang Loby sebelum pembukaan pameran foto (Kamis, 25/11/2010). Tampak 7 dari 8 unit papan display yg digunakan untuk memajang foto2 bencana Merapi dan penanganannya.

Bencana letusan G. Merapi memang berangsur2 telah mereda. Guna mengenang saat2 bersejarah yg telah didokumentasikan secara lengkap oleh para relawan dan fotografer Poltekkes Ykt sejak awal kegiatan tanggap darurat Merapi hingga meredanya erupsi dan pulangnya para pengungsi Merapi, maka Direktur Poltekkes Kemenkes Ykt berinisiatif menggelar Pameran Foto dlm rangkaian kegiatan Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-46 Th 2010.

Pameran foto ini menjadi salah satu kegiatan pendukung dalam rangkaian peringatan HKN Prop. DIY Th 2010 yg bertempat di Kampus Terpadu Poltekkes Kemenkes Ykt Jl. Tata Bumi No. 3, Banyuraden, Gamping, Sleman, Ykt. Pameran ini menjadi inovasi kegiatan dlm rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional.

Penunjuk lokasi Pameran Foto yg berada di Ruang Loby Kantor Poltekkes Ykt

Tema yg dipilih pada pameran foto kali ini adalah "Peran Poltekkes Dalam Penanganan Korban Bencana Erupsi G. Merapi Th 2010". Tema ini dipilih karena masih sangat kuat dlm memori kolektif warga DIY dan sekitarnya, termasuk civitas akademika Poltekkes Kemenkes Ykt, peristiwa erupsi Merapi yg terjadi pada medio akhir Okt - awal Nov 2010.

Pameran ini dikerjakan bersama oleh suatu tim kecil yg terdiri dari :
dan dibantu oleh Sari Hendriastuti, Suryo A, Agung Ari Nugroho, dan tenaga honorer Poltekkes Ykt utk menyiapkan tempat dan papan pengumuman.

Bpk. Aji tampak sedang sibuk menyiapkan teks pada foto2 yg akan dicetak.

Direktur dgn setia mendampingi pemasangan foto2 yg akan ditampilkan pada papan display.

Berhubung padatnya kegiatan dan sangat singkatnya waktu utk mempersiapkan pameran foto ini, maka pengerjaan pameran foto ini harus dilembur 1 hari sebelumnya, yaitu pd hari Rabu, 24 Nov 2010 dari sejak pukul 10.00 s/d 22.30 WIB. Direktur Poltekkes Ykt pun mengontrol dgn ketat penyiapan pameran ini, termasuk dalam pemilihan foto yg akan dicetak dan layout foto yg akan ditempelkan di papan pengumuman/papan display.

Alhamdulillah akhirnya pameran foto ini dpt diselesaikan dgn baik.
Diantara sekian banyak foto-foto menarik yg dipamerkan, mungkin foto berikut inilah yang paling mengesankan:

Foto ini menunjukkan kontras antara kata "Wedhus Gembel" dalam arti yg sebenarnya (Kambing) dgn arti konotasinya (Awan Panas Merapi).

No comments:

Post a Comment