Sunday, November 7, 2010

SELAMAT DATANG PARA PENGUNGSI MERAPI DI GRAHA BINA HUSADA

Auditorium Baru Poltekkes Ykt kini bertambah 1 lagi fungsinya. Jika slama ini Auditorium bernama Graha Bina Husada ini telah difungsikan utk berbagai kegiatan, seperti: wisuda, PPS, ujian sipenmaru, Uji kompetensi, latihan Taekwondo, dll, maka terhitung sejak Ahad, 7 Nov 2010, Audit ini dapat berfungsi pula sbg barak pengungsian sementara korban bencana Merapi.

Sebanyak 278 warga Desa Wonosari, Bangunkerto, Turi, Sleman, dipindahkan dari aula kantor Badan Kesbanglinmas & Penanggulangan Bencana Kab. Sleman Jl. Candi Gebang, Tridadi,leman -tempat pengungsian sementara mereka sebelumnya- ke Auditorium Graha Bina Husada Poltekkes Kemenkes Ykt, di lingkungan Asrama Mhs I Jl. Gadingan, Banyuraden, Gamping, Sleman, Ykt.

Upacara pelepasan tim penjemputan pengungsi di halaman depan Kampus Terpadu Poltekkes Ykt, Jl. Tata Bumi 3.

Doa bersama sebelum pemberangkatan tim penjemputan pengungsi.

Sejak pagi hari pukul 7 WIB, tim pemindahan pengungsi yg dipimpin langsung oleh Direktur Poltekkes Ykt telah bersiap di kampus Terpadu Poltekkes Ykt dgn mengerahkan armada 6 bus Poltek, dan 5 mobil Poltekkes. Meskipun kemudian tidak semua kendaraan yg disiapkan tsb terisi oleh para pengungsi dan barang bawaannya. Hal ini karena sebagian besar dari para pengungsi tsb juga membawa motor dan beberapa mobil2 pribadi.

Proses pemindahan berjalan lancar dgn dibantu mobil forerider dari Polres Sleman. Konvoi kendaraan motor dan mobil pengungsi, mobil2 Poltek, dan bis2 Poltekkes Ykt mengekor sepanjang -/+ 1 km melintasi jalan mulai dari Kantor Badan Kesbanglinmas & PB - lapangan Denggung Sleman - Jl. Magelang - Jombor - Ringroad Utara - Jl. Kabupaten - Perempatan Patran - Jl. Godean - Jl. Tata Bumi - Jl. Titi Bumi Timur - Jl. Gadingan - Auditorium Graha Bina Husada.

Ibu2 dan anak2 pengungsi menaiki bis Poltekkes Ykt yg telah disiapkan utk pemindahan.

Mobil dan motor2 para pengungsi mulai bergerak bersama2 meninggalkan Kantor Badan Kesbanglinmas & PB Sleman.

Konvoi kendaraan pengungsi saat melintasi Jln. Tata Bumi3 (di depan Kampus Terpadu Poltekkes Ykt).

Mobil2 para pengungsi tampak memasuki pintu gerbang Auditorium Graha Bina Husada, disambut oleh para mhs yg tinggal di Asrama I Poltekkes Ykt.

Para pengungsi saat melintas dibawah tulisan Auditorium Poltekkes Ykt.

Setibanya di Audit Baru Poltekkes Ykt, para pengungsi melakukan presensi utk pendataan jumlah keluarga pengungsi. Selanjutnya setelah para pengungsi menempatkan diri dalam Auditorium, dilakukan penyambutan oleh Bpk Kadus Gadingan, Ibu Direktur Poltekkes Ykt serta kata sambutan dari perwakilan para pengungsi.
Dr. Lucky Herawati SKM, MSc saat menyampaikan sambutan dihadapan para pengungsi Merapi.

Bpk Tarminanto -perwakilan pengungsi- sedang menyampaikan maksud kedatangannya ke Audit Poltekkes Ykt dihadapan para pejabat Poltekkes Ykt dan perwakilan dari Badan PPSDM Kes Jakarta.

Dalam sambutannya, Bpk. Kepala Dusun Gadingan menyampaikan ucapan selamat datang kpd para pengungsi Merapi. Beliau berjanji akan menggerakkan bantuan dari para warga masyarakat sekitarnya dan Kelurahan Banyuraden selama para pengungsi menempati Auditorium Poltekkes Ykt. Ibu DR. Lucky Herawati, SKM, MSc juga menyampaikan selamat datang & mengingatkan kpd para pengungsi utk dpt membantu merawat kebersihan dan kesehatan lingkungan gedung demi kenyamanan selama para pengungsi menempati Auditorium. Fasilitas yg tersedia di Auditorium Baru juga akan berusaha dilengkapi oleh Poltekkes Kemenkes Ykt sesuai kemampuan yg ada. Maklumlah, Auditorium ini tidak dirancang utk menampung ratusan orang dgn berbagai aktifitas harian seperti MCK, Jemur-menjemur, tidur, dll sehingga sarana penunjang utk hal itu perlu disiapkan meskipun dalam kondisi darurat.

Bantuan dari warga masyarakat sekitar, instansi, dan organisasi lain juga mulai berdatangan ke Auditorium Baru Poltekkes Ykt. Ada bantuan berupa obat2an, pakaian pantas pakai, mie instan, selimut, alat mandi, dll. Termasuk bantuan tenaga relawan medis dari Bandara Juanda Surabaya yg memberikan pemeriksaan kesehatan gratis pada siang-sore hari Minggu, 7 Nov-2010.

Selamat datang para pengungsi... Semoga sambutan & pelayanan yg diberikan oleh Poltekkes Kemenkes Ykt dpt memberikan kenyamanan & ketenangan bagi para pengungsi selama darurat Merapi.

No comments:

Post a Comment