Monday, November 8, 2010

POSKO PENGUNGSIAN YG TAK PERNAH SEPI

Sejak kehadiran 283 orang pengungsi dari Desa Wonosari, Bangunkerto, Turi, Sleman di Auditorium Graha Bina Husada pada Ahad, 7 Nov 2010, perhatian dan bantuan dari masyarakat, organisasi, instansi, bahkan juga dari pribadi mulai berdatangan.

Berbagai bentuk bantuan seperti mie instan, pakaian pantas pakai, obat2an, kasur, tikar, selimut, air galon, beras, mainan anak2, perlengkapan mandi, dll mulai berdatangan. Ini sebuah kabar yg sangat menggembirakan khususnya bagi para pengungsi dan juga ikut meringankan bagi Poltekkes Kemenkes Ykt sbg tuan rumah.

Pengiriman bantuan datang ke Auditorium Graha Bina Husada tak hanya di waktu pagi, siang, dan sore hari, bahkan pd malam haripun masih ada mobil bantuan dan para donatur yg datang. Oleh karena itu, Poltekkes Kemenkes Ykt melalui Pudir III telah membuat jadwal petugas piket dari kalangan dosen yg menempati komplek Asrama I Poltekkes Ykt (lokasi dimana Auditorium berada), agar para pengungsi tidak merasa sendiri, terlayani, dan guna menerima para pemberi bantuan yg datang sewaktu-waktu, dari pagi - malam.

Direktur Poltekkes Kemenkes Ykt menyerahkan secara simbolis bantuan kasur kepada salah seorang Ibu pengungsi yg memiliki balita (7-11-'10).

Penyerahan bantuan selimut dan alat mandi di malam pertama pengungsi tinggal/tidur di Audit.

Bpk. Sugeng, SKp (dosen Jurs. Keperawatan) yg juga sbg pengurus IMANI (organisasi tenaga kesehatan/tenaga medis muslim) menyerahkan bantuan obat2an utk posko kesehatan di Auditorium Graha Bina Husada (7-11-'10).

Bpk. Sugeng, SKp menyerahkan bantuan 8 karung beras dari organisasi IMANI utk Dapur Umum Bencana Merapi Poltekkes Kemenkes Ykt (8-11-'10).

Bahkan hingga malam hari, mobil2 pengantar bantuan berdatangan di Auditorium Graha Bina Husada, seperti pada malam Selasa, 8-11-'10, bantuan dari Kwarcab Pramuka Kab. Cilacap datang membawa bantuan Mie instan, Pakaian pantas pakai, beras, dll. Bantuan tsb merupakan hasil pengumpulan dari berbagai Sekolah Dasar yg ada di wilayah Kab. Cilacap Jawa Tengah, diantaranya dari: SDN Karangtalun 05, SDN Karangjati 03 Kec. Sampang, SDN Sidanegara 06 Cilacap Tengah, SDN Gumilir 02 Cilacap Utara, SDN Ujungbarang 01, SDN Ciwuni 01 Kesugihan, SDN Keleng 02 Kesugihan, SDN Kalisabuk 01, dll.

Bpk. Abd. Majid, SKp, MKep selaku Koordinator Posko Pengungsian Poltekkes Ykt menerima langsung bantuan dari Kwarcab Kab. Cilacap.

Relawan Mhs Poltekkes Ykt tampak sedang mendata bantuan yg baru saja diterima dari "Pramuka Peduli Cilacap".

Pak Kus sbg perwakilan donatur dari daerah Jl. Kaliurang, dtg langsung utk menanyakan & mencatat jenis2 bantuan apa yg masih dibutuhkan oleh para pengungsi di Auditorium Poltekkes Ykt. Ini sebuah langkah tepat agar bentuk bantuan yg akan disampaikan dapat tepat sasaran & bermanfaat langsung bagi para pengungsi.

Terhadap bantuan yg telah over load (seperti makanan nasi bungkus, pakaian pantas pakai, mie instan, obat2an), maka Poltekkes Kemenkes Ykt berkoordinasi dgn posko pengungsian lainnya yg masih kekurangan/masih membutuhkan. Termasuk dgn barak pengungsian tidak resmi terdekat yg berada di Dusun Patran, Banyuraden, Gamping, Sleman. Di lokasi pengungsian ini terdapat sebanyak 45 orang pengungsi yg kebutuhannya disuplay dari Posko Pengungsian Poltekkes Ykt.


AKTIFITAS PARA PENGUNGSI:

Guna mengisi waktu selama di lokasi pengungsian, sebagian pengungsi yg bekerja sbg PNS tetap masuk kerja sebagaimana biasa di kantor2 Pemda Sleman/ditempat2 lainnya. Sisanya berbagi peran dalam menjaga kebersihan, keamanan lingkungan posko pengungsian. Sebagian lainnya diarahkan untuk membantu memasak dan membungkusi masakan di Dapur Umum yg berada Kampus Terpadu Poltekkes Ykt Jl. Tata Bumi 3. Sedangkan anak2nya, sesuai dunianya, bermain2 di dalam dan di lingkungan sekitar Auditorium Graha Bina Husada. Bagi para pengungsi yg membutuhkan layanan pemeriksaan kesehatan & obat2an, pos kesehatan yg ada di Posko Pengungsian Auditorium ini siap memberikan pelayanan kesehatan gratis, ditangani oleh tenaga medis dari para dosen/karyawan dan mhs Poltekkes Ykt.

Warga pengungsi bencana Merapi mengisi waktu dgn turut membantu para petugas di dapur umum pengungsi yg berada di Kampus Terpadu Poltekkes Ykt.

Relawan Mhs dan mhswi Poltekkes Ykt berperan penting pula dalam pendampingan kegiatan anak2 pengungsi dgn mengajak mereka bermain sambil belajar.

Anak2 pengungsi tampak riang gembira bermain bola dari balon di dalam Auditorium, serasa seperti di rumah sendiri.

Seorang mhs Poltekkes Ykt tampak sedang mendampingi anak2 pengungsi bermain balon di tangga Auditorium.

Relawan dosen dan mhs Poltekkes Ykt tampak sedang memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi para pengungsi yg ada di Auditorium Graha Bina Husada.

Atas inisiasi dari Bpk. Budi Ermawan, SKp, MKep sepeda anak2 yg banyak terparkir di garasi perumahan dosen dipinjamkan untuk memfasilitasi anak2 para pengungsi Merapi yg ingin bermain2 sepeda di sekeliling komplek Asrama I Poltekkes Ykt.

Fasilitas sepeda untuk anak2 pengungsi.

Permintaan para pengungsi yg diwakili oleh Bpk Tarminanto agar di Auditorium Graha Bina Husada ini dpt disediakan TV agar mereka dpt memantau berita perkembangan kondisi merapi sudah dipenuhi. Para pengungsi yg tidak sholat tampak sedang mengikuti berita petang tentang perkembangan G. Merapi melalui monitor TV.


AKTIFITAS PERIBADATAN :

Untuk keperluan ibadah sholat 5 wkt, sebagian dari pengungsi ikut sholat berjamaah di Masjid Al Jamak Gadingan yg berada di dekat Auditorium Graha Bina Husada. Sedangkan sisanya mendirikan sholat di dalam Auditorium, yaitu di atas panggung yg biasanya dipakai sbg tempat duduk senat Poltekkes pada saat event wisuda Poltekkes Ykt.


Panggung Auditorium Poltekkes digunakan sbg ruang sholat bagi para pengungsi yg tidak ke Masjid.

Pengungsi sholat berjamaah di panggung audit.

Seorang Ibu tampak khusuk mengaji usai Sholat Magrib.

Sebaik apapun pelayanan dan fasilitas yg disediakan di Posko Pengungsian Merapi Poltekkes Ykt, tentunya masih lebih enak, nyaman, bahagia jika berada di rumah sendiri. Semoga Allah segera memberikan jalan keluar yg terbaik bagi para pengungsi dari musibah bencana Merapi ini. Mari bersabar . . . Allah bersama orang2 yg bersabar. . . (sebagai pengungsi bersabar, sbg penerima/pelayan pengungsi bersabar, sbg pemberi bantuan bersabar, ... dst.. )

No comments:

Post a Comment