Friday, February 4, 2011

POLTEKKES YKT KEMBALI MENYALURKAN BANTUAN UNTUK KORBAN MERAPI

Pada hari baik, Jum'at, 4 Februari 2011, Poltekkes Kemenkes Ykt kembali menyalurkan paket bantuan untuk para pengungsi korban Merapi. Penyerahan bantuan kali ini berbeda dgn yg telah dilakukan sebelumnya, karena jika sebelumnya yg diberi bantuan adalah para pengungsi lahar panas/ wedhus gembel dan debu vulkanik Merapi, maka kali ini yg diberi bantuan adalah para pengungsi korban lahar dingin Merapi.

Sebagaimana diketahui, G. Merapi memang sudah tidak batuk-batuk lagi mengeluarkan wedhus gembel, lahar panas & debu vulkanik. Tetapi bahaya sekunder tak kalah mengancam. Bahaya sekunder itu adalah ancaman banjir lahar dingin. Di puncak Merapi saat ini diperkirakan ada tumpukan 150 juta meter kubik material hasil erupsi tempo hari. Pusat Vulkanologi Badan Meteorologi dan Geofisika (PVBMG) memperkirakan, material sebanyak itu tak akan habis terbawa arus dalam 3-4 kali musim hujan.

Penyerahan bantuan kali ini ditujukan kepada para pengungsi di posko dan barak pengungsian warga Desa Sirahan, Kec. Salam, Kab. Magelang yg berada di Balai Desa Tersan Gede Kec. Salam, Kab. Magelang. Menurut Bpk. Luqman Akhmadi, B.Sc -Kepala Desa Tersan Gede- di lokasi ini terdapat -/+ 514 orang pengungsi dari 10 dusun yg ada di Desa Sirahan. Pengungsi terbanyak adalah berasal dari Dusun Candi dan Dusun Gebayan. Para pengungsi tsb ditampung di Aula Balai Desa Tersan Gede yg kondisinya kurang layak.

Berita terkait musibah banjir lahar dingin yg menimpa warga Desa Sirahan dapat dibaca DISINI.

Pudir III Poltekkes Ykt menyerahkan secara simbolis paket bantuan yg dibawa kepada Kepala Desa Tersan Gede untuk disampaikan kepada para pengungsi.

Di tempat ini rombongan dari Poltekkes Kemenkes Ykt yg diwakili oleh Pudir III (Ir. Roosmarinto, MKes), Korlap I Musibah Merapi (Bpk. Narto BE, STP, MP), dan Kour Kemhswn (Bpk. Abd. Hadi. K, SKM, MPH) menyerahkan paket bantuan bahan makanan, lauk pauk, sayur mayur, pembalut wanita, peralatan mandi. dll. Di saat yg bersamaan mhs Poltekkes Kemenkes Ykt yg ikut dalam rombongan tsb, diwakili oleh pengurus BEM Direktorat Poltekkes Ykt menyerahkan pula bantuan dana sebesar 1 juta rupiah untuk operasional barak pengungsian. Bantuan tersebut diterima langsung oleh Kepala Desa Tersan Gede (Bpk. Luqman Akhmadi, B.Sc).

Sdr. Andri mewakili mhs Poltekkes Ykt menyerahkan bantuan dana 1 juta kepada petugas posko. Tampak Kepala Desa Tersan Gede sedang menghitung dana yg diserahkan tsb.

Semoga bantuan ini dpt meringankan penderitaan para pengungsi yg nasibnya masih belum menentu, setelah kampung halaman dan sawah pertaniannya tertimbun material merapi.

Bahaya sekunder Merapi masih mengancam... Mari tetap peduli !!!


Referensi:

  1. http://topnews89.blogspot.com/2011/01/banjir-lahar-dingin-merapi-yogyakarta.html
  2. http://news.okezone.com/read/2011/01/23/340/416931/340/atasi-lahar-dingin-pemerintah-buat-alur-sungai-baru
  3. http://news.okezone.com/read/2011/01/10/340/412090/banjir-lahar-dingin-merapi-meluas-warga-dievakuasi

No comments:

Post a Comment