Saturday, October 1, 2011

KARNAVAL NUSANTARA DAN RAKERNAS SBH DI GORONTALO

Sebagai rangkaian akhir kegiatan Perkemahan Bakti Nasional Saka Bakti Husada IV di Gorontalo, pada Hari Sabtu, 1 Oktober 2011, pukul 08.30 - 11.20 WIB telah dilaksanakan kegiatan Karnaval Nusantara.

Acara ini diikuti oleh seluruh kontingen daerah peserta kegiatan Pertinas SBH IV, mulai dari kontingen Prop. NAD, hingga Prop. Papua. Pelepasan peserta Karnaval Nusantara di langsungkan di halaman kantor Bupati Gorontalo. Tampak hadir Bupati Gorontalo, Pejabat daerah Gorontalo, Pejabat dari Kwartir Nasional dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka.

Pembimbing dan Pendamping Putra Kontingen SBH Propinsi D.I Yogyakarta berfoto bersama Putri Gorontalo pengiring Karnaval Nusantara (Cucuk Lampah).

Rombongan Kontingen Daerah Prop. DIY tampak melintasi jalanan di depan Kantor Bupati Gorontalo setelah dilepas oleh Bupati.

Seusai mengikuti kegiatan Karnaval Nusantara, para Bindamping (Orang dewasa) dan Pinkonda (DKD/Pramuka Penegak/Pandega) yg hadir dlm kegiatan Pertinas SBH IV diundang untuk mengikuti Rakernas (Rapat Kerja Nasional) Saka Bakti Husada.

Acara Rakernas SBH berlangsung di Aula Lt 2 Menara Keagungan Limboto yg berada persis di tengah2 Kota Limboto, Gorontalo. Rakernas ini membahas beberapa agenda, yaitu:
  1. Evaluasi kegiatan Pertinas SBH IV Gorontalo,
  2. Persiapan Munaslub Pramuka Th 2012 dlm rangka penyesuaian AD/ART Gerakan Pramuka sesuai UU No. 12/2010 tentang Gerakan Pramuka, dan
  3. Penentuan calon lokasi kegiatan Pertinas berikutnya (Th 2016)

Menara Keagungan Limboto Gorontalo, tempat pelaksanaan Rakenas SBH Th 2011.

Evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan Pertinas SBH IV: secara umum agenda kegiatan yg direncanakan telah berjalan lancar, kebutuhan air bersih di Buper mencukupi, masih terdapat kekurangan dalam hal kebersihan lingkungan.

Evaluasi keikutsertaan kontingen daerah: di beberapa daerah masih terdapat miskomunikasi antara Kwartir daerah- Dinas Kesehatan- Poltekkes. Seluruh kontingen yg mengikuti kegiatan Pertinas seharusnya menjadi wakil dari Kwartir daerah, bukan utusan dari Poltekkes setempat.

Terdapat 5 Propinsi yg mencalonkan diri sbg tuan rumah penyelenggaraan Pertinas SBH V Th 2016, yaitu: Propinsi Bali, Banten, Riau, Papua, dan Jatim. Kelima propinsi tersebut diminta mengajukan proposal kesiapan masing2 sbg calon tuan rumah yg akan disajikan pada Mukernaslub yg akan dilaksanakan pada April 2012 di Kupang, NTT.

Pertinas SBH IV Th 2011 ini mulai dikembalikan kepada hakekatnya sebagai kegiatan bakti, dimana peserta kegiatan Pertinas tidak akan mendapat Tiska (Tanda Ikut Serta), namun akan mendapat TIGOR (Tanda Ikut Gotong Royong). Dengan demikian, kegiatan Pertinas lebih didominasi oleh kegiatan Bakti, dari pada kegiatan Perlombaan. Hanya terdapat 4 macam perlombaan sebagai kegiatan penunjang Pertinas (Tanpa memilih Juara Umum). Pada kegiatan Pertinas berikutnya (Th 2016), kegiatan perlombaan akan ditiadakan.

Para bindamping & pinkonda berfoto bersama pejabat dari Kwarnas Pramuka seusai kegiatan Rakernas SBH Th 2011.

No comments:

Post a Comment