Saturday, October 29, 2011

KARYAWAN JUGA BUTUH OUT BOND

Kegiatan outbond sudah tidak asing ditelinga civitas akademika Poltekkes Ykt, terlebih bagi para mhs baru. Hal ini karena kegiatan outbond telah menjadi menu wajib dalam kegiatan PPS mahasiswa baru Poltekkes Ykt. Melalui kegiatan outbond ini diharapkan dpt menumbuhkan jiwa korsa, meningkatkan kekompakan, kerjasama tim, saling pengertian, dll.

Dalam rangka meningkatkan jiwa korsa karyawan dan dosen Jurusan Kes. Lingk Poltekkes Kemenkes Ykt maka pada hari Sabtu, 29 Okt 2011 telah diadakan kegiatan ESQ karyawan. Acara yg berlangsung dari pukul 08.00 s/d 14.00 WIB ini diikuti oleh karyawan dan dosen Jurusan Kes. Lingk baik yg ada/bertugas di Jurusan maupun di Direktorat Poltekkes Ykt. Semua peserta tampak berbaur & bercampur satu sama lain, mencair, tanpa sekat2 sosial (karyawan vs dosen, pimpinan vs bawahan, bertugas di jurusan vs di direktorat, dll).

Kiki F Wijaya saat mengawali kegiatan outbond dgn Ice Breaking

Kegiatan ESQ ini diawali pd pukul 07.00 WIB dgn berkumpul dan berangkat bersama2 dari kampus terpadu Poltekkes Ykt menuju Pesona Alam Dusun Sendang Kumiter, Kembang Arum, Jl. Raya Turi-Sleman, km. 1 Sleman, Ykt. Pelaksanaan kegiatan ESQ ini diserahkan sepenuhnya kepada tim dari "Matahati Training & Consulting" yg dikomandani oleh Bpk. Kiki F Wijaya, seorang motivator/trainer pengembangan SDM.

Dengan mengenakan kaos merah bertuliskan "Success is My Right" para peserta tampak bersemangat mengikuti rangkaian acara yg telah disiapkan oleh tim outbond dari "Matahati Training & Consulting".

Kegiatan diawali dengan penjelasan outbond di ruangan, dilanjutkan dgn kegiatan out door seperti: ice breaking, grouping/pembagian kelp, dan serangkaian game2 seru (menaiki & menuruni tangga bambu, merayap dengan mata ditutup, melompati tembok dan kawat bertegangan tinggi, menuruni bendungan, menyeberangi sungai dgn karet pelampung, menyusuri sungai, mengeluarkan bola plastik dari pipa pralon, dll).

Gelar baru utk Bpk. Mirza Fauzi = Mr. Uhuy

Ayo seng kompak!

Tracking meniti jalan setapak di antara kebun2 salak.

Pak Narto sedang mengarahkan anggota kelp 2 yg ditutup matanya saat merayap melewati tali rafia.

Permainan melompati kawat "tegangan tinggi" dengan bantuan sebatang bambu

Menuruni bendungan utk memulai permainan "keceh" (Basah2an, rd.)

Menyusuri sungai berbatu2, menyatukan hati dgn lingkungan

Berbasah2 ria untuk dpt mengeluarkan bola plastik dari pipa pralon yg bocor

Sebagaimana kegiatan outbond yg dilakukan oleh para mhs baru, acara ini juga berlangsung dgn penuh keakraban. Semua peserta dpt tertawa lepas/bebas, tidak malu2 di lihat orang lain. Tanpa terasa, -/+ 2 jam lamanya permainan outbond tsb berlalu dgn penuh keceriaan.

Setibanya kembali di pos utama, para peserta yg telah basah kuyup tsb melaksanakan istirahat siang (mandi, sholat Dhuhur, dan makan). Selanjutnya, para peserta menyimak uraian dan motivasi dari Bpk. Kiki F Wijaya utk menumbuhkan semangat kerja karyawan dan dosen JKL Poltekkes Ykt agar menjadi orang2 sukses... baik secara finansial maupun spiritual.

Semoga kegiatan ini dpt menjadi pelatihan yg efektif dan efisien dlm meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku positif yg akan bermanfaat dalam pelaksanaan tugas sehari di Jurs. Kes. Lingkungan pd khususnya, maupun di Poltekkes Kemenkes Ykt pd umumnya.

Smoga ada banyak pelajaran berharga yg dpt dibawa pulang & dipraktekkan oleh para peserta kegiatan ESQ, tidak hanya membawa pulang oleh2 salak, suwar-suwir salak, wajik salak, pakaian dan sepatu basah, dst.

No comments:

Post a Comment