Tuesday, November 8, 2011

DARAH QURBAN PUN TERTUMPAH DI ASRAMA 1

Firman Allah SWT dalam Al Quran, Surat Al-An'am : 162-163 :
"Katakanlah: "Sesungguhnya shalatku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam "

-Allahu Akbar.. Allahu Akbar.. Allahu Akbar..
Gema takbir berkumandang berulang2 di lingkungan Asrama I. Kalimat takbir ini memberikan nuansa dan juga pemaknaan mengenai kisah-kisah heroik pengorbanan yg dilakukan oleh Nabi Ismail AS dan Ibrahim AS..

Pudir III, Direktur, dan Ketua Panitia Idul Qurban tampak bersama para tamu undangan lain saat Upacara perayaan Idul Adha 1432 H di komplek Asrama 1.

Hari Selasa, 8 Nov 2011, bertepatan dgn hari tasyrik ke-2 (12 Dzulhijah 1432 H), bertempat di lapangan Badminton Komplek Asrama 1 Poltekkes Ykt Gadingan, Banyuraden, Gamping, Sleman telah diselenggarakan upacara peringatan Hari Raya Idul Adha 1432 H di lingkungan Kampus Poltekkes Yk Tahun 2011.

Tampak hadir dlm upacara tsb adalah Direktur, Pudir III, Ketua Jurs. Analis Kes, Gizi, Kes. Lingkungan, para penghuni Asrama I (Dosen & Mhs Asrama Putra maupun Putri), karyawan/ staf dan dosen Poltekkes Ykt -baik sbg panitia maupun bukan panitia Qurban- serta beberapa orang shohibul qurban.

drh. Idi S, MKes saat mengarahkan tim penyembelih untuk merobohkan sapi qurban yg akan dipotong secara "berperikehewanan".

Alhamdulillah, upacara peringatan Idul Adha 1432 H kali ini dapat berjalan sukses dan lancar, tidak terganggu oleh hujan yg mulai rutin mengguyur Yogyakarta sebagaimana sehari sebelumnya. Guna mengantisipasi hujan, panitia juga sudah menyiapkan deklit/tenda ditengah lapangan Badminton Asrama I. Hujanpun mulai mengguyur di lokasi acara penyembelihan pada pukul 13 WIB, saat prosesi penyembelihan dan pengeletan daging sudah selesai.

Kegiatan Idul Qurban kali ini cukup istimewa/berbeda dari tahun sebelumnya, karena beberapa hal sbb:
  1. Dilaksanakan tidak di dalam lingkungan kampus, namun di Asrama I Poltekkes Ykt. Sesuai arahan Direktur pd saat menyampaikan sambutan upacara peringatan Idul Adha 1432 H, maka pada kegiatan Qurban tahun2 berikutnya juga akan digilirkan lokasi di tempat2 lainnya (Asrama II di Jurs. Kebidanan/ Asrama III di Jurs. Kes. Gigi).
  2. Perolehan dana Qurban tahun ini lebih besar dari tahun sblmnya. Pada th 2010 perolehan dana civitas akademik Poltekkes Ykt sebanyak 30.233.200.- Alhamdulillah pada tahun ini, meskipun tidak ada kasus bencana erupsi G. Merapi, namun perolehan dana qurban dapat meningkat menjadi sebesar 35.690.600 ,-
  3. Tidak ada penyembelihan hewan qurban berupa kambing, karena seluruh dana yg terkumpul dibelikan 4 ekor sapi. Sapi 1, 2, dan 3 adalah sapi atas nama 18 orang shohibul qurban, sedangkan sapi ke-4 adalah atas nama seluruh civitas akademika (karyawan/ dosen/ mhs dari ke-6 jurusan dan Direktorat Poltekkes Ykt).
  4. Seluruh hewan qurban disembelih di tempat, tidak ada yg diserahkan kepada pihak ke-2 yg membutuhkan utk dipotong keluar. Pada tahun sebelumnya, panitia dapat membagi 3 ekor kambing dan 1 ekor sapi kepada pihak ke-2 (Takmir Masjid/Musholla & Penanggungjawab lokasi pengungsian Erupsi Gunung Merapi).
Mahasiswi Poltekkes Ykt /penghuni Asrama 1 tampak sedang membantu memotong2 dan menimbang daging qurban.
Kerjasama yg baik antara civitas akademika Poltekkes Ykt (Mhs, karyawan/dosen) mempercepat selesainya prosesi peringatan Idul Adha 1432 H dan penyembelihan hewan qurban.

Dari ke-4 ekor sapi qurban yg dipotong tsb, panitia berhasil memperoleh daging seberat 344,5 kg. Kondisi kesehatan organ hati, paru2 dari sapi-sapi yg dipotong tsb khususnya sapi 1, 2, dan 3 (Sapi milik shohibul qurban) alhamdulillah semuanya baik/sehat, tidak terindikasi sakit antrak/sirhosis/cacingan, dll.

Dari jumlah daging yg diperoleh tsb, selanjutnya dibagikan dalam paket2 daging qurban sebanyak -/+ 475 paket dgn berat @ 0,5 kg + jeroan/usus. Pendistribusian paket daging qurban tsb ditujukan kpd:
  • Tenaga kontrak yg bekerja di lingkungan kampus Poltekkes Ykt,
  • Mhs yg tergabung di BEM Direktorat dan Jurusan,
  • Karyawan & dosen di Direktorat Poltekkes dan ke-6 Jurusan,
  • Tukang becak Jl. Tata Bumi 3 (PABETAMI)
  • Warga Dusun sekitar kampus terpadu Poltekkes Ykt (Gadingan, Kajor, Banyumeneng, Patran, dan Kwarasan)
  • Penghuni Asrama 1 (Mhs dan dosen) dan perumahan dosen (belakang Klinik Terpadu).
  • Takmir Musholla Darussalam Dusun Gamblok, Kel. Merdikorejo, Kec. Tempel, Sleman Ykt.
  • Panitia Idul Qurban 1432 H.
Inilah wajah dari “kendaraan ke surga” civitas akademika Poltekkes Ykt.

Selamat Hari Raya Idul Adha 1432 H...
Semoga Allah SWT menerima amal ibadah seluruh shohibul qurban dan civitas akademika Poltekkes Ykt.. Amien !

1 comment:

  1. alhamdulillah ya, acara kurban berjalan dgn lancar...
    maaf pak dosen, teman2 bem, dan adik2, saia tidak dapat hadir n membantu dikarenakan ada acara posyandu dri puskesmas tmpt saia pkl,,,
    pdhal ingin skali ikut... T-T

    ReplyDelete