Tuesday, December 6, 2011

PENYAKIT JANTUNG BISA DISEBABKAN OLEH PENYAKIT GI-LUT

Akhirnya Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Ykt pada Thn 2011 ini dapat mengadakan seminar kesehatan setelah kemarin sempat tertunda. Tema seminar kali ini adalah “Waspada Penyakit Jantung Akibat Penyakit Gigi dan Mulut”, Menurut Bapak Asta Yoeniyanto selaku Ketua DPD PPGI (Persatuan Perawat Gigi Indonesia) Prop. DIY saat memberikan sambutan, tema seminar ini terbilang langka & penting utk diketahui oleh khalayak.

Seminar ini bertempat di Gedung Asri Medical Center (AMC) lantai 3 Jl. Hos Cokroaminoto Wirobrajan, Yogyakarta pada Hari Minggu, 4 Desember 2011 lalu. Seminar diikuti oleh peserta berjumlah 162 orang yang terdiri dari mahasiswa Jurusan Keperawatan Gigi dan tenaga kesehatan di Propinsi DIY.

Acara seminar dibuka dengan Tari Oglek yg dibawakan oleh Sdri Tika Nur Dhianingtyas dan Dwi Wahyuni (mahasiswi Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Ykt). Acara dilanjutkan dengan laporan ketua panitia dan sambutan-sambutan. Laporan kegiatan seminar disampaikan oleh ketua panitia yaitu Sdri Okki Nikmah Az-zahra, sambutan pertama disampaikan oleh Bpk Ir. Roosmarinto, M.Kes (Pudir III) mewakili Dr. Lucky Herawati S.KM, M.Sc selaku Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Sambutan kedua disampaikan oleh Bapak Asta Yoeniyanto, AMKG selaku ketua Persatuan Perawat Gigi Indonesia (PPGI).

Memasuki acara inti, diserahkan penuh kepada moderator, mas Geronimo. Pemateri pada Seminar Kesehatan “Waspada Penyakit Jantung Akibat Penyakit Gigi dan Mulut” dibagi menjadi dua sub judul dan disampaikan oleh dua orang pemateri.

Materi pertama disampaikan oleh dr. Mulya Hartana dengan judul “Mengenal Lebih dini Penyakit Jantung”. Dijelaskan bahwa jantung merupakan organ penting dalam tubuh kita, yang berfungsi untuk memompa darah. Apabila fungsi jantung terganggu akan mengakibatkan terganggu pula fungsi tubuh seseorang.

Materi kedua disampaikan oleh drg. Goeno Subagyo dengan judul “Hubungan Penyakit Jantung dengan Penyakit Gigi dan Mulut”. Dijelaskan bahwa penyakit mulut meningkatkan risiko penyakit sistemik, termasuk penyakit Jantung. Bakteri yang terdapat pada plak (lapisan tipis, transparan, licin, mengandung banyak bakteri) mudah menembus pembuluh darah yang terbuka karena gigi berlubang atau penyakit gigi dan mulut yang lain, sampai ke jantung. Dapat disimpulkan bahwa ternyata kesehatan gigi dan mulut tidak dapat dipisahkan dengan penyakit gigi dan mulut.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dibagi menjadi dua termin, satu termin dibuka untuk tiga pembicara. Para peserta sangat antusias untuk bertanya sehingga suasana seminar menjadi lebih hidup. Setelah sesi tanya jawab, acara diserahkan kembali kepada MC dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan kepada pemateri dan moderator kemudian acara pun ditutup pada pukul 11.30 WIB.

Selanjutnya adalah acara yang paling ditunggu-tunggu oleh para peserta yaitu pembagian Doorprize. Doorprize diberikan kepada peserta yang paling awal datang, peserta yang aktif bertanya, peserta yang duduk di kursi yang telah ditandai dan peserta yang dapat menjawab pertanyaan. Suasanapun menjadi riuh pada saat peserta memeriksa bagian bawah kursi mereka masing-masing. Ada yang kecewa karena tidak ada kertas doorprize di bawah kursi namun ada yang senang karena terdapat kertas doorprize di bawah kursinya.
Tautan
Setelah pembagian doorprize selesai, acara terakhir adalah pembagian sertifikat dan ishoma. Peserta boleh menghabiskan waktu di tempat acara atau pulang. Alhamdulillah, akhirnya acara Seminar Kesehatan “Waspadai Penyakit Jantung Akibat Penyakit Gigi dan Mulut” dapat terlaksana dengan lancar.

Rencana ke depan, BEM Jurs. Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Ykt akan kembali menggelar acara seminar Keperawatan Gigi yg akan dilaksanakan pada Bulan April 2012.

Datang ya.. ^,^

.............................................
Artikel ini ditulis oleh Okki Nikmah selaku Ketua Panitia Seminar, dan telah diedit disana-sini oleh Kour Kemhswn selaku Admin Web Kemahasiswaan Poltekkes Ykt agar laik tayang & enak dibaca.

No comments:

Post a Comment