Friday, November 30, 2012

BNNP DIY SOSIALISASIKAN P4GN DI KAMPUS POLTEKKES YKT

Suasana pembukaan Sosialisasi P4GN di Audit Lama Poltekkes Ykt.

Pada tahun 2012 Badan Narkotika Nasional Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (BNNP DIY) melakukan kegiatan Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di kampus-kampus yang ada di D.I.Yogyakarta antara lain Kampus UGM, UNY, UMY, UAD dan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kegiatan ini bermaksud untuk melibatkan Peran Serta Kampus dalam menciptakan lingkungan Kampus Bebas Narkoba. Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan Undang2 Nomor : 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, Peraturan Kepala BNN Nomor : Per/04/V/2010/BNN tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Narkotika Nasional Provinsi dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten/Kota, Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2011 tanggal 27 Juni 2011 tentang Pelaksanaan Kebijakan dan Strategi Pencegahan dan Pemberantasan, Penyaahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), Surat Pengesahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran 2012 Badan Narkotika Nasional Provinsi DIY Nomor 0027/066-01.2.01/14/2012 tanggal 9 Desember 2011 dan Pengesahan Revisi -2 tanggal 27 April 2012.

Kegiatan Sosialisasi P4GN untuk mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta telah dilaksanakan selama 2 hari pada hari Rabu-Kamis. tanggal 28 - 29 November 2012 dengan peserta mahasiswa yang berbeda, Kegiatan Sosialisasi P4GN ini bertempat di Auditorium Lama Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Jl. Tata Bumi No. 3 Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Ini merupakan kegiatan yg kali pertama diselenggarakan secara khusus & intensif bagi mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Para peserta tampak serius menyimak penjelasan P4GN yg disampaikan oleh BNNP DIY.

Peserta kegiatan ini adalah mahasiswa dari ke-6 Jurusan baik mahasiswa Program D-III dan D-IV dengan jumlah peserta pada tanggal 28 November 2012 diikuti oleh 149 mahasiswa (Jurusan Analis Kes: 44 org, Gizi : 42 org, Kebidanan : 40 org, Keperawatan : 42 org, Keperawatan Gigi : 41 org, dan Kesehatan Lingkungan: 41 org). Sedangkan pada tanggal 29 November 2012 diikuti oleh 251 mahasiswa ( Jurusan Analis Kes: 45 org, Gizi : 42 org, Kebidanan : 40 org, Keperawatan : 42 org, Keperawatan Gigi : 41org, dan Kesehatan Lingkungan: 41 org).

Kegiatan P4GN diawali dengan upacara pembukaan dimana yang bertindak sebagai Master of Ceremony (MC) adalah Pengurus BEM Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Upacara pembukaannya meliputi pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh semua peserta, Sambutan dari Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang diwakili oleh Pembantu Direktur III Bidang Kemahasiswaan (Bpk. Ir. Roosmarinto, M.Kes), Sambutan dari Ka. BNNP DIY yang diwakili oleh Ibu Retno Dwiyanti, A.Md. Setelah kegiatan upacara pembukaan selesai kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi dari  BNNP DIY kepada para mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta tentang Implementasi Kebijakan Nasional P4GN di Provinsi DIY dan Penjelasan tentang Pelaksanaan test urine, penggunaan test kit narkoba oleh Ibu Retno Dwiyanti, A.Md. Sedangkan  materi Peran Serta Mahasiswa/ Kampus dalam rangka mewujudkan Kampus Bebas Narkoba disampaikan oleh Bpk Ir. Roosmarinto, M.Kes.

Setelah penyampaian materi selesai kemudian dilakukan test urine kepada seluruh mahasiswa yang hadir pada kegiatan sosialisasi tersebut. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah diantara peserta ada yg positif menggunakan narkoba atau tidak. Acara kemudian dilanjutkan dengan penjelasan hasil test urine yang telah dilakukan terhadap para peserta yang disampaikan oleh Ibu Retno Dwiyanti, A.Md.
Petugas BNNP DIY saat melakukan pengujian menggunakan narkoba test kit terhadap urin salah satu peserta Sosialisasi P4GN.
Hasil test urine dari para mhs Poltekkes Ykt. Alhamdulillah, Negarif/ tidak mengandung narkoba.

Pada kegiatan ini setiap mahasiswa memperoleh Kit P4GN berupa buku yang berjudul "Mahasiswa dan Bahaya Narkotika" dan "Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2009", serta makan siang. Buku "Mahasiswa dan Bahaya Narkotika" dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang bahaya penyalahgunaan narkotika dan upaya pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di kalangan mahasiswa.

Kegiatan ini telah berjalan lancar selama 2 hari berkat kerjasama yg baik antara BNNP DIY, Poltekkes Yogyakarta c/q Bidang Kemahasiswaan, dan BEM Poltekkes Yogyakarta. Harapan dari diadakannya kegiatan ini adalah para mahasiswa mengerti dan memahami tentang bahaya narkoba sehingga tidak akan menggunakan barang haram tersebut yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Setelah Kampus-kampus yang ada di DIY dapat dinyatakan bebas narkoba diharapkan pada tahun 2015 DIY menjadi Kota / Daerah Istimewa yang BEBAS Narkoba.

Mari wujudkan Kampus Poltekkes Kemenkes Ykt sbg Kampus Bebas Narkoba!

No comments:

Post a Comment