- BIDANG KEMAHASISWAAN POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

Latest

Info seputar kegiatan Bidang Kemahasiswaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta

Hubungi Kami

/BANNER 728X90/

Tuesday, January 31, 2017



KESLING EXPO


        Gambar 1 : sambutan oleh Ketua Jurusan Kesehatan
         Lingkungan yaitu Bapak Yamtana, SKM, M.Kes.
Kesling Expo diselenggarakan oleh D IV Kesehatan Lingkungan tahun angkatan 2013. Acara ini diselenggarakan selama 2 (dua) hari yaitu pada tanggal 17 Januari s/d 18 Januari 2017. Acara ini dimulai pada pukul 09.00 s/d 14.00 WIB. Kesling Expo ini bertempat di lobi kampus pusat Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.Tema Kesling Expo tahun ini adalah “Wujudkan Indonesia Mandiri Dengan Teknologi Terbarukan”. Ini adalah gelar inovasi teknologi pertama yang diselenggarakan di kampus Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Menurut ketua panitia Kesling Expo yaitu Muhammad Amin, kesling expo ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan  dan wawasan dibidang teknologi tepat guna melalui penyelenggaraan Gelar Inovasi Teknologi Kesehatan Lingkungan. “Pameran ini untuk lebih mengenalkan kepada publik mengenai inovasi teknologi terbaru yang berkaitan dengan kesehatan lingkungan, hal ini sejalan dengan misi program studi D IV Kesehatan Lingkungan yaitu ‘Mengembangkan Program Studi Untuk Menjadi Rujukan Program Studi Lain’.” tambah Muhammad Amin. 

Gambar 2 : sambutan oleh direktur poltekkes yogyakarta.
Walaupun ini merupakan gelar inovasi teknologi pertama, namun acara ini terbilang sukses dengan antusias pengunjung dan banyaknya jumlah stand. Stand dalam Kesling Expo ini berjumlah 20 stand, 16 stand dari Jurusan Kesehatan Lingkungan, 2 stand dari desa binanaan Sukunan dan Bank Sampah Badegan, 2 stand dari Kelompok Studi Lapangan Buana Kalpataru Institut Teknologi Yogyakarta. Stand-stand tersebut antara lain ; Filter Reaktif, Bank Sampah, Sarpatanduk, Cerobong Asap, Multi Stage System (Loundry), Komposer Aerobik, Cocar (CO, CO2, Air, Reducer), Larvasida, Oven Disilator, Ergonomic Chair Weaving, CTPS Portable dan Aplikator Penurunan Angka Kuman, Knalpot Litglas (Knalpot Ramah Lingkungan), Game Petualangan Gatotkaca dan Keramik Zeolit, Alat Lebur Limbah Alumunium Sederhana, Ngotosiwa, Exhaustar, dan beberapa stand dari luar kampus Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yaitu ; stand dari ibu-ibu Desa Wisata Sukunan dan Bank Sampah Badegan, serta stand Tray Aerator dan Filtrasi UKM Buana Kalpatari dari Institut Teknologi Yogyakarta (ITY), selain itu juga terdapat stand dari UKM SKI Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang menawarkan hijab dengan harga yang lebih murah. 

Gambar 3: Pemotongan pita oleh direktur poltekkes yogyakarta.
Kesling Expo hari pertama dibuka dengan laporan dari ketua panitia ,selanjutnya sambutan oleh Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan yaitu Bapak Yamtana, SKM, M.Kes. Kemudian sambutan dan pemotongan pita oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Bapak Abidillah Mursyid, SKM, MS. Kemudian penyerahan piala dan piagam penghargaan kepada mahasiswa berprestasi tingkat nasional atas nama Ardika Novian. Setelah pembukaan dan penyerahan piala, Direktur dan jajaran Pudir berkeliling mengunjungi stand-stand. Peserta expo menjelaskan tentang alat hasil penelitian mereka kepada pengunjung. Tidak hanya menjelaskan kegunaan alat, namun peserta expo juga menunjukkan bagaimana cara kerja alat tersebut. Di stand ibu-ibu dari Desa Wisata Sukunan juga mengajari pengunjung untuk membuat kerajinan dari barang-barang bekas, seperti vas bunga dan piring dari gelas plastik bekas minuman yang dirangkai menggunakan benang. Bukan hanya itu di stand ini juga menjual tas-tas cantik dari bungkus plastik bekas. 

Gambar 4 :  para pengunjung expo
Kesling Expo hari pertama, mayoritas pengunjung adalah mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Sedangkan Kesling Expo hari kedua, pengunjung berasal dari berbagai penjuru di kota Yogyakarta bahkan ada yang berasal dari luar provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengunjung hari kedua mulai dari siswa SD Negeri Patran kelas IV, V dan VI, siswa SMP Negeri 3 Gamping, perwakilan mahasiswa UII Yogyakarta, perwakilan mahasiswa ITY, perwakilan mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta, perwakilan mahasiswa UNSOED Purwokerto, Sanitarian RSUP TNI AU Hardjokulito, Sanitarian RS Khusus Paru Respira Yogyakarta, Sanitarian RS PKU Muhammadiyah Kota, Sanitarian Puskesmas Kebumen, Sanitarian Puskesmas Klaten, Sanitarian Puskesmas Batang, Badan Narkotika Nasional (BNN) DIY, serta Dinas Kesehatan DIY. Kesling Expo hari kedua tidak kalah ramainya dengan hari pertama. Masyarakat umum pun antusias untuk mengunjungi gelar inovasi teknologi kesehatan lingkungan ini. Jumlah keseluruhan pengunjung dan tamu undangan Kesling Expo ini adalah 194 orang. Gelar inovasi teknologi dibawah bimbingan Bapak Bambang Suwerda, SKM, M.Si ini mendapat apresiasi yang luar biasa dari direktur, jajaran pudir, dan dosen serta para pengunjung Kesling Expo. “Acara bagus sekali, inovatif, memberikan tambahan wawasan kepada kita tentang teknologi sehingga kita tidak buta teknologi. Semoga saja tahun depan acara Kesling Expo atau expo teknologi lainnya dengan penemuan terbaru lagi.” Ujar Devi mahasiswi jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Penutupan acara ini pada hari Rabu, 18 Januari 2017 pukul 14.00 WIB.
 


Fotografer       : Devi Waryan Kurniawati (P07131116025 / D III Gizi)
Reviewer         : Wangsit Dhimas Erwati (P07125215038 / D IV Keperawatan Gigi) 

 Lampiran Foto :
Pak  Abidillah Mursyid, SKM, MS saat mengunjungi salah satu stand expo



  piala dan piagam penghargaan mahasiswa berprestasi tingkat nasional 
atas nama Ardika Novian diberikan oleh direktur poltekkes yogyakarta 



salah satu stand expo 





 
 


No comments:

Post a Comment