- BIDANG KEMAHASISWAAN POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

Latest

Info seputar kegiatan Bidang Kemahasiswaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta

Hubungi Kami

/BANNER 728X90/

Sunday, January 29, 2017




Ketatnya Persaingan Mahasiswa-Mahasiswa Kebidanan di LCC Nasional Kebidanan 2016
 



Hari sabtu dan minggu, tanggal 4 dan 5 november 2016 pemandangan yang tidak biasa tampak terlihat di Graha Bina Husada (GBH). Dimana pada hari tersebut, diselenggarakan Lomba cerdas cermat yang diikuti oleh perwakilan-perwakilan institusi dari seluruh Indonesia.

Lomba cerdas cermat nasional jurusan Kebidanan 2016 atau yang sering disingkat LCC nasional kebidanan 2016 merupakan acara yang diselenggarakan oleh jurusan kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. LCC Nasional Kebidanan kali ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional. Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi dengan institusi-institusi dari seluruh Indonesia, sebagai ajang kompetisi bagi mahasiswa-mahasiswa Jurusan Kebidanan di seluruh Indonesia, selain itu acara ini juga bertujuan untuk mengukur sejauh mana kualitas mahasiswa Jurusan Kebidanan dari seluruh Indonesia.

Diikuti oleh 68 tim dari 48 institusi, terdiri dari 20 institusi negeri, dan 28 institusi swasta. Dihadiri oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta berserta jajaran Pudir, dan PD IBI DIY. Dengan juri dari Poltekkes Kemenkes Semarang, Poltekkes Kemenkes Malang, Poltekkes Kemenkes Semarang Prodi Magelang, Asosiasi Institusi Kebidanan Indonesia, dan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

gambar 1  : salah satu peserta LCC
Di babak Penyisihan Pertama, 32 dari 68 tim lolos ke babak Penyisihan Kedua. Di babak, penyisihan kedua, 9 tim lolos ke babak semifinal, mengalahkan 23 tim lainnya. Di babak semifinal, diambil 3 tim untuk maju ke babak Final. Juara 1 dimenangkan oleh tim A dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Juara 2 dimenangkan oleh Tim B dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, dan Juara 3 dimenangkan oleh Poltekkes Kemenkes Semarang Prodi Utomo

LCC Nasional Kebidanan 2016 kali ini terselenggara atas kerjasama dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Kebidanan dengan Badan Eksekutif Mahasiswa. Acara ini telah dipersiapkan sejak Februari 2016 dan sempat terkendala dana. Selain terkendala dana, sulitnya mengkoordinasikan jadwal panitia yang berasal dari berbagai jurusan juga menjadi kendala dalam menyelenggarakan acara ini.

Meski sempat terjadi kesalahan teknis yang berujung complain dari dosen, dan terjadi nilai seri di beberapa babak, namun LCC Nasional Kebidanan tahun ini terbilang lancar dan, segala kesalahan dan kendala masih dapat diatasi.

“LCC Tahun ini kali ini berjalan lancar sesuai rencana dan kesalahan maupun kendala yang terjadi masih dapat kami atasi dengan baik” ungkap Indah oktaviani, selaku ketua Panitia LCC Nasional Kebidanan 2016. Semoga LCC Nasional Kebidanan dapat terselenggara dengan baik di tahun-tahun berikutnya tanpa ada kesalahan dan kendala yang berarti.

Penulis : Lenny Khoirunisa (P07125115024), Jurusan Keperawatan Gigi
Foto : Zulfi Retnaning Utami, Jurusan Kebidanan

No comments:

Post a Comment