Re-born SBH Poltekkes Depkes Ykt - BIDANG KEMAHASISWAAN POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

Latest

Info seputar kegiatan Bidang Kemahasiswaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta

Hubungi Kami

/BANNER 728X90/

Monday, November 23, 2009

Re-born SBH Poltekkes Depkes Ykt

Setelah sekian lama direncanakan, dan slalu tertunda oleh berbagai event (termasuk Mid/UAS) akhirnya pengurus BEM dari UKM Pramuka Saka Bhakti Husada (SBH) Poltekkes Depkes Ykt pada hari Sabtu, Tgl 21-11-09 dari pukul 07.30 - 10.30 WIB, memulai kegiatan I SBH dgn mengadakan Apel/Upacara penerimaan anggota baru (Mhs Tk I) di lapangan depan Kampus Terpadu Poltekkes Depkes Ykt, Jl. Tata Bumi 3, Banyuraden, Gamping, Sleman.

Setelah Upacara, dilanjutkan dgn penjelasan dan pengenalan ttg kegiatan SBH yg akan diadakan dan pembentukan kelompok2 krida sesuai asal jurusan mhs Tk I tsb.

Upacara ini dipimpin oleh instruktur Kak Kirnantoro (Pudir III Poltekkes Depkes Ykt, mewakili Direktur). Dgn komandan Upacara Kak Panji Lambang Satria, mahasiswa dari Jurs. Analis Kes.

Kegiatan penjelasan dan pengenalan kegiatan SBH mengambil tempat di lahan Parkir Gedung Kuliah Utara. Seluruh mhs Tk I duduk lelehan di lantai (tanpa tikar) sambil mendengarkan Kakak2 menyampaikan informasi dan instruksi.

Satuan Karya Pramuka (Saka) Bakti Husada adalah wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan. Saka Bakti Husada diresmikan pada tanggal 17 Juli 1985, dengan dilantiknya Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional.

Tujuan dibentuknya Saka Bakti Husada adalah untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan, yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat di lingkunganya.

Kegiatan kesakaan dilaksanakan di gugus depan dan satuan karya Pramuka disesuaikan dengan usia dan kemampuan jasmani dan rohani peserta didik. Kegiatan pendidikan tersebut dilaksanakan sedapat-dapatnya dengan praktek berupa kegiatan nyata yang memberi kesempatan peserta didik untuk menerapkan sendiri pengetahuan dan kecakapannya dengan menggunakan perlengkapan yang sesuai dengan keperluannya.

Saka Bakti Husada meliputi 5 (lima) krida, yaitu :
1. Krida Bina Lingkungan Sehat
2. Krida Bina Keluarga Sehat
3. Krida Penanggulangan Penyakit
4. Krida Bina Gizi
5. Krida Bina Obat.

Kegiatan Pramuka SBH Poltekkes Depkes Ykt ini perlu segera di mulai dan diintensifkan karena dlm waktu dekat (Medio Maret 2010) akan diadakan kegiatan lomba SBH tingkat Nasional di Cibubur, Jabar dan Poltekkes Depkes Ykt sudah memastikan akan mengirim kontingen SBH sebanyak 85 orang mahasiswa sbg peserta lomba dan 16 orang dosen sbg pendamping. Materi lomba meliputi: PPGD, Dapur Umum, Cerdas Tangkas, dan Pentas Budaya.

Smoga sukses persiapan SBH Poltekkes Depkes Ykt dalam menghadapi event lomba SBH tingkat Nasional di Cibubur, Jabar. Jangan kalah dgn SBH Poltekkes Depkes lainnya yg telah lebih dulu berlatih.

Vini - Vidi - Vici !!!

Sumber:
1.
Satuan Karya Pramuka (Saka) Bakti Husada, Web dikti
2. Satuan Karya (Pramuka),
Wikipedia

No comments:

Post a Comment