“BANK SAMPAH” KARYA DOSEN POLTEKKES YKT MENJADI NOMINATOR KICK ANDYS HEROES 2010 - BIDANG KEMAHASISWAAN POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

Latest

Info seputar kegiatan Bidang Kemahasiswaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta

Hubungi Kami

/BANNER 728X90/

Saturday, March 6, 2010

“BANK SAMPAH” KARYA DOSEN POLTEKKES YKT MENJADI NOMINATOR KICK ANDYS HEROES 2010

Perilaku masyarakat yang biasa membuang sampah sembarangan dan membakar sampah membuat Bambang Suwerda dan warga RT 12 Dusun Badegan berinisiatif menciptakan sebuah konsep baru dalam mengelola sampah. Dengan modal sosial dan potensi yang dimiliki, mereka mendirikan Bank Sampah, yaitu suatu tempat bagi warga untuk menyetorkan sampah yang diproduksinya sehari-hari yang nantinya akan ditukar dalam bentuk uang. Bank Sampah memberikan manfaat ekologis, ekonomi, dan sosial bagi warga sekitarnya. Ini merupakan sebuah upaya membangun kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap masa depan lingkungannya.

Karya Bambang Suwerda ini kemudian oleh Devi Al Irsyadiah dan Eko Rejoso Prabowo dari Yogyakarta dijadikan film dokumenter pada lomba Eagle Awards 2009 berjudul “BUKAN NEGERI SAMPAH, BUKAN BANGSA PENGEMIS”. Film dokumenter ini pernah ditayangkan di Metro TV pd tanggal 14 Oktober 2009, 15 Oktober 2009, dan 21 Oktober 2009. Posting tentang hal ini juga bisa dibaca pada blog Ikatan Alumni Politeknik Kesehatan Yogyakarta (IAPKY).

Sebuah prestasi telah ditorehkan Bambang Suwerda, dan ini tidak pernah berhenti memotivasi utk terus berprestasi di waktu2 selanjutnya. Begitupun dgn pihak2 lain yg peduli, juga tidak pernah lupa mengapresiasi. Terbukti, setelah sebelumnya meraih prestasi sebagai Dosen Berprestasi No. 1 Poltekkes Depkes RI Th 2010 dengan karyanya Bank Sampah, yg akhirnya memperoleh kesempatan utk tampil di acara Kick Andy Metro TV, maka selanjutnya usaha Bambang Suwerda ini mendapat kesempatan sbg nominator Kick Andys Heroes 2010.

Buat seluruh civitas akademika Poltekkes Kementerian Kesehatan Yogyakarta (Karyawan/ dosen, Alumni dan mahasiswa), terlebih dari Jurusan Kesehatan Lingkungan (JKL), mari kita saksikan tayangan BANK SAMPAH hasil Kreasi Bambang Suwerda, SST, MSi (Dosen/Alumni JKL Poltekkes Yogyakarta) sebagai nominator Kick Andys Heroes 2010 pada hari Sabtu, tanggal 6 Maret 2010 pukul 21.30 WIB dan hari Ahad/Minggu, tanggal 7 Maret 2010 pukul 16.00 WIB di METRO TV.

Selamat kepada Bpk. Bambang Suwerda, SST, MSi. You’re really the Heroes for Poltekkes Jogja.

Selamat kepada Bambang Suwerda & Civitas Akademika Poltekkes Ykt !

No comments:

Post a Comment