KULTUM BA'DA DHUHUR RDKP 1431 H - BIDANG KEMAHASISWAAN POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

Latest

Info seputar kegiatan Bidang Kemahasiswaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta

Hubungi Kami

/BANNER 728X90/

Wednesday, August 11, 2010

KULTUM BA'DA DHUHUR RDKP 1431 H

Hari Rabu, 11 Agustus 2010 bertepatan dgn 1 Ramadhan 1431 H adalah hari I pelaksanaan kegiatan Ramadhan Di Kampus Poltekkes (RDKP) 1431 H. Sesuai jadwal yg telah ditetapkan oleh Panitia RDKP, maka setelah Sholat Dhuhur berjamaah ditegakkan di Musholla At Taqwa Kampus Terpadu Poltekkes Ykt, selanjutnya diisi dgn Kultum (kuliah tujuh menit). Pada kesempatan hari I ini, kultum diisi oleh Pudir III Poltekkes Ykt (Bpk. Ir. Roosmarinto, MKes).

Pudir III (Ustadz Roosmarinto) tampak sedang menyampaikan tausiahnya.

Beliau menyampaikan tausiyah tentang 2 keistimewaan yg ada dalam Bulan Ramadhan. Keistimewaan I adalah karena Al Qur'an diturunkan pertama kalinya adalah dalam Bulan Ramadhan. Dan ayat yg pertama turun adalah "Iqra". Sebuah perintah dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dan umatnya utk membaca. Perintah Allah ini sangat relevan dgn Poltekkes sbg komunitas/masyarakat ilmiah. Membaca harus dilakukan/menjadi tradisi tak hanya oleh dosen dan mahasiswa Poltekkes Ykt, tetapi juga oleh staf/karyawan lainnya.

Keistimewaan II dari Bulan Ramadhan adalah: bulan diwajibkannya berpuasa bagi orang2 yg beriman (Islam). Puasa adalah sebuah ibadah spesial, karena hanya diketahui oleh ybs dan Allah SWT saja. Dengan demikian, jika seseorang dpt melaksanakannya dgn baik dan benar, insya Allah akan dapat meraih gelar Taqwa sesuai janji Allah SWT dlm Surat Al Baqarah: 187.

Kultum berikutnya selama Ramadhan akan disampaikan oleh para asatidz Poltekkes Ykt sebagaimana jadwal berikut ini:
Jadwal Kultum Dhuhur Ramadhan 1431

No comments:

Post a Comment