Tuesday, September 28, 2010

SELAMAT TINGGAL DEPKES, SELAMAT TINGGAL PERIODE 2006-2010...

Perubahan/pergantian nama institusi ternyata tidak sesederhana ungkapan sang pujangga, William Shakespeare, “Apalah arti sebuah nama”. Terlebih jika pergantian nama itu terkait dgn nama dari sebuah institusi vertikal yg menasional. Pastilah persoalannya menjadi sebuah rentetan cerita yg panjang, dan berkonsekwensi terhadap banyak hal, termasuk terhadap Unit2 Pelaksana Teknis (UPT) dari institusi vertikal tsb.

Hal ini terbukti pada perubahan nama dari Departemen Kesehatan RI (Depkes) menjadi Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes). Pemerintah melalui Peraturan Presiden No. 47/2009 tentang Pembentukan dan Organisasi Kementerian Negara yang dikeluarkan pada 3 November 2009, mengubah semua bentuk Departemen, Kantor Menteri Negara dan Kantor Menteri Koordinator menjadi Kementerian Negara. Pembentukan dan organisasi Kementerian Negara itu sebenarnya berlaku sejak UU No 39/2008, yang dipertegas dengan Perpres tsb.

Pekerja sedang memperbaiki nama Auditorium Baru Poltekkes Ykt di Komplek Asrama I Gadingan yg sebelumnya masih menggunakan kata-kata "Depkes"

Meskipun Perpres telah berlaku sejak 3 November 2009, namun hingga kini masih banyak nama, lambang, papan nama institusi, dan kop surat bertuliskan "Depkes" yg belum diganti. Memang perubahan itu perlu waktu, apalagi utk merubah itu semua memerlukan biaya yg tidak sedikit pula. Jajaran Pudir III (Bidang Kemahasiswaan) termasuk pionir dan pihak yg intensif dalam mendorong perubahan/pergantian nama Poltekkes "Depkes" Ykt menjadi Poltekkes "Kemenkes" Ykt, meskipun dlm proses surat menyurat masih menggunakan cap dan kop surat bertuliskan "Poltekkes Depkes Yogyakarta".

Secara bertahap, jajaran Poltekkes Kemenkes Ykt yg lain, termasuk ke-6 Jurusan di lingkungan Poltekkes Kemenkes Ykt juga telah melakukan perubahan/pergantian nama, lambang, papan nama institusi, dan kop surat dengan "Kemenkes". Hal ini dapat terlihat pada pagar nama kampus Terpadu Poltekkes Kemenkes Ykt (di sisi Jl. Tata Bumi), Tugu nama Kampus Poltekkes, dan papan nama masing2 Jurusan.

Pekerja sedang menyelesaikan pemasangan kembali papan nama Jurusan Kes. Lingkungan yg telah diganti dgn "Kemenkes".

Tugu nama Kampus dan Jurusan di lingkungan Poltekkes Ykt yg telah berganti dgn "Kemenkes".

Terkait dgn perubahan nama institusi tsb, dan terjadi pula peralihan kepemimpinan serta pergantian pejabat di lingkungan Poltekkes Kemenkes Ykt utk periode 2010-2014, maka papan informasi tentang Struktur organisasi dan Visi-Misi Poltekkes Depkes Ykt yg lamapun turut dirubah dgn Struktur organisasi dan Visi-Misi Poltekkes Kemenkes Ykt yg baru.

Struktur Organisasi Poltekkes Kemenkes Ykt yg baru (periode 2010-2014).

Pekerja sedang memasang papan Visi Misi Poltekkes Kemenkes Ykt periode 2010-2014 yg baru di atas ruang loby kantor Direktorat Potekkes Kemenkes Ykt.

Papan Visi Misi Poltekkes Kemenkes Ykt yg lama (periode 2006-2010) tampak teronggok begitu saja di sisi selatan ruang kantor Jurs. Keperawatan.

Selamat tinggal Depkes, selamat tinggal Periode 2006-2010...
Selamat datang Kemenkes, selamat datang Periode 2010-2014...

No comments:

Post a Comment