Saturday, October 16, 2010

POLTEKKES PIT-PITAN BARENG DINKES KOTA

Hari Ahad/Minggu, 17 Okt 2010 bertempat di Balai Kota Ykt Timoho, komunitas bersepeda Dinas Kes. Kota Ykt (Kumpul Makmur Bicyle Community/KMBC) mengadakan acara "Pit-Pitan Bareng Dinkes Kota". Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka "Orientasi Olah Raga sbg Gaya Hidup Sehat".

Kegiatan ini berlangsung Gratis. Panitia juga menyediakan konsumsi dan doorprize bagi para peserta. Tampak hadir mengikuti kegiatan ini adalah para peserta dari beberapa komunitas bersepeda yg berasal dari instansi/institusi kesehatan yg ada di Yogyakarta seperti: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, BBTKL Ykt, Pasca Sarjana IKM UGM Yogyakarta, RS. Happy Land Ykt, dan Dinkes Kota Ykt.

dr. Choirul Anwar, MKes (Ka. Dinkes Kota Yogyakarta) dgn gaya khas biker sedang menyampaikan sambutan sebelum melepas kegiatan bersepeda

Setelah dibuka secara resmi oleh Ka. Dinkes Kota Ykt, tepat pukul 06.30 WIB, peserta kegiatan sepeda sehat ini dilepas dgn ditandai pengibaran bendera start. Selanjutnya peserta menyusuri jalan2 utama dan jalan2 kampung di seputaran kota Ykt.

Rombongan peserta "Pit2an Bareng Dinkes Kota" saat melintas di Jl. Siliran, Kraton

Adapun rute jalan yg ditempuh adalah sbg berikut: Balaikota Kota Timoho ke kiri --> menyusuri Jl. Kenari --> Perempatan Among Rogo ke Selatan --> Jl. Cendana --> pertigaan TMP Kusumanegara --> pertigaan Sentul ke kiri --> Jl. Taman Siswa --> LP Wirogunan ke kanan --> Jl. Surokarsan --> pertigaan kekiri menuju jembatan ledok Prawirodirjan --> kekiri --> pertigaan ke Barat menuju arah Purawisata --> Plaza Informasi ke kanan --> langsung belok ke kiri Jl. Madyosuro --> pertigaan Jl. Gamelan Kidul ke kanan --> monumen perjuangan Gamel ke kiri --> mentok pertigaan Jl. Siliran ke kanan --> ke kiri Plengkung Gading lurus ke Selatan --> Jl. DI Panjaitan --> pertigaan Jl. Jogokaryan ke kiri --> trafficlight SPBU Jogokaryan ke Timur --> Jl. Menukan --> Pertigaan Karangkajen ke kanan --> pertigaan arah RS Jogja (RSUD) ke kiri --> Perempatan RS Jogja lurus ke Timur --> Jl. Tegalturi --> pertigaan sebelum Jogja Fish Market ke kiri --> Jl. Sidikan --> Tembus Jl. M. Supeno ke kiri --> trafficlight Kali Manunggal ke kanan --> Jl. Veteran --> eks Terminal Umbulharjo ke kiri --> Jl. Pandeyan --> Jl. Glagah Sari --> pertigaan Jl. Kusumanegara ke kanan --> Balaikota Timoho --> Finish.

Setelah lelah berputar2 dengan jarak tempuh -/+ 16 km, para peserta menikmati sejumput
teh panas manis, air kemasan, snack (kacang dan pisang godog) dan nasi (gudeg) kotak. Bersamaan dgn itu, para peserta juga dihibur dgn iringan lagu2 persembahan dari sesama peserta Pit-pitan.

Alhiko, SKM, MPH tampak sedang memanfaatkan Pemeriksaan Tensi pada Stand Pelayanan Kesehatan Gratis oleh Tim Dosen dan Perawat dari Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Ykt.

Bpk. Sugeng, SKp sedang memeriksa EKG pd Kajur Kes. Gigi (Suharjono, SPd, SSiT, MKes).

Pada kesempatan ini, rombongan peserta dari Komunitas Bersepeda Poltekkes Kemenkes Ykt juga ikut berpartisipasi memeriahkan kegiatan ini dgn memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis kepada para peserta. Yankes ini sebagai bentuk pengabdian masyarakat dosen2 Poltekkes Kemenkes Ykt. Pelayanan yg diberikan adalah pemeriksaan rekam jantung (EKG) dan tekanan darah/tensi. Berhubung Panitia tidak menyediakan tempat tidur dan kasur khusus utk pemeriksaan EKG, terpaksa pemeriksaan dilakukan di lantai ruangan rapat Dinkes Kota, dgn beralaskan tikar.

Selanjutnya Panitia melakukan penarikan hadiah door prize, terdiri dari 16 bingkisan hiburan (berupa botol minum, kunci sepeda, bel sepeda, dll) serta 5 helm sepeda Wim Cycle dan 1 helm sepeda ekslusif Polygon.

Bpk. Abd. Majid (dosen J.Keprwtn) tampak berbahagia setelah mendapat 2 bingkisan doorprize

Sejumlah doorprize berhasil dibawa pulang oleh peserta dari Poltekkes Kemenkes Ykt. Peserta yg beruntung mendptkan doorprize antara lain: Bpk. Abd. Majid/J.Keprwtn (2 bingkisan hiburan), Ibu Siti Hani I/JKL (1 bingkisan hiburan & 2 Helm sepeda Wim Cycle), Bpk. Sugeng/J.Keprwtn, dan Bpk. Suratman/J.Analis Kes. ( 1 bingkisan hiburan).

Mari jadikan kegiatan Olah Raga Bersepeda sbg bagian dari Gaya Hidup Sehat kita ... (Orang2 kesehatan!)

No comments:

Post a Comment