IDUL QURBAN PEDULI KORBAN MERAPI - BIDANG KEMAHASISWAAN POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

Latest

Info seputar kegiatan Bidang Kemahasiswaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta

Hubungi Kami

/BANNER 728X90/

Wednesday, November 17, 2010

IDUL QURBAN PEDULI KORBAN MERAPI



Suasana peringatan Idul Adha 1431 H di lingkungan Poltekkes Kemenkes Ykt yg dipusatkan di lapangan Timur Auditorium Lama Jl. Tata Bumi 3, Banyuraden.

Isu Merapi ternyata sangat "bernilai jual" tinggi. Hal ini terbukti pada pelaksanaan Idul Qurban/Idul Adha 1431 H di lingkungan Poltekkes Kemenkes Ykt. Alhamdulillah pada tahun 2010 ini, Panitia berhasil mendapatkan kepercayaan yg luar biasa dari para shohibul qurban yg memiliki kepedulian terhadap pengungsi korban Merapi. Para shohibul qurban tak hanya berasal dari dalam, namun juga dari luar civitas akademika Poltekkes Ykt.

Tercatat sebanyak 17 orang shohibul qurban berhasil disentuh hatinya utk menyumbangkan sebagian dari harta terbaiknya guna pembelian hewan qurban berupa sapi dan kambing. Disamping itu, infak qurban yg berhasil digalang oleh Panitia Qurban dari para karywn/dosen dan mhs Poltekkes Ykt juga melonjak tajam nominalnya dari pada tahun2 sebelumnya. Panitia berhasil membukukan penerimaan uang shohibul dan infak qurban senilai Rp.30.233.200,- Jumlah ini hampir 2x lipatnya perolehan Panitia Qurban th 2009 yg "hanya" Rp.16.260.200,-

Dari jumlah uang shohibul dan infak qurban tsb, Panitia dapat mengadakan 3 ekor sapi dan 2 ekor kambing (masing2 a/n. Sumarmeni dan civitas akademika Poltekkes Ykt). Dari ke-3 ekor sapi tsb, 2 diantaranya murni dari iuran 14 orang shohibul qurban, sedangkan 1 sapi lagi berasal dari infak qurban civitas akademika Poltekkes Ykt. Adapun nama2 shohibul Qurban sapi adalah sbb:
  1. Dr. Lucky Herawati, SKM, MSc
  2. Alhiko, SKM, MPH
  3. Sri Ayumi
  4. Shabina Khairunnisa
  5. Muh. Keitaro Haidar
  6. Soleh Kosela
  7. dr. Supartuti, MKes
  8. Iffah Fatkhiyah Rahmawati
  9. Tri Siswati, SKM, MKes
  10. Suharjono, SPd, SSiT, MKes
  11. drh. Idi Setyobroto, MKes
  12. Joko Susilo, SKM, MKes
  13. Dra. Rr. Ratih Hardisari, MKes
  14. Maria H. Bakri, SKM, MKes
Disamping itu Panitia juga berhasil mendapatkan hewan qurban kambing yg diantarkan langsung oleh shohibulnya sebanyak 3 ekor, yaitu a/n :
  • Ibu Heni Puji W (Kajur Kebidanan),
  • Bpk. Satiman dan Ibu Triviana Maria Damayanti,
  • Mhs Jurs. Analis Kes Poltekkes Ykt.
Dengan demikian, total perolehan hewan qurban pada Th 1431 H/2010 M ini adalah sebanyak 3 ekor sapi dan 5 ekor kambing.

Pudir III (Ir. Roosmarinto, MKes) didampingi Ka. Subbag ADAK, P&SI (Suharyana, SKM), atas nama Panitia menyerahkan 2 kambing qurban untuk dipotong oleh Takmir Masjid yg ada di lingkungan sekitar Kampus Terpadu Poltekkes Ykt.

Dari perolehan hewan qurban tsb, 2 ekor sapi dan 3 ekor kambing disembelih langsung oleh Panitia Idul Adha 1431 H Poltekkes Ykt, sedangkan sisanya disebarkan dlm bentuk hewan qurban kepada :
  • Para pengungsi Merapi yg berada di Posko Pengungsian Balai Desa Margodadi, Seyegan, Sleman, sebanyak 1 ekor sapi,
  • Para pengungsi Merapi yg berada di Posko Pengungsian yg dikelola oleh PWNU Prop. DIY Jl. MT Haryono No. 40/42 sebanyak 1 ekor kambing,
  • Warga masyarakat sekitar Kampus Poltekkes Ykt (Dusun Gadingan dan Dusun Kajor) masing2 sebanyak 1 ekor kambing,

Sapi ke-3 yg berasal dari infak qurban civitas akademika Poltekkes Ykt akan dinaikkan ke mobil setelah diserahterimakan dari Panitia Idul Adha 1431 H Poltekkes Ykt kpd Panitia Dapur Umum Posko Pengungsian Merapi yg berada di Balai Desa Margodadi Sleman.

Seorang mhs Jurs. Gizi dari Sorong Selatan tampak ikut membantu Panitia menguliti hewan qurban (meskipun ybs Non-Muslim).

Ibu2 karyawati Poltekkes Ykt sedang memotong2 dan menimbang daging hewan qurban.

Paket Daging yg diperoleh dari hewan qurban yg dipotong di Poltekkes Ykt selanjutnya di distribusikan kpd para shohibul qurban/ yg mewakili, para petugas/Panitia, warga masyarakat sekitar Kampus Terpadu Poltekkes Ykt yg berhak, serta para pengungsi Merapi yg berada di Posko Pengungsian Auditorium Baru Poltekkes Ykt.

Terima kasih kpd Bpk/Ibu Shohibul qurban dan civitas akademika Poltekkes Ykt yg telah menunjukkan kepeduliannya dgn berqurban utk para pengungsi korban Merapi.

Semoga Allah SWT menerima Ibadah qurban kita semua, dan hewan maupun daging qurban yg kita berikan tsb dapat menghadirkan kebahagian bagi para pengungsi krn mereka merasakan kekuatan ukhuwah & sadaqoh kita semua. Amien...

Mercy !! (Terima Kasih..!!!
)

No comments:

Post a Comment