Wednesday, November 17, 2010

SEMANGAT BERQURBAN PENGUNGSI KORBAN MERAPI

Meskipun masih berada dlm pengungsian, meskipun masih dalam kondisi sulit karena tertimpa bencana Merapi, sebagian dari pengungsi Merapi yg berada di Auditorium Baru Poltekkes Ykt tetap melaksanakan ibadah qurban. Tercatat sebanyak 7 ekor kambing berhasil dikumpulkan oleh para pengungsi, dengan rincian sbb:
  • 4 ekor kambing yg berasal dari warga pengungsi sendiri,
  • 2 ekor kambing sumbangan dari kerabat pengungsi yg berada di Jakarta, dan
  • 1 ekor kambing sumbangan dari Ibu Kartini warga Dusun Kenteng, Gamping, Sleman.
Warga pengungsi Merapi ini mengikuti waktu pelaksanaan Idul Adha 1431 H sesuai ketetapan Pemerintah, yaitu pada Hari Rabu, 17 Nov 2010. Sehari sebelumnya (malam Rabu, 16 Nov 2010) warga pengungsi juga telah mengadakan acara takbiran bersama di dalam Auditorium Graha Bina Husada.

Para pengungsi pun bersepakat menyelenggarakan Sholat Idul Adha sendiri bertempat di dalam Auditorium Graha Bina Husada Poltekkes Ykt... Rumah Besar tempat pengungsian mereka. Sebuah sholat Id yg mengharukan & bersejarah. "Mengharukan" karena diselingi isak tangis (khususnya pada jamaah putri), karena mereka masih dapat melaksanakan sholat Idul Adha meski di tempat pengungsian/ bukan di kampung halamannya tercinta di Dusun Wonosari Bangunkerto, dan Dusun Kembangarum Donokerto Kec. Turi, Kab. Sleman. "Bersejarah" krn ini adalah baru pertama kalinya diadakan sholat Idul Adha di dalam Audit baru Poltekkes Ykt ini.

Ternyata kehadiran para pengungsi di Auditorium Baru Poltekkes Ykt ini menambah panjang daftar manfaat kehadiran Auditorium ini, yaitu selain sbg tempat wisuda, PPS, Seminar, Uji kompetensi, Rapat, Olah raga, mantenan, juga sbg tempat pengungsian plus sbg tempat sholat Id.

Khotib sedang menyampaikan khutbahnya dihadapan jamaah sholat Idul Adha

Jamaah sholat Id sedang menyimak khutbah.

Sholat Idul Adha dimulai tepat pukul 06.30 WIB, dgn imam dan khotib khutbah Id berasal dari pemuka agama yang ada diantara para pengungsi sendiri. Tampak hadir pula dlm barisan jamaah sholat Idul Adha adalah Bpk/Ibu & Putra/Putri keluarga pengungsi, para mahasiswi dari Asrama I Poltekkes Ykt, Alhiko & kelg, serta sebagian kecil dari warga Gadingan yg rumahnya berada di depan Auditrm Baru.



Jamaah putra saling bersalaman/bermaaf-maafan satu sama lain diatas panggung Audit Baru.

Jamaah putri tampak saling bersalaman dan berpelukan setelah sholat Id.

Setelah sholat Id ditegakkan, para jamaah saling bersalaman/bermaaf-maafan satu sama lain (jamaah putra sendiri, dan jamaah putri sendiri). Selanjutnya dilaksanakan penyembelihan hewan qurban di lahan kosong sebelah Selatan Auditorium Baru.

Bpk2 warga pengungsi tampak sedang mengeleti daging kambing qurban.

Semua warga pengungsi terlibat aktif dlm membantu penyembelihan, pengeletan, dan pemotongan daging qurban. Para Ibu2 dan remaja putri membantu menyiapkan masakan dari daging qurban yg ada untuk santap siang dan malam pengungsi sendiri.

Relawan kesehatan dari Poltekkes Surabaya tampak ikut nyate bersama warga pengungsi.

Jika para pengungsi Merapi yg berada dlm kondisi kesulitan saja bisa melaksanakan qurban , bagaimanakah lagi dgn kita yg tidak sedang diuji dgn musibah ini ?! Semangat berqurban para pengungsi patut dicontoh oleh kita semua...

Lagu gubahan mereka mungkin kurang lebih sperti ini: "Disini berqurban, disana berqurban, dimana2 kami akan slalu berqurban... ! "

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1431 H. Semoga pengorbanan kita diterima oleh Allah SWT... Amien !!!

No comments:

Post a Comment