Thursday, December 9, 2010

MENGABADIKAN AKSI PEDULI MERAPI MENJADI SEBUAH BUKU

Pada akhir bulan Oktober 2010 sampai dengan awal bulan November 2010 telah terjadi bencana letusan G. Merapi yg berada di sekitar Prop. DIY dan Jateng. Peristiwa ini telah menyedot perhatian dari seluruh masyarakat Indonesia. Luasnya dampak letusan dan intensifnya liputan dari berbagai media masa cetak dan elektronik telah menggugah simpati dari seluruh lapisan masyarakat Indonesia hingga mancanegara. Berbagai bentuk bantuan pun kemudian mengalir deras dari individu, organisasi, instansi dan pemerintah negara lain.

Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta melalui website yg dimilikinya juga turut berperan aktif mewartakan peristiwa meletusnya Gunung Merapi tsb dan upaya2 penanganan yg telah dilakukan oleh civitas akademikanya melalui kegiatan ”citizen jurnalism” pada weblog :
http://kemahasiswaanpoltekkesjogja.blogspot.com

Sejumlah posting yg telah ditulis/diupload sejak tgl 26 Okt –s/d – 30 Nov 2010 di weblog tsb berusaha didokumentasikan dalam bentuk hardcopy (sebuah buku) agar dapat dibaca pula oleh lapisan masyarakat lainnya yg lebih luas. Artikel/posting yg dituliskan disini tersusun secara historis, dimana artikel yg lebih lama berada di halaman2 awal buku sedangkan artikel terbaru berada di halaman2 akhir.

Buku setebal 71 halaman ini ditulis oleh Abdul Hadi. K, SKM, MPH (Blogger Poltekkes Jogja, Admin Website kemahasiswaanpoltekkesjogja. blogspot. com). Buku ini telah "melanglang buana" ke seluruh Indonesia, karena telah disebarluaskan / didistribusikan kepada para pejabat di Badan PPSDM Kes. Kementerian Kesehatan RI dan 33 orang Direktur Politeknik Kesehatan Kemenkes RI dalam berbagai forum pertemuan nasional.

Terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak, khususnya kepada Direktur Poltekkes Kemenkes Ykt, yang telah banyak memberikan motivasi, koreksi, dan fasilitasi sehingga buku ini dapat terwujud. Kritik, saran dan nasehat bagi perbaikan buku ini sangatlah kami nantikan.

Berikut ini kami tampilkan isi dari buku tsb. Selamat membaca, Semoga buku yang sederhana ini dapat bermanfaat.
Kegiatan Relawan Politeknik Kesehatan Dalam Penanganan Korban Bencana Letusan Gunung Merapi

No comments:

Post a Comment