Friday, February 11, 2011

KERJA BAKTI ASRAMA I

Penghuni Aspa (Asrama Putra) tampak sedang membersihkan saluran air hujan sekitar Asrama Mhs I (sisi Utara).

Dalam rangka memelihara kebersihan lingkungan dan mencegah terjadinya penularan penyakit yg dapat ditularkan melalui perantaraan vektor dan binatang pengganggu, maka pada hari Rabu, 9 Februari 2011 telah diadakan kerja bakti oleh para mhs penghuni Asrama I Poltekkes Ykt yg beralamat di Gadingan, Banyuraden, Gamping, Sleman, Ykt. Kerja bakti ini berlangsung pada pukul 16.00 – 17.30 WIB.

Kegiatan kerja bakti ini dilaksanakan atas inisiatif dari sebagian mahasiswa putra yang prihatin terhadap keadaan bagian belakang Asrama I yang kotor dan tak kunjung-kunjung dibersihkan oleh petugas kebersihan Asrama I. Menanggapi hal tersebut, Derajat Prasojo selaku lurah Asrama I mengajak teman2 mahasiswa penghuni Asrama Putra (Aspa) yang lain -baik dari Program D3 Kelas Khusus Sorong maupun Non Sorong- serta mahasiswa Prodi D4 untuk kerja bakti.

Mhs dari Prodi D-IV dan Prodi D-III (termasuk Klas Khusus Sorong Papua) tampak bahu-membahu merapikan rerumputan dan tanaman yg ada.

Lokasi kerja bakti diprioritaskan pada bagian belakang Aspa (Asrama Putra), khususnya sekitar tempat jemuran baju dan parit. Pada tempat jemuran banyak sekali ditemukan sampah yg berserakan dan baju tak bertuan yang bergelantungan. Sedangkan pada parit, tertutupi oleh debu vulkanik Merapi yg beberapa bulan sebelumnya mengalami erupsi.

Mengingat pada saat ini sering turun hujan, air dapat menggenang karena parit yang tak dapat mengalir, sehingga berpotensi sebagai tempat perindukan nyamuk. Kerja bakti dilakukan dengan menggunakan alat-alat kebersihan seperti cangkul, sabit, sekop, cetok, dan sapu.

Mengingat keterbatasan tenaga, waktu dan jumlah alat yang ada untuk melakukan kerja bakti, maka bagian Asrama I yg dihuni oleh mahasiswi (Astri dan Aspi) sementara ini belum sempat dibersihkan pula. Direncanakan Astri dan Aspi akan dijadikan sebagai sasaran kerja bakti pada kesempatan selanjutnya.

Bersama2 menikmati sejumput teh, sebatang tebu, dan pisang goreng seusai bekerja bakti.

Mari peduli kebersihan lingkungan sekitar kita... Jangan hanya berharap/menggantungkan kepada petugas kebersihan yg ada (karena pasti akan kecewa !) Kesehatan kita tanggungjawab kita sendiri utk menjaganya.

Inga-Inga... mencegah lebih mudah, lebih murah daripada mengobati !!!

No comments:

Post a Comment