Sunday, February 13, 2011

PENGABDIAN MASYARAKAT SBH KEPADA KORBAN LAHAR DINGIN

Apel /briefing kepada peserta sebelum berangkat ke lokasi.

Melanjutkan posting sebelumnya tentang rekrutment relawan yg telah upload DISINI, maka pada Hari Ahad/Minggu, 13-Feb-2011 sebanyak 50 orang mhs SBH (Saka Bakti Husada) Poltekkes Ykt terpilih telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat (pengabmas) di daerah Salam, Magelang, Jawa Tengah.

Dengan menggunakan 2 unit bus Poltekkes Ykt, para mahasiswa dan dosen pendamping berangkat ke lokasi bencana dari halaman Kampus Terpadu Poltekkes Ykt, Jl. Tata Bumi No. 3, Banyuraden, Gamping, Sleman, Ykt.

Turut hadir mendampingi kegiatan pengabmas ini adalah Ir. Roosmarinto, MKes (Pudir III), Abd. Hadi. K, SKM, MPH (Kour Kemahasiswaan Poltekkes Ykt), drh. Idi Setyobroto, MKes (Pembina kegiatan SBH), serta Bpk. Kamat Kartono, SPd, MSi dan Bpk. Haryana, SKM, MKes (Dosen JKL Poltekkes YKt).

Dahsyatnya terjangan banjir lahar dingin yg membawa pasir dan bebatuan besar telah merusak dan membelah ruas jalan yg ada hingga sedalam -/+ 8 m.

Fokus kegiatan pengabdian masyarakat kali ini adalah di 2 lokasi barak pengungsian Desa Jamuskauman Kec. Ngluwar dan di Desa Sirahan Kec. Salam yg tertimpa bencana lahar dingin. Di lokasi pengungsian Tersan Gede dan Jamus Kauman tsb, sebagian dari mhs dan dosen pendamping dari JKL melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan kesehatan lingkungan kepada warga masyarakat penghuni barak. Sebahagian lagi dari mhs SBH Poltekkes Ykt juga menyelenggarakan kegiatan Lomba Menggambar/Mewarnai bagi anak2 usia sekolah bertempat di SDN Jamus 01. Sisanya, sebagian lagi dari mhs Putra dan dosen pendamping melaksanakan kegiatan pembersihan rumah warga yg tertimbun pasir dan lumpur lahar dingin di Dusun Sirahan. Acara pengabmas ini berlangsung sejak pukul 09.00 - 13.00 WIB.

Mbak Nana sedang menghibur anak2 warga pengungsi sebelum mereka mengikuti kegiatan Lomba Menggambar/Mewarnai.

Para warga pengungsi (umumnya adalah ibu2) tampak sedang menyimak penyuluhan Kesehatan Lingkungan yg disampaikan oleh Dosen dan Mhs SBH Poltekkes Ykt.

Bpk. Abd. Hadi K memimpin langsung pembersihan rumah salah satu warga Sirahan yg tertimbun lahar dingin Merapi.

Kegiatan seperti ini sangat diharapkan oleh warga masyarakat yg ditimpa musibah karena umumnya mereka tidak punya cukup tenaga/daya, waktu dan dana utk membersihkan material yg menimbun rumah2 & lingkungan bahkan masa depan mereka.

Kapan ya civitas akademika Poltekkes Ykt bisa kembali ke lokasi bencana sbg relawan ?! Saat Dies Natalies, kah?!? Semoga ...

No comments:

Post a Comment