Thursday, March 10, 2011

KURSUS SPSS DI ASRAMA I POLTEKKES YKT

Pserta kursus hari I tengah menyimak penyampaian materi.

Selama 3 hari, dari Hari Senin - Rabu, tgl 7-9 Mrt 2011, pukul 20.00 - 21.00 WIB, bertempat di Aula Asrama Mhs I Poltekkes Kemenkes Ykt Jl. Gadingan Banyuraden, Gamping, Sleman, Ykt, telah dilangsungkan kegiatan "Kursus Singkat Program SPSS bagi Kelayan Asrama Mhs I Poltekkes Ykt". Sebagaimana diketahui, Kelayan Asrama Mhs I terdiri dari para mhs Kampus Terpadu Poltekkes Ykt yg berasal dari Jurs. Gizi, Keperwatan, dan Kes.Lingk.

Bpk. Alhiko saat menjelaskn tentang pembacaan kesimpulan dari output analisis regresi.

Program SPSS for Windows dipilih sbg materi kursus singkat karena kebutuhan para mhs untuk dapat menguasai/mengoperasikan salah satu paket program/ software komputer yg digunakan utk analisis statistik, manipulasi data dan membuat tabel serta grafik dari data. Software ini juga paling lengkap & banyak dipakai di dunia. Dengan menguasai paket program SPSS, diharapkan para mhs khusus nya yg tinggal diasrama dpt terbantu dlm menganalisis data penelitian KTI (bagi mhs D3) maupun Skripsi (bagi mhs D4) nanti.

Para mhs peserta kursus -termasuk 3 orang mhs Sorong Papua- tampak sedang asyik mengentry data.

Kegiatan kursus singkat ini direncanakan dan diselenggarakan oleh pengurus Asrama Mhs I Th 2011 yg diketuai oleh Sdr.Drajat Prasojo, dkk. Kegiatan yg baru pertama kali diselenggarakan ini didanai dari uang sewa asrama mhs. Dengan demikian, bersifat Gratis/terbuka bagi semua warga Asrama Mhs I, baik mhs yg berasal dari Prodi D3 maupun D4, mhs yg berasal dari Sorong-Papua maupun mhs dari daerah2 lainnya.

Sehubungan dgn banyaknya kesibukan para mhs, sehingga jumlah mhs asrama yg dpt mengikuti kegiatan kursus SPSS ini -/+ 40 orang saja. Itupun jumlahnya berubah2 setiap pertemuan.

Untuk mengikuti kursus singkat ini, setiap peserta diharapkan membawa laptop masing2 yg telah terinstal dgn program SPSS for Windows versi 15,0 atau versi lain yg lebih tinggi.

Materi yg disampaikan dlm kursus singkat ini meliputi: Pengenalan SPSS for Windows 15,0, mendefinisikan variabel, entry data, Analisis statistik deskriptif dan inferensial (baik parametrik, maupun non parametrik), hingga langkah2 pembuatan tabel dan grafik.

Setiap peserta kursus mendptkan fotocopy modul kursus yg telah dipersiapkan sebelumnya oleh pemateri. Bertindak selaku pemateri pd kegiatan kursus singkat SPSS ini adalah Bpk. Abd. Hadi. K, SKM, MPH (dosen Statistik Jurs. Kes.lingk/Kour Kemahswn Poltekkes Ykt).

Semoga kegiatan serupa dpt dilaksanakan kembali di waktu2 mendatang, dan dapat pula ditiru/ direplikasikan di Asrama Mhs Poltekkes Ykt lainnya (Asrama mhs II/Jurs. Kebidanan, dan Asrama mhs III/Jurs. Kes. Gigi) maupun di asrama2 mhs lainnya.

Tanpa adanya kegiatan/kesibukan yg positif, pastilah mhs akan disibukkan oleh kegiatan2 yg negatif/tidak bermanfaat ukt menambah ilmu, wawasan, ketrampilan, pengalaman & kematangan diri, semisal: bermalas2an/ tidur di kmr, nongkrong2 di parkiran/nonton TV, pacaran, dst..).

Selamat kepada para peserta kursus SPSS, smoga setelah mengikuti kursus singkat ini dapat semakin baik penguasaan program SPSS-nya.... Amien...

No comments:

Post a Comment