Sunday, July 3, 2011

"PERKAYA POTENSI DIRI DI KAMPUS POLTEKKES JOGJA"

Tahun 2011 ini, ratusan ribu lulusan sekolah menengah atas (SMA) dan yang sederajat akan menyicipi serunya kuliah. Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal punya tips agar para mahasiswa baru ini sukses di dunia kampus.

Menurut Fasli, mahasiswa yang sejak awal memiliki peta jalan tentang apa yang akan dia lakukan, akan lebih sukses dibandingkan mereka yang menjalani perkuliahan tanpa rencana.

"Karena itu, selain serius mengikuti kuliah, para mahasiswa hendaknya memiliki pegangan tentang apa yang ingin mereka capai selama di kampus," kata Fasli ketika dihubungi okezone, Rabu (29/6/2011) malam.

Mantan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) ini mengimbuhkan, pengalaman belajar tidak hanya didapat di dalam kelas, banyak pelajaran bisa diserap mahasiswa dari kegiatan di luar kelas.

"Ikutilah berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang ada di kampus. Pilihlah kegiatan-kegiatan yang memang akan membantu kalian meningkatkan kompetensi dan potensi diri," katanya.

Di Poltekkes Kemenkes Ykt terdpt sejumlah UKM (Unit Kegiatan Mhs) yg menampung minat dan bakat para mhs, seperti SBH (Saka Bakti Husada), SKI (Sentra Kerohanian Islam), Tari, Riset, Mapala (Mhs Pencinta Alam), Taekwondo, Futsal, Teater, dll.

Fasli mencontohkan, selain kegiatan ekstrakurikuler tadi, mahasiswa juga sebaiknya rajin mengikuti berbagai seminar atau kuliah umum untuk memperluas cakrawala pemikiran mereka. "Mengikuti berbagai program magang juga sangat bermanfaat untuk menumbuhkan kesadaran akan dunia kerja di benak mahasiswa," dia mengimbuhkan.

Pemilik gelar dokter ini juga menuturkan, selain meningkatkan kompetensi diri, para mahasiswa juga harus responsif terhadap berbagai situasi terkait dunia kerja.

"Mahasiswa harus mulai membangun dunia usaha, belajar jadi entrepreneur sejak muda dengan meningkatkan pengetahuan, kompetensi, dan jaringan," kata Fasli menegaskan. (Rifa Nadia Nurfuadah)

Sumber: http://kampus.okezone.com/read/2011/06/29/373/474047/perkaya-potensi-diri-di-kampus

No comments:

Post a Comment