Thursday, August 18, 2011

SANDY DAN KOMPETISI KTI : Umami - Rasa Dasar Kelima

Sandy Ardiansyah (Batik coklat No. 2 dari Kanan) berpose bersama pemenang LKTI Nasional Ajinomoto

Bekerjasama dengan Persatuan Ahli Gizi Indonesia, PT. menyelenggarakan kompetisi Karya Tulis Ilmiah yang diperuntukkan bagi mahasiswa gizi dan kesehatan di beberapa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) di Indonesia, termasuk Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Ajang kompetisi ini bertema umami - Rasa Dasar Kelima. Proses seleksi dilaksanakan di 10 kota berbeda di Indonesia (Jakarta, Malang, Medan, Aceh, Kendari, Makassar, Jogjakarta, Semarang, Padang, dan Banjarmasin), dan diikuti oleh total 58 mahasiswa/i.

Ajang final kompetisi selanjutnya dilaksanakan di Pabrik PT. Ajinomoto Indonesia - Mojokerto pada tgl 26 Juli yang lalu. 10 Finalis yang terpilih, diharuskan mempresentasikan lagi hasil karya tulisnya dihadapan para juri yang terdiri dari Prof. Hardinsyah, MS, Dr. Atmarita, MPH dan Dr. Rizal Damanik, Ph.D.

Dari hasil penjurian, akhirnya ditetapkan 3 finalis terbaik yang merupakan pemenang yaitu:
1. Sandy Ardiansyah - "Tingkat Pengetahuan, Persepsi dan Perilaku Mahasiswa Jurusan Gizi Sebagai Upaya Deteksi Dini Menghadapi Kepopuleran Umami dalam MSG" - Poltekkes Jogjakarta
2. Eirene Cerya Nainggolan - "Umami is Yummi" - Poltekes Medan.
3. Asep Fery Deni Septian - "Pemanfaatan Limbah Kepala Udang Sebagai Sumber Umami pada Diet Rendah Garam dalam Rangka Meningkatkan Asupan akanan pada Penderita Hipertensi - Poltekkes Malang.

Bukan hanya berkompetisi, pada kesempatan yang sama, para finalis dan juga pendamping baik dari DPP PERSAGI, maupun dari DPD diberi kesempatan untuk menyaksikan secara langsung proses produksi produk-produk Ajinomoto.
Rangkaian acara akhirnya ditutup dengan malam penganugerahan pemenang yang diselenggarakan di Hotel Novotel Surabaya, dihadiri oleh Ketua Umum Persagi Dr. Minarto, MPS dan Presiden Direktur PT. Ajinomoto Sales Indonesia, Mr. Taro Komura.


Sumber rujukan:

1. Website: http://www.ajinomoto.co.id/page.php?keyLink=MEDIA_ROOM&subKey=NEWS_DETAIL&id=51&idLang=INA
3. Album Facebook Pak Hendra Jogja
4. Album Facebook Sandy Ardiansyah

No comments:

Post a Comment