Sunday, November 27, 2011

AKHIRNYA, MAHASISWAPUN PUNYA "SENAT"

Sekaitan dgn rencana Poltekkes Kemenkes Ykt Alih Bina dari Kementerian Kesehatan RI ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI serta dalam rangka Pengembangan Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta Menjadi Insitut Kesehatan Negeri Yogyakarta (IKNY), maka hal ini juga berimplikasi kepada organisasi kemahasiswaan yg selama ini telah ada di lingkungan Poltekkes Kemenkes Ykt .

Poltekkes Kemenkes Ykt juga telah menyelenggarakan 2 kali kegiatan Workshop untuk persiapan dokumen alih bina dan perubahan kelembagaan tsb. (Silahkan klik DISINI untuk membaca posting sebelumnya ttg kegiatan workshop tsb). Direncanakan Workshop ke-3 akan dilaksanakan di Hotel Galuh Jln Manisrenggo Km. 01 Tlogo, Prambanan, Klaten pada Hari Senin- Rabu, tgl 28 - 30 Nov 2011. Ketiga Workshop tsb juga menyertakan/mengundang unsur mhs melalui perwakilan pengurus BLM, BEM, dan BKM.

Sebagaimana telah diketahui, organisasi kemahasiswaan yg ada di lingkungan Poltekkes Kemenkes Ykt saat ini adalah sbb:
  • BLM/Badan Legislatif Mahasiswa, sbg lembaga legislatif . Berada di tingkat Direktorat Poltekkes Ykt.
  • BEM/Badan Eksekutif Mahasiswa, sbg lembaga eksekutif . Berada di tingkat Direktorat Poltekkes Ykt dan di masing2 jurusan di lingkungan Poltekkes Ykt (Analis Kes., Gizi, Kebidanan, Keperawatan, Kes. Gigi dan Kes. Lingkungan).
  • UKM/Unit Kegiatan Mahasiswa, sbg lembaga yg berada di bawah BEM untuk mewadahi kegiatan mhs sesuai minat dan bakatnya masing2, sperti UKM Saka Bakti Husada/SBH, UKM Riset, UKM Sentra Kerohanian Islam/SKI, UKM Taek Won Do, UKM Mapala, UKM Teater, UKM Tari, dll.
  • BKM Bina Artha Husada, sbg lembaga yg mengelola keuangan mhs. Berada di tingkat Direktorat Poltekkes Ykt.
Organisasi kemahasiswaan yg ada di lingkungan Poltekkes Kemenkes Ykt tsb akan mengalami penataan kembali, dalam hal tupoksi (tugas pokok dan fungsi) termasuk juga penamaannya. Hal ini dalam rangka penyesuaian dengan ketentuan yg ada, serta untuk persiapan jika nantinya Poltekkes Ykt telah berubah menjadi Institut Kesehatan Negeri Yogyakarta (IKNY).

Sehubungan dgn hal tsb, pada hari Kamis, 24 Nov 2011, pukul 15.30 - 17.00 WIB, bertempat di Ruang Kelas “Watsan” Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Ykt telah dilaksanakan Rapat pembentukan Senat Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Ykt. Acara ini dihadiri oleh 27 orang mhs/wi perwakilan dari Ketua, Sekretaris, dan Bendahara dari BLM, BEM Direktorat, BEM-BEM Jurusan, dan BKM.

Tampak pula hadir dlm kegiatan bersejarah tsb adalah Pudir III Poltekkes Kemenkes Ykt, Koord. Urusan Kemhswn, Bpk/Ibu dosen pendamping dari Jurusan (Ibu Siti Nuryani dari Jurs. Analis Kes.; Bpk Idi. S dari Jurs. Gizi; Ibu Harmilah dari Jurs. Keperawatan; Ibu Etty Yuniarty dari Jurs. Kes. Gigi; dan Bpk Sigit Sudaryanto dari Jurs. Kes. Lingkungan).

Pertemuan tersebut menyepakati terbentuknya Senat Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Ykt sebagai lembaga tertinggi bidang legislatif yg anggotanya merepresentasikan seluruh komponen organisasi kemhswn yg ada di Poltekkes Ykt. Pertemuan tsb juga menyepakati perubahan nama BEM Jurusan menjadi Himpunan Mahasiswa/ HIMA Jurusan. Sedangkan BEM Direktorat akan tetap namanya menjadi BEM (tanpa embel2 kata "Direktorat", red.).

Selanjutnya, sebagai bentuk dukungan Senat Mhs Poltekkes Kemenkes Ykt dlm proses alih bina dan perubahan kelembagaan Poltekkes Ykt menjadi IKNY, maka telah dihasilkan pula dokumen:
  • Berita Acara Rapat Senat Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta tentang Persetujuan Pengembangan Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta Menjadi Institut Kesehatan Negeri Yogyakarta (IKNY),
  • Berita Acara Rapat Senat Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta tentang Persetujuan Alih Bina Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta dari Kementerian Kesehatan RI ke Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI,
  • Surat Pernyataan tidak ada perselisihan antara Senat Mahasiswa dengan Lembaga Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta.
Dokumen tsb selanjutnya diserahkan kpd Panitia Workshop Poltekkes Ykt guna melengkapi berkas persyaratan alih bina dan perubahan kelembagaan Poltekkes Ykt menjadi IKNY.

No comments:

Post a Comment