Saturday, November 26, 2011

ADA APA DENGAN MHS POLTEKKES JOGJA ASAL PAPUA?

Jika kita amati, semenjak tanggal 19 Nov 2011 sejumlah 16 orang mhs/wi Papua khususnya mhs Jurusan Keperawatan Poltekkes Ykt tidak lagi terlihat hilir-mudik di Asrama I dan Kampus Terpadu Poltekkes Ykt.

Ternyata hal tsb terkait dgn surat permohonan ijin dari para sesepuh mhs/wi Papua-Sorong Selatan yg diwakili oleh 3 orang tokohnya, yaitu: dr. Felix Duwit, Herit Any, SE dan Otis Kalilago, SE. Adapun isi surat permohonan ijin yg ditujukan kpd Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan ditembuskan ke Ketua Jurusan Keperawatan tsb adalah sbb:

Sehubungan dengan gejolak politik yg sedang terjadi di tanah Papua dan puncaknya yg akan terjadi pd tgl 1 Desember 2011, maka para mhs/wi Poltekkes Ykt asal Sorong Selatan Papua untuk sementara waktu kembali ke Papua. Diharapkan nanti tidak terjadi hal2 yg luar biasa sehingga mhs/wi akan segera kembali ke Yogyakarta dgn kapal laut pd tgl 7 Desember 2011.

Beberapa pertimbangan yg mendasari keputusan mhs/wi untuk sementara wkt kembali ke Papua berkaitan dgn situasi politik yg sedang terjadi adalah sbb:
  1. Beberapa mhs/wi Papua telah mengalami teror dari orang2 yg tidak dikenal.
  2. Beberapa kejadian terdapat mhs Papua yg meninggal dgn cara mengenaskan.
  3. Sikap Paguyuban Masyarakat Papua di Yogyakarta dlm menghadapi situasi ini telah bertemu dgn Sri Sultan Hamengkubuono ke X untuk minta perlindungan dan Sri Sultan telah menyatakan untuk memberikan jaminan keamanan bagi warga Papua di Yogyakarta. Namun seruan dari Paguyuban Masyarakat Papua di Yogyakarta agar semua warga Papua untuk sementara wkt kembali dulu ke Papua.
  4. Seruan juga datang dari semua orang tua mhs/wi Papua, agar anak2nya kembali ke Papua dulu untuk sementara wkt, sambil mengikuti perkembangan pada tgl 1 Des 2011.
Mari kita doakan, semoga sdr/i kita mhs/wi Poltekkes Kemenkes Ykt asal Papua yg pulang kampung diberi keselamatan dan dapat segera kembali dgn selamat pula ke Ykt utk menyelesaikan studi mereka yg tinggal beberapa semester saja.

Mhswi Jurs. Kebidanan Poltekkes Ykt asal Papua saat bercengkrama di Alun2 Selatan.

Papua butuh tenaga kesehatan handal untuk membenahi sektor kesehatan di Papua yg masih tertinggal.. Semestinya mereka-mhs Poltekkes Ykt- tidak diprovokasi dan ditarik2 ke ranah politik oleh pihak2 yg tidak berniat baik/ ingin menciptakan kekeruhan/disintegrasi.

Mari Selamatkan Papua...! Papua adalah bagian dari NKRI, Papua adalah Saudara kita smua! Let's Save Papua !!

No comments:

Post a Comment