Friday, March 9, 2012

EVALUASI KINERJA JURUSAN

Dalam management, evaluasi adalah bagian yg penting dan harus dilakukan pada sebuah organisasi. Poltekkes Ykt sebagai sebuah organisasi juga melakukan proses evaluasi. Sejak bulan Januari 2012, Pimpinan Poltekkes Ykt telah mengagendakan evaluasi kinerja Jurusan di lingkungan Poltekkes Ykt yg dijadwalkan per bulan.

Waktu pelaksanaannya pun sudah ditetapkan/disepakati, per bulannya, yaitu :
  • tgl 1 utk Jurs. Analis Kes,
  • tgl 2 utk Jurs. Gizi,
  • tgl 3 utk Jurs. Kebidanan,
  • tgl 4 utk Jurs. Keperawatan,
  • tgl 5 utk Jurs. Keperawatan Gigi,
  • tgl 6 utk Jurs. Kes. Lingkungan,
Jika pada tanggal yg telah ditetapkan tsb jatuh di luar hari kerja (Hari Sabtu / Minggu, dan / hari libur/tgl merah), maka pelaksanaan evaluasi kinerja jurusan jadwalnya diundurkan/ bergeser harinya.

Ditilik dari definisinya, Kinerja adalah hasil seseorang secara keseluruhan selama periode tertentu di dalam melaksanakan tugas, seperti standar hasil kerja, target atau sasaran atau kriteria yang telah ditentukan terlebih dahulu dan telah disepakati bersama.(Rivai & Basri, 2004: 14 ). Sedangkan Evaluasi Kinerja adalah suatu metode dan proses penilaian dan pelaksanaan tugas seseorang atau sekelompok orang atau unit-unit kerja dalam satu perusahaan atau organisasi sesuai dengan standar kinerja atau tujuan yang ditetapkan lebih dahulu. Evaluasi kinerja merupakan cara yang paling adil dalam memberikan imbalan atau penghargaan kepada pekerja.

Tujuan evaluasi kinerja adalah untuk menjamin pencapaian sasaran dan tujuan perusahaan dan juga untuk mengetahui posisi perusahaan dan tingkat pencapaian sasaran perusahaan, terutama untuk mengetahui bila terjadi keterlambatan atau penyimpangan supaya segera diperbaiki, sehingga sasaran atau tujuan tercapai. Hasil evaluasi kinerja individu dapat dimanfaatkan untuk banyak penggunaan, yaitu:
  • Peningkatan kinerja
  • Pengembangan SDM
  • Pemberian kompensasi
  • Program peningkatan produktivitas
  • Program kepegawaian
  • Menghindari perlakuan diskriminasi
Pada bulan Maret 2012 -sampai dengan posting ini ditulis- telah dilaksanakan evaluasi kinerja di Jurusan Analis Kes (tgl 1 Maret 2012), Jurusan Gizi (tgl 2 Maret 2012), dan Jurusan Kebidanan (tgl 9 Maret 2012). Kegiatan evaluasi kinerja jurusan berlangsung dalam bentuk forum rapat yg dihadiri oleh seluruh karyawan/dosen & tenaga kontrak di jurusan tsb, dan dihadiri pula oleh pejabat/perwakilan dari Direktorat Poltekkes Ykt.

Pejabat/ perwakilan dari Direktorat Poltekkes Ykt yg hadir di rapat evaluasi kinerja masing2 jurusan telah pula dibuat jadwalnya. Jadi, tidak setiap rapat evaluasi kinerja di ke-6 jurusan akan dihadiri oleh Direktur & Pudir 1-2-3 Poltekkes Ykt, mengingat padatnya jadwal acara para pimpinan tsb. Jika Pudir I tdk dpt hadir, maka diwakili oleh Ka Subbag ADAK / yg mewakili, jika Pudir II tdk dpt hadir, maka diwakili oleh Ka Subbag ADUM / yg mewakili, dan jika Pudir III tdk dpt hadir, maka diwakili oleh Kour Kemahasiswaan / yg mewakili.

Kasubbag ADUM, Kour Kemahasiswaan dan Kour Akademik hadir pada rapat evaluasi kinerja di Jurs. Keperawatan (7 Mrt 2012)

Evaluasi kinerja di Jurs. Kebidanan yg dihadiri oleh Kasubbag ADAK, Kour Kemhswn, dan Kour Kepegawaian (9 Mrt 2012).

Kegiatan ini mendapat respon beragam dari karyawan/dosen & tenaga kontrak di masing2 Jurusan. Namun, secara umum, karyawan/dosen & tenaga kontrak di lingkungan Poltekkes Ykt menyambutan positif kebijakan baru ini, karena diharapkan dapat meningkatkan kinerja karyawan dan kinerja jurusan. Asalkan dpt dijalankan secara konsisten, sungguh2, dan berkesinambungan.

Semoga dgn evaluasi kinerja jurusan tiap bulan ini dpt diperbaiki hal2 yg msh kurang, ditingkatkan hal2 yg sdh baik & disempurnakan ikhtiar (usaha) yg dilakukan oleh tiap individu di jurusan dalam rangka percepatan pencapaian visi misi jurusan pd khususnya dan visi misi Poltekkes Ykt pd umumnya.

Mari berlomba2 menunjukkan kinerja terbaiknya utk Poltekkes Ykt tercinta !!!

No comments:

Post a Comment