Saturday, October 13, 2012

JAMBORE NASIONAL PRAMUKA I POLTEKKES KEMENKES SE-INDONESIA TAHUN 2012

Pelepasan Kontingen

Hari Rabu, 10 Okt 2012 telah dilaksanakan pelepasan kontingen Jambore I Poltekkes Kemenkes se-Indonesia di Audit Lama Kampus Terpadu Potekkes Ykt. Acara Pelepasan kontingen ini dihadiri langsung oleh Direktur, Pudir III, Kour Kemhswn, Kajur Keprwtn Gigi, Kajur Kes.Lingk dan perwkln dari Jurs. Gizi dan 2 orang dosen pembimbing/pendamping (drh. Idi S, MKes dan Abd. Hadi K, SKM, MPH).

Dari kiri - kanan: Kak Idi, Kajur Kesling, Kak Alhiko, Kour Kemhswn, Direktur Poltekkes Ykt.

Kontingen putra dgn seragam batik khas Jogja-nya.

Acara yg dipandu oleh Kak Ayu Widyawati dan Kak Aksan Basyir ini berlangsung sejak pukul 15.30 - 17.00 WIB.

Direktur dalam amanatnya menyampaikan dukungan dan mengharapkan kontingen dari Poltekkes Ykt dpt mempertahankan prestasi yg telah diperoleh sebelumnya pada saat Kemnas Kesehatan I di Cibubur Th 2010 dan Pertinas IV di Gorontalo Th 2011. Beliau juga memesankan agar tim yg berjumlah 27 orang, terdiri dari 10 mhs putra dan 15 mhs putri serta 2 orang pendamping dpt kompak, bekerja sama utk dpt meraih prestasi. Karena Poltekkes Ykt harus Istimewa.


Direktur (Jilbab putih) sedang menyampaikan amanatnya, didampingi oleh Kour Kemhswn, Pudir III, Kajur Keprwtn Gigi, dan perwkln KaJur Gizi.

Pada kesempatan ini, mhs kontingen Poltekkes Ykt jg memperagakan yel-yel dan pentas seni tari Osing yg akan ditampilkan pd saat malam pensi di Jambore I Poltekkes Kemenkes di Malang. Acara pelepasan ditutup dgn doa bersama dipimpin oleh Bpk. Suwarji, AMd dari Jurs. Gizi. Selanjutnya seluruh kontingen berjabat tangan dan foto bersama dgn para pejabat Direktorat dan Jurusan yg hadir.

 Penampilan Tari Osing yg dibawakan oleh 4 orang perwakilan kontingen putri.

Foto bersama Direktur, Pudir III, Kour Kemhswn dan Para Kajur/yg mewakili, serta dosen pendamping.

Malam harinya, pukul 19.30 WIB kontingen Jambore dari Poltekkes Ykt berangkat menuju Cobanrondo Malang Jatim menggunakan 1 mobil bus Pariwisata ukuran besar yg dicarter utk mengantar jemput kontingen.

Kontingen berfoto bersama di depan Bus Pariwisata Karya Jasa.

Hari I, Kamis, 11 Okt 2012.
Rombongan kontingen Poltekkes Ykt tiba dgn selamat di Malang pd pukul 03,30 WIB. karena masih terlalu pagi, rombongan beristirahat sejenak di salah satu masjid besar di pinggir jln menuju Coban Rondo Malang. Disini para mhs dan pendamping mulai merasakan dinginnya udara dan air Coban Rondo.

Seusai melaksanakan sholat Lail, Sholat Subuh, dan istirahat, rombongan kembali melanjutkan perjalanan ke lokasi Bumi perkemahan Coban Rondo Malang. Rombongan Poltekkes Ykt menjadi kontingen yg tiba urutan kedua di lokasi Buper Cobanrondo setelah rombongan dari Poltekkes Semarang. Tapak perkemahan tampak masih belum siap. Panitia Jamborepun belum ada di lokasi.
Berfoto dibawah baliho raksasa kegiatan Jambore I

Tampak depan kapling tenda putra kontingen Poltekkes Ykt setelah usai di hias.

Upacara Pembukaan Jambore I Poltekkes Kemenkes se-Indonesia baru bisa dimulai pukul 17.00 WIB. Pembukaan mengalami pemunduran 2 jam dari jadwal semula karena adanya delay penerbangan pesawat yg ditumpangi oleh Kapusdiklat aparatur yg akan membuka kegiatan Jambore I.

 Kontingen Poltekkes Ykt saat memasuki lapangan upacara pembukaan Jambore I.

Barisan kontingen Poltekkes Ykt saat mengikuti upacara pembukaan.

Pembukaan berlangsung meriah, diawali dgn defile kontingen memasuki lapangan upacara, mulai dari Poltekkes Kemenkes Jambi, Bengkulu, Tanjung Karang, Bandung, Banten, Tasikmalaya, Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Surabaya, Denpasar, Mataram, Pontianak, Banjarmasin, Gorontalo, Palu, Kendari, Makasar, Maluku, Sorong, dan Poltekkes Kemenkes Malang.

Sesuai laporan ketua panitia kegiatan, Peserta Jambore I ini berjumlah sekitar 428 orang, diikuti oleh 29 dari 38 Poltekkes Kemenkes Se-Indonesia. Maskot Jambore I Poltekkes Kemenkes se-Indonesia adalah Si Apol dan Si Apil, yg menggambarkan hasil pertanian/buah khas Kota Malang Raya, yaitu Apel.

Kapusdiklat Aparatur saat bertindak selaku Pembina Upacara Pembukaan Jambore I.

Malam harinya, seusai makan mlm dan Sholat Isya', kontingen Poltekkes Kemenkes Ykt mendapat undian untuk tampil Ix dalam pentas seni. Pementasan dilakukan di atas panggung utama yg terletak ditengah2 lapangan bumi perkemahan. Sementara itu, para dosen pendamping mendapat undgn mengikuti pertemuan Bakormakes (Badan Koordinasi Kegiatan Kemahasiswaan Kesehatan) yg dihadiri oleh Pudir III dari sejumlah Poltekkes Kemenkes yg mengirim kontingen Jambore.
Ir. Roosmarinto, MKes (No. 4 dari kiri) tampak sedang mengikuti pertemuan Bakormas di Hotel Panorama.

Kegiatan  ini berlangsung di Hotel Panorama yg terletak di bawah lokasi bumi perkemahan Coban Rondo. Pertemuan berlangsung sejak pukul 19.30 WIB s/d 11.00 WIB. Pertemuan ini menyepakati rencana kegiatan Jambore Poltekkes II akan diselenggarakan di Kalbar, dgn PJ Poltekkes Kemenkes Pontianak.

Hari II, Jumat, 12 Okt 2012.
Kegiatan Jambore hari ke-2 diawali dgn senam pagi. Dalam udara pagi pegunungan yg dingin dan menusuk tulang, Senam Aerobik ini mendpt perhatian dari para peserta jambore, karena membuat hangatnya badan.

Kontingen mhs Poltekkes Yk ikut bersenam ditengah2 peserta Jambore lainnya

Ayo semangat, semakin semangat semakin hangat tubuhmu !

Seusai bersenam dan sarapan pagi, peserta mengikuti serangkaian kegiatan, termasuk lomba yel2, mengikuti presentasi materi ttg SBH, tanggap bencana, Gizi dan Sanitasi dalam kondisi darurat, dll. Pada pukul 11.30 - 12.30 peserta Jambore yg beragama Islam melaksanakan Sholat Jumat berjamaah di lapangan utama Bumi Perkemahan. Usai Sholat Jumat, peserta menikmati mkn siang dan selanjutnya mengikuti kegiatan penyuluhan kesehatan, kunjungan ke pabrik pengolahan susu pasteurisasi di KUD Batu, Pembuatan Biogas dari kotoran sapi, dan berbelanja oleh2 khas Malang.

Penampilan kontingen Poltekkes Ykt saat Lomba Yel2 

Ir. Roosmarinto, MKes (Pudir III Poltekkes Yk) saat berkunjung ke tenda kontingen Putri Poltekkes Ykt.
Penyampaian materi di salah satu tenda utama perkemahan, diikuti oleh perwakilan peserta Jambore.

2 orang mhs/wi wakil dari kontingen Poltekkes Ykt tampak serius menyimak paparan materi yg diberikan di salah satu tenda utama.  

Pelaksanaan Sholat Jumat berjamaah di lapangan utama perkemahan,
Para mhs/wi dan dosen pendamping dari Poltekkes Ykt tampak sedang menikmati makan siang bersama di bawah keteduhan pohon Pinus.

 
Berpose di depan Pabrik Pengolahan Susu Pasteurisasi KUD Batu Malang.
Pada malam harinya, kembali digelar pentas seni (Pensi) dari berbagai daerah yg belum menampilkan tarian daerah di malam sebelumnya.

Hari III, Sabtu, 13 Okt 2012.
Kegiatan hari terakhir Jambore Poltekkes ini di awali dgn tracking ke Air Terjun Coban Rondo. Para peserta perkemahan dan dosen pendamping bersama2 berjalan kaki menuju lokasi air terjun yg berjarak 1,4 Km dari lokasi perkemahan.
 Rute tracking menuju air terjun Coban Rondo.

 Para mhs Poltekkes Ykt berpose dibawah air terjun Coban Rondo... Wiee.. Dingin!

Kak Idi dan Kak Alhiko bersama para mhs di air terjun Coban Rondo.

Setelah asyik menikmati keindahan pemandangan dan berfoto2 di lokasi Air Terjun Coban Rondo, peserta kembali ke bumi perkemahan utk berkemas2 pulang dan menyiapkan diri mengikuti acara penutupan Jambore.

Upacara Penutupan Jambore Poltekkes I dimajukan jamnya dari rencana awal pukul 14 menjadi pukul 10 WIB, dikarenakan sejumlah kontingen peserta Jambore harus segera ke bandara mengejar tiket pesawat.

Penutupan Jambore berlangsung meriah meskipun sejumlah pleton barisan tampak kosong ditinggalkan pesertanya/kontingen karena sudah mendahului pulang, seperti kontingen dari Poltekkes Mataram, Bengkulu, dll. 

Dalam kesempatan ini, Panitia kegiatan juga mengumumkan peraih kejuaraan sejumlah lomba yg diadakan, yaitu: Lomba Yel2, kebersihan tenda, poster dan leaflet, dll. Alhamdulillah, Poltekkes Ykt berhasil menyabet juara III Lomba Kebersihan Tenda Putri. 

Setelah upacara penutupan, panitia juga menampilkan tarian khas Jawa Timur, yaitu Tari Reog Ponorogo. Kesempatan langka ini tidak disia2kan oleh para peserta Jambore utk berfoto bersama dgn Topeng Reog yg sangat besar, berat, dan indah itu.


Usai berpamitan dgn LO dan Panitia Jambore I, Kontingen Poltekkes Ykt meninggalkan bumi perkemahan Coban Rondo pd pukul 12.30 WIB, utk berpulang ke Yogyakarta. Alhamdulillah, rombongan tiba kembali dgn selamat di halaman kampus Terpadu Poltekkes Ykt pd pukul 24.30 WIB.

No comments:

Post a Comment