Monday, September 19, 2016

Sup Kentang “Menyingkap Hikmah dalam Indahnya Berqurban”

Sore yang agak mendung tepatnya pada hari Kamis 15 September 2016, diadakan kajian Sup Kentang dengan kepanjangan Setiap Dua Pekan Kajian En training. Acara Sup Kentang yang diadakan oleh Unit Kerja Mahasiswa SKI (Sentra Kerohanian Islam) At-Taqwa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang dihadiri oleh para mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kajian Sup Kentang diadakan setiap dua pekan sekali dengan kajian tema yang berbeda-beda dan bertempat di Masjid Al-Mubarak kampus pusat Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Judul kajian kali ini adalah “Menyingkap Hikmah dalam Indahnya Berqurban”.

Kajian yang diselenggarakan oleh Unit Kerja Mahasiswa SKI At-Taqwa ditujukan untuk umum, sehingga tidak tertutup untuk mahasiswa yang ikut UKM SKI At-Taqwa saja. Tetapi kebanyakan mahasiswa yang hadir pada kajian tersebut yang bertempat di kampus pusat Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yaitu jurusan Keperawatan, Gizi, dan Kesehatan Lingkungan. Waktu menunjukkan pukul 16.00 WIB dan peserta Sup Kentang pun telah memasuki Masjid Al-Mubarak dengan pertanda kajian Sup Kentang pun akan segera di mulai.

Pukul 16.15 WIB kajian Sup Kentang dimulai dengan dibacakannya serangkaian acara yang dibacakan oleh panitia. Sesi pertama dari kajian Sup Kentang ini adalah pembukaan yang dibuka oleh panitia. Sesi yang kedua adalah pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan terjemahnya. Sesi yang ketiga adalah acara inti serta tanya jawab. Pada sesi inti yang diisi oleh Ustadz Nizam Zulfikar menyampaikan materi dengan judul Menyingkap Hikmah dalam Indahnya Berqurban. Memingat tanggal 16 September masih tanggal 13 Dzulhijah. Pada inti acara tersebut Ustadz Nizam Zulfikar menerangkan tentang pelaksanaan qurban, tata cara qurban, pemilihan hewan qurban, dan yang terkait dengan qurban. Ustadz Nizam Zulfikar yang sangat komunikatif dengan peserta dalam menyampaikan materi kajain. Setelah Ustadz Nizam Zulfikar menyampaikan kajian tersebut terdapat sesi tanya jawab diberikan kesempatan bagi para peserta untuk menanyakan sesuatu kepada penyaji, dalam sesi ini ada 3 orang dari rekan-rekan mahasiswa yang bertanya terkait dengan kajiaan yang dibahas. Dan sesi selanjutnya adalah penutup, karena waktu telah menunjukkan 17.30 WIB.



Kajian Sup Kentang ini menarik, “Kajian Sup Kentang menarik dengan tema yang menarik juga, dan kajian ini sangat bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan kita”  ucap gadis yang memakai kerudung berwarna coklat dari Jurusan Gizi. “Semoga peserta kajian Sup Kentang bertambah banyak” ujar Wahyu selaku panitia kajian dari Jurusan Kesehatan Lingkungan. Sekian dan terimakasih J (Red.Jurnalistik Emirra).

No comments:

Post a Comment