- BIDANG KEMAHASISWAAN POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

Latest

Info seputar kegiatan Bidang Kemahasiswaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta

Hubungi Kami

/BANNER 728X90/

Sunday, December 4, 2016


Seminar

“ Manajemen Terpadu Diabetes Mellitus Melalui Pendekatan Multidisplin Ilmu”


gamar 1. ibu wiwik saat memberikan materi
Minggu 27 november 2016 Sentra Kerohanian Islam atau yang sering kita sebut  SKI mengadakan acara seminar yang dilaksanakan di Graham Bina Husada . SKI  bekerja sama dengan IMANI( Islamic Medical Association and Network of Indonesia ) yaitu sebuah organisasi antar profesi medis yang seluruh anggotanga beragama  islam.  seminar kali ini bertemakan tentang “ manajemin terpadu diabetes mellitus melalui pendekatan multidisplin ilmu” yang membahas lengkap tentang diabetes militus mulai dari pencegahan samapai pengobatan.



gambar 3.salah satu  persentasi mahasiswa
hasil penelitian tentang DM
Seminar yang di laksanakan cukup di respon antusias oleh para peserta , banyak peserta yang hadir dari berbagai macam perguruan tinggi negri maupun swasta. Tercatat kurang lebih sekita 250 an peserta mengikuti acara seminar tersebut. Acara tersebut berlangsung dari jam 7.30 pagi WIB sampai jam 15.00 WIB. sangat banyak pembicara pada seminar kali ini, yang memberikan wawasan  pada peserta yang telah hadir khusus nya tentang Diabetes Militus. Sehingga  menambah pengetahuan peserta pada ilmu diabetes militus.






gambar 2. sesi diskusi yang di pandu oleh moderator(paling kanan) 
Acara tersebut menghadirkan pembicara dari berbagai profesi , pembicara pertama  berasal dari Jakarta, ia juga aktif sebagai direktur pusat jantung terpadu di RSCM Jakarta yaitu dr.eka ginanjar ,memberikan materi tentang penanganan penyakit cardiovascular pada penderit DM ,pembicara kedua ada Dr. henny susaeni dari UGM yang memberikan materi “asuhan keperawatan pada pasien diabetes militus dengan komplikasi” , pembicara ketiga ada ibu wiwik suminarni yang bekerja di RSUP  Dr. sarjito iya memberikan materi tentang “pengelolaan diit terkini pada pasien diabetes militus” , lalu ada pembicara ke empat yang juga sebagai dosen pada poltekkes Yogyakarta jurusan kebidanan yaitu ibu sujiyanti, memberikan materi tentang “pengelolaan kehamilan dan persalinan pada ibu dengan DM, dan yang terakhir ada Drs. Muchlis dari UAD yang membahas pharmaceutical care pada pasien DM”. setelah pemaparan materi dari para pembica , lalu ada persentasi tentang penelitian DM dari mahasiswa maupun dosen yang berfrofesi sebagai tenaga medis dan mahasiswa yang ber-jurusan  kesehatan(red_UKM JURNAL).
gambar 4 . suasana dan keriuahan peserta 



penulis dan Sumber gambar :Fahri Romadan /P07134215015/D4 ANALIS KESEHATAN.




No comments:

Post a Comment