Diklat Satgas Ganbatte - BIDANG KEMAHASISWAAN POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

Latest

Info seputar kegiatan Bidang Kemahasiswaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta

Hubungi Kami

/BANNER 728X90/

Saturday, April 22, 2017

Diklat Satgas Ganbatte



Diklat Satgas Ganbatte

Pada Sabtu, 11 Maret 2017, UKM P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba) menyelenggarakan Diklat Satgas Ganbatte. Acara tersebut diselenggarakan di Auditorium Kampus Kebidanan. Acara tersebut mengambil tema, “Hindari Narkoba Raih Masa Depan Gemilang”. Acara yang merupakan kerjasama dengan BNN (Badan Narkotika Nasional) ini diikuti oleh 66 mahasiswa dan panitia yang berasal dari 6 jurusan di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Ganbatte sendiri merupakan kepanjangan dari Gerakan Anti Narkoba Poltekkes.
Gambar 1 ; sambutan dari ibu sari

Diklat Satgas Ganbatte dimulai pada pukul 09.00 WIB. Diawali dengan pembacaan doa. Lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, dan Mars Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang dipimpin oleh saudari Vero. Acara selanjutnya adalah pemberian kata sambutan ketua panitia yang diwakili oleh saudari Septi. Panitia berharap acara diklat ini dapat bermanfaat dan dapat mewujudkan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang bebas dari NAPZA.

 Acara ke empat adalah sambutan oleh Pembantu Direktur III, Ibu Sari Hastuti, S.SiT, MPH. “Mahasiswa yang tertangkap membawa dan/atau menggunakan narkoba akan diberikan skorsing. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta juga sudah pernah bekerjasama dengan BNN, seperti saat PPSM Tahun 2016 yang lalu sudah diberikan pengenalan terhadap Narkoba oleh BNN. Dengan begitu diharapkan mahasiswa Poltekkkes Kemenkes Yogyakarta dapat terhindar dari penyalahgunaan Narkoba. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta sangat mendukung UKM P4GN ini dan sangat berharap agar UKM ini dapat berjalan dengan lancar”, tutur Ibu Sari.

Acara berikutnya adalah penyampaian materi mengenai pengenalan narkoba oleh Bapak Suharyono, S.I.P., selaku Kepala Seksi Pencegahan BNNP DIY. Sebelum dimulai materi dilakukan foto bersama. BNNP sangat mendukung UKM P4GN terutama dalam upaya membentengi diri dari NAPZA. DIY berada di urutan ke-8  jumlah penyalahgunaan Narkoba di Indonesia. “Jika mendapatkan kasus penyalahgunaan Narkoba disekitar kita dapat menghubungi nomor 085 200 800 300.”, kata Bapak Suharyono.

Gambar 2 : penyampaian materi oleh saudara dimas
Dilanjutkan dengan materi tentang kesatgasan dan Virus Biru oleh Saudara Dimas, selaku Sekertaris Jenderal Virus Biru. Virus Biru adalah perkumpulan satgas-satgas di Yogyakarta. Menurut Dimas, alasan kesatgasan diperlukan adalah karena kasus narkoba meningkat, untuk menyebarluaskan P4GN, pelajar lebih terbuka dengan temannya, merupakan tangan panjan BNNP dan BNNK, untuk membangun karakter bebas Narkoba. Satgas di Yogyakarta ada 30, namun yang masih aktif hanya 11.

Setelah penyampaian dua buah materi, acara dilanjutkan dengan hiburan berupa permainan akustik oleh mahasiswa dari 6 jurusan di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Menyanyikan 7 buah judul lagu dan sukses membuat para pendengarnya terpukau.

Lalu, dilanjutkan dengan materi kesatgasan di kampus Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Diklat Satgas Ganbatte ini berjalan dengan lancar sampai akhir acara. Mahasiswa yang sudah mengikuti diklat ini dapat menjadi agen pemberantasan Narkoba di Yogyakarta(RED_jurnal).
 
FOTOGRAFER: Veni Rachmatunisa (DIV KEPERAWATAN/P07120215040)
REVIEW: Cahya Fitri Romadani (DIV JKG/P07125216002)


 Lampiran foto kegiatan ;






 



No comments:

Post a Comment