LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN (LDK) - BIDANG KEMAHASISWAAN POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

Latest

Info seputar kegiatan Bidang Kemahasiswaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta

Hubungi Kami

/BANNER 728X90/

Sunday, May 7, 2017

LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN (LDK)

LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN (LDK)
JURUSAN KEPERAWATAN GIGI
POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

Gambar 1 : penyampaian materi oleh Kak Alfredo
Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Jurusan Keperawatan Gigi tahun 2017 ini diketuai oleh Ilmy Haqiqie dari kelas D IV Reguler tingkat 1. LDK hari pertama dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 April 2017 di Graha Bina Husada. LDK tahun ini diikuti oleh 148 peserta dari kelas D III Reguler, D IV Reguler dan Alih Jenjang, serta Kelas Karyawan. Tamu undangan yang hadir dalam acara ini antara lain ; Ibu Siti Sulastri selaku Ketua Jurusan Keperawatan Gigi, Ibu Filanti Kusuma Dewi selaku Sub Kemahasiswaan Jurusan Keperawatan Gigi, dan Bapak Ta’adi selaku Ketua Prodi D IV Jurusan Keperawatan Gigi. Kegiatan LDK hari pertama dibuka pukul 8.30 WIB dengan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Hymne Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan Mars Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang dipandu oleh Lucy Fitrianti dari kelas D IV Reguler tinggat 2, dan kemudian dilanjutkan pembacaan Visi dan Misi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Acara selanjutnya adalah sambutan dari ketua panitia yang dilanjutkan oleh sambutan dari Ibu Siti Sulastri. Dalam sambutannya, Ibu Siti menyampaikan pentingnya acara LDK ini bagi mahasiswa, karena LDK ini dapat membentuk kepribadian mahasiswa. Beliau juga menyampaikan tipe ideal seorang pemimpin antara lain :
1.    Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.    Jujur
3.    Kompeten
4.    Berpandangan kedepan dan menetapkan tujuan
5.    Berpikiran adil, peka terhadap perasaan, dan peduli kepada anggotanya
6.    Berpikiran luas
7.    Menerima masukan dari anggotanya
8.    Tegas dan tepat dalam mengambil keputusan
9.    Imajinatif, kreatif, dan inovatif
10. Low profile

Gambar 2 : peserta saat outbond
Hari pertama LDK, kegiatan yang dilakukan adalah mendengarkan materi. Materi pertama membahas tentang sifat kritis yang disampaikan oleh seorang narasumber yang disapa Kak Alfredo. Materi kedua membahas tentang keterampilan berkomunikasi disampaikan oleh Mas Amin. Dan materi terakhir tentang pengembangan diri yang disampaikan oleh Kak Ifada. Pada saat penyampaian materi terlihat peserta LDK sangat antusias dalam mengikuti materi. Narasumber yang menyampaikan materi pun terlihat menarik, asik, komunikatif terhadap peserta LDK. Bahkan ditengah – tengah penyampaian materi kedua, narasumber mengajak peserta untuk bermain “Tangkap Ayam” dan permainan ini berhasil membuat peserta tertawa dan membuat suasana di Auditorium Graha Bina Husada menjadi ramai. 
 
                 LDK hari kedua pada hari Minggu, 9 April 2017 yang dilaksanakan di kampus II JurusanKeperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta di Jln. Kyai Mojo No. 56 Pingit Yogyakarta. Kegiatan hari kedua ini diawali dengan materi tentang membangun pola pikir presentatif, bertempat di ruang A & B. Narasumber pada hari kedua ini tidak kalah asiknya dari narasumber pada hari pertama LDK. Penyampaian materi hari kedua kurang lebih 60 menit, dan kemudian dilanjutkan pembagian kelompok untuk outbond. Outbond dilaksanakan di halaman kampus II  Jurusan Keperawatan Gigi. Setelah pembagian kelompok selesai, kemudian dilanjutkan membuat yel-yel. Peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti outbond ini. Dalam kegiatan outbond ini terdapat 5 pos yang harus diikuti oleh setiap kelompok. Permainan setiap kelompok juga beragam dan menyenangkan. “Kegiatan outbond ini merupakan penerapan dari materi – materi yang sudah diampaikan selama kegiatan LDK berlangsung. Kegiatan LDK ini bertujuan untuk melatih kedisiplinan, kerjasama, solidaritas, sehingga dapat membentuk pribadi yang dapat berkomunikasi dengan banyak orang dan dapat melatih kerjasama tim.” kata Astin selaku ketua HMJ Keperawatan Gigi. “LDK hari kedua ini alhamdulillah berjalan dengan lancar, dilihat dari ketepatan waktu acara dan semua rincian kegiatan yang dilaksanakan.” Tambahnya. Kegiatan LDK ini ditutup dengan acara post test dan dilanjutkan pembagian hadiah dari pantia.  

Fotografer hari pertama                              : Isnatun Khoirullisa / P07120215022/
D IV Jurusan Keperawatan / tingkat 2
Fotografer hari kedua dan reviewer         : Wangsit Dhimas Erwati / P07125215038 /
D IV Jurusan Keperawatan Gigi / tingkat 2


 Lampiran Foto :


 




No comments:

Post a Comment