PENILAIAN RESMI UPP POLTEKKES YKT TELAH DILAKSANAKAN - BIDANG KEMAHASISWAAN POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

Latest

Info seputar kegiatan Bidang Kemahasiswaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta

Hubungi Kami

/BANNER 728X90/

Saturday, March 13, 2010

PENILAIAN RESMI UPP POLTEKKES YKT TELAH DILAKSANAKAN

Hari Rabu, 10 Maret 2010, Kampus dan Civitas Akademika Poltekkes Ykt tampak berbeda dari biasanya. Para pegawai tampak hadir lebih awal, mengenakan seragam batik aneka warna dan model (sesuai asal institusinya). Para petugas Satuan Pengamanan dari seluruh Unit di lingkungan Poltekkes Ykt pun tampak ber"Siaga Satu" di kantor Satpam Kampus Terpadu Poltekkes Ykt.

Hal ini dikarenakan, sesuai pemberitahuan sebelumnya, 6 orang Tim Penilaian Lomba UPP dari Jajaran Kementerian Kesehatan RI Jakarta akhirnya datang ke Poltekkes Ykt. Kedatangan Tim Penilaian UPP ini disambut oleh Satpam Poltekkes Ykt. Selanjutnya rombongan diajak meninjau "Taman Pintar" ala Jurusan Kes.Lingk. Disini Tim Penilaian dipandu oleh Bpk. Bambang Suwerda -Dosen Berprestasi I Poltekkes Tingkat Nasional Th 2009 untuk menjelaskan berbagai sarana belajar mhs Kes. Lingk, mulai dari pengolahan sampah menjadi kompos, pengolahan limbah RT, dll.

Selanjutnya Tim Penilai diajak memasuki ruang Lobby kantor Direktorat Poltekkes Ykt. Di pintu masuk Tim diberi penjelasan oleh Pudir I (Bpk. Agus Suwarni, SKM, MKes) tentang keanekaragaman Program Studi yg ada di masing2 Jurusan Poltekkes Ykt, dari Diploma III hingga Diploma IV.

Memasuki ruang loby kantor, Tim disambut oleh Ka. Unit Lab.Komptr (Bpk. Handoko R, SKp), yg telah siap menjelaskan ttg AIM (Anjungan Informasi Mandiri) Poltekkes Ykt. Keberadaan AIM ini menginspirasi sebagian dari anggota Tim penilai untuk dpt direplikasikan pula di unit kerja mereka di Kementerian Kesehatan RI Jakarta. Pak Handoko pun kebanjiran pertanyaan ("order") tentang pembuatan AIM dan berapa biayanya?

Berikutnya Tim mulai ber"aksi" mengamati berbagai tayangan/display yg terdpt di ruang loby kantor Poltekkes Ykt. Termasuk menanyakan tentang isi lemari display prestasi yg telah diraih Poltekkes Ykt & papan informasi yg memuat Poltekkes Hot News. Disini, Koord. Urs. Kemahasiswaan (Alhiko, SKM, MPH) telah siap dgn penjelasan2nya.

Tim Penilai juga menyebar menanyakan berbagai hal kepada para petugas yang ada di front office, di Jurs. Gizi, dan Jurs. Kes.Lingk Poltekkes Ykt. Di kedua Jurusan tsb, Tim mendapat penjelasan langsung dari Kajur Gizi (Bpk Joko Susilo, SKM, MKes) dan Kajur Kes. Lingk (Bpk Heru Subaris. K, SKM, MKes). Tim juga memeriksa langsung kelengkapan administrasi/dokumen sesuai ketentuan borang penilaian (28 item dokumen).

Setelah selesai memeriksa dan bertanya2 tentang UPP di ke-2 jurusan tsb, Tim Penilai selanjutnya diajak menuju kantor Direktorat Poltekkes Ykt di lantai II. Pada saat melewati tangga masuk, Tim juga mendapat penjelasan langsung dari Direktur Poltekkes Ykt (Dr. Lucky Herawati, SKM, MSc) tentang display 10 unggulan yg ada di Poltekkes Ykt, seperti: Kepemimpinan kolektif, Perpustakaan Digital, AIM, PDA, Dosen Berprestasi, Tradisi Penelitian Dosen dan Mhs, legalisasi computerized, penyelenggaraan Prodi D4, dll.

Sebelum menuju ruang rapat Direktorat Poltekkes Ykt untuk mendptkan penjelasan dan mengecek kelengkapan berkas penilaian UPP, Tim masih tetap bertanya berbagai hal kepada para petugas di Direktorat, termasuk kepada Koord. Urs. P & Sisfo (Bpk. M. Primiaji R, SST, MKes) mengenai prosedur legalisasi ijazah dan transkrip nilai secara computerize.

Selanjutnya Tim Penilai menuju Ruang Rapat Direktorat Poltekkes Ykt untuk mendptkan penjelasan dan mengecek kelengkapan berkas penilaian UPP, dan tentu saja sembari menikmati sejumput kopi/teh panas, dan jajan pasar khas Jogja.

Setelah itu, Tim penilai bersepakat meninjau 2 jurusan terjauh dari Kampus Terpadu Poltekkes Ykt (yaitu Jurusan Kebidanan dan Analis kesehatan) untuk melanjutkan penilaian UPP-nya. Setelah Tim Penilaian UPP dari Pusat tsb menyelesaikan tugasnya di Jurs. Analis Kes. dan Kebidanan, merekapun langsung terbang kembali ke Jakarta.

Ada beberapa hal yang harus dievaluasi oleh Tim UPP P0ltekkes Yogyakarta, salah satunya adalah perlunya menyiapkan 1 unit pelayanan yang harus di ISO- kan (memperoleh setifikat ISO). Oleh Tim UPP Poltekkes Ykt ditunjuklah Unit Perpustakaan. Maka pada tanggal 11 Maret 2010 diadakan rapat bertempat di Ruang Perpustakaan yang dihadiri PD I Bpk. Agus Suwarni, Bpk. Kirnantoro, SKM, M.Kes, Tuntas Bagyono, SKM,M.Kes, Agus Wijanarko, SST, M.Kes, Sujiyati, SST,M.Kes, Suharyono, SKM, Trubus Basuki, AMd. Ka.Unit Perpustakaan dan staf membahas kesiapan Unit Perpustakaan untuk di-ISO-kan.

Smoga segala persiapan yg telah dilakukan oleh Civitas Akademika Poltekkes Ykt, dapat memperoleh penilaian terbaik/tertinggi dari Tim Penilaian UPP ini. Tentunya, kondisi "SIAGA SATU" tetap masih berlaku hingga pengumuman hasil penilaian UPP itu diketahui /kemenangan itu berhasil diraih Poltekkes Ykt... Amien...!

No comments:

Post a Comment