Thursday, February 16, 2012

SELAMAT DATANG UKM KSR PMI !

Tim Poltekkes Ykt yg hadir dlm pertemuan Audiensi pendirian KSR

Hari Kamis, 16 Feb 2012, sesuai surat dari Markas PMI Kab. Sleman No. 38/02.03.05/UM/II/2012, Poltekkes Kemenkes Ykt mendpt undangan untuk menghadiri Audiensi tentang pendirian KSR. Rapat tsb berlangsung di Markas PMI Kab. SLeman, Jl. Rajimin, Sucen, Triharjo, Sleman. Hadir pada pertemuan tsb adalah Pudir III (Ir. Roosmarinto, MKes), Kour Kemhswn (A. Hadi. K, SKM, MPH), Presma/Presiden Mhs (Eko Agus P), dan UKM SKI (Syarif Hidayat ), serta 2 orang pengurus UKM KSR PMI BEM Poltekkes Ykt (Wahyu & Nurul Anis IH).

Suasana pertemuan Audiensi di Ruang Rapat lt 2.

Rapat ini sbg tindak lanjut dari surat permohonan pendirian UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) KSR (Korps Suka Rela) di Kampus Poltekkes Kemenkes Ykt. Sebagaimana diketahui, UKM KSR adalah salah satu dari 13 UKM yg ada di dalam kepengurusan BEM Poltekkes Ykt tahun 2012. UKM KSR PMI ini telah memiliki anggota terdaftar sebanyak 50 orang mhs Poltekkes Ykt TA. 2011/2012.

Korps Sukarela (KSR) PMI adalah kesatuan atau unit di dalam perhimpunan nasional PMI, yang merupakan wadah pengabdian bagi Anggota Biasa dan pribadi-pribadi yang atas kesadaran sendiri menyatakan diri menjadi anggota KSR, serta mempunyai persyaratan berikut:
  • WNI yang berdomilisi di Indonesia
  • Setia kepada Pancasila dan UUD 1945
  • Berusia minimal 18 tahun dengan pendidikan serendah-rendahnya SLTP/Sederajat.
  • Berkelakuan baik.Sehat jasmani dan rohani.
  • Bersedia mengikuti pelatihan sesuai kurikulum PMI.
  • Bersedia menjalankan tugas kepalangmerahan secara terorganisir dan mentaati peraturan yang berlaku.
  • Bersedia mengabdikan diri di PMI minimal untuk 3 tahun ke depan.
Unit KSR PMI bisa dibentuk di lingkungan Markas Cabang PMI, Perguruan Tinggi, lingkungan satuan kerja (kantor, pabrik/perusahaan) serta lingkungan masyarakat umum.

Melalui UKM KSR PMI, mhs Poltekkes Ykt dpt menyalurkan bakat & minatnya dalam kegiatan yg positif dengan menjadi relawan, menolong sesama, menambah pengetahuan & pengalaman dlm penanganan situasi kegawat daruratan, penanggulangan bencana, dll.

Bergabungnya mhs Poltekkes Ykt sbg bagian dari Tim KSR PMI sangatlah dinantikan oleh Palang Merah Indonesia, karena basic ilmu kesehatan yg telah dimiliki sbg mhs Poltekkes Ykt sangat sesuai dgn bidang tugas PMI, yaitu Kesehatan/Medis & Paramedis. Slama ini, PMI masih mengandalkan tenaga relawan /KSR dari mhs kampus2 non kesehatan seperti UNY, UIN, Amikom, dll yg notabene bidang ilmunya bukan kesehatan, sehingga "belum siap pakai" dan harus dilatih terlebih dahulu dlm hal2 pertolongan medis/kesehatan.

Mari bergabung menjadi anggota UKM KSR PMI BEM Poltekkes Ykt... !

3 comments:

  1. boleh kah anak akbid mangkuyudan ikut?...

    ReplyDelete
  2. Bisa G kirimin aku Proposal pendirian KSRnya, Aku juga mau bentuk KSR di kampus Poltekkes Makassar tapi harus buat Proposal dlu....!!
    Proposalnya kirim lewat E-mail aja, sadamsadli@yahoo.com !! thx

    ReplyDelete
  3. Maaf,,
    Bisa minta contoh proposalnya gak??
    Soalnya saya juga pengen buka KSR PMI Unit kampus,,
    Kalo boleh, minta tolong dikirim via email aja yah, ke : fhaifhaulifacipit@gmail.com
    Makasih banyak yah atas bantuannya...
    #TogetherForHumanity

    ReplyDelete