Sunday, February 19, 2012

SUDAH JADI NASABAH BANK SAMPAH "PERMATA LINGKUNGAN" ?

Sebagaimana diinformasikan sebelumnya melalui PDA (Pangkalan Data Aktif) dan telah diupload pula informasinya DISINI, telah dibuka layanan bank sampah di Kampus Terpadu Poltekkes Kemenkes Ykt, Jl. Tata Bumi No. 3, Banyuraden, Gamping, Sleman, Ykt.

Ruangan Bank Sampah "Permata Lingkungan" tampak dari depan (sisi Utara)

Bank tersebut bernama Bank Sampah "Permata Lingkungan". Bank sampah ini terbuka utk umum. Nasabahnya mulai dari dosen, karyawan, tenaga kontrak, dan mhs Poltekkes Ykt, hingga masyarakat sekitar (seperti pengelola kantin/warung di lingkungan kampus terpadu).

Jika sebelumnya diinformasikan bahwa jam pelayanan penerimaan sampah melalui GERAKAN JUM'AT MENABUNG SAMPAH bagi karyawan Poltekkes Ykt dilayani setiap hari Jumat saja dari jam 8 - 10 WIB, dan bagi mhs Poltekkes Ykt dilayani setiap hari Jum'at jam 13 WIB dan Selasa jam 13 WIB, maka saat ini pelayanan Bank Sampah telah dibuka untuk setiap hari kerja dan pada setiap jam kerja.

Jika Anda belum menjadi nasabah dan ingin menjadi nasabah Bank Sampah "Permata Lingkungan" Anda dapat datang langsung ke Ruangan Workshop/Laboratorium Rekayasa Jurs. Kes. Lingkungan Poltekkes Ykt, yg berada di Sisi Timur Kampus Terpadu/sebelah Selatan Gedung Lab. Keperawatan Poltekkes Ykt.

Petugas Bank Sampah (Artha Harum dan Tri Widodo) siap melayani nasabah yg akan menyetorkan/menabung sampah.

Anda cukup membawa sampah yg telah dipilih & dipilah (seperti kertas, kardus, botol, plastik, kaleng/besi, dll) ke loket Bank Sampah. Sampah yg ditabung dlm kondisi kering. Jjika terdapat sisa makanan/minuman dlm sampah kertas, plastik, botol/kaca maka harus dibersihkan/ dikeringkan terlebih dahulu. Dilarang keras menabung sampah pampers, pembalut wanita, dll.

Di loket Bank Sampah "Permata Lingkungan", anda akan dilayani oleh petugas (Artha Harum P, dll) utk melakukan penerimaan, penimbangan, dan pelabelan terhadap sampah yg Anda setorkan. Selanjutnya data setoran jumlah, berat sampah tsb akan dicatat di dalam buku nasabah yg telah disiapkan. Semakin rajin Anda menyetorkan / menabung sampah di Bank Sampah tsb, akan semakin besar pula keuntungan (uang) yg akan anda peroleh.

Tumpukan sampah terpilah (kertas, plastik, dll) yg telah disetor oleh nasabah

Sampah2 yg telah disetorkan oleh para nasabah tsb, selanjutnya secara berkala setelah terkumpul banyak akan dijual oleh pengelola Bank Sampah kpd pengepul besar sampah. Uang yg masuk dari hasil penjualan tsb oleh pengelola Bank Sampah akan dibagi 2 dengan nasabah dengan sharing sebesar 30:70, dimana 30 % utk Bank Sampah dan 70 % utk nasabah bank.

Setelah 3 bulan, dana yg diperoleh nasabah dari hasil menabung tsb dapat dicairkan ke loket Bank Sampah. Namun, jika dirasa jumlah nominalnya hanya sedikit, dana yg telah ada di rekening nasabah tsb tidak diambilpun tidak mengapa. Dana tsb tetap tersimpan aman & baik sesuai jumlah yg tercatat di buku nasabah bank.

Mari peduli lingkungan ...
Ayo ramai2 menjadi nasabah, jangan cuma nyampah teruusss !!

2 comments:

  1. kalo buka cabang di akbid mangkuyudan bisa apa tidak?
    karna program ini bagus ide nya...
    ayo selamat kn bumi...
    sukses bt jkl...

    ReplyDelete
  2. siapun bisa jadi nasabah kan? mahasiswa perantauan bisa?

    ReplyDelete