Thursday, September 15, 2016

SECANGKIR TEH BERSAMA DIREKTUR

             Tamu undangan berdatangan pada pukul 06.50 WIB. Acara dimulai pada pukul 8.29 WIB. Acara Secangkir Teh ini dihadiri oleh ; Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, PUDIR I II III, Ketua Jurusan, Kemahasiswaan, Ketua Prodi D III dan  D IV, perwakilan dari BLM 29 orang, BEM 5 orang, HMJ 3 orang, serta non-HMJ 5 orang.  Ketua panitia acara Secangkir Teh Bersama Direktur ini adalah sdri. Rusmania Intang. Acara dimulai dengan pembacaan visi misi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, selanjutnya laporan dari ketua panitia tentang angket yang disebarkan mengenai pelayanan akademik, kuisioner mahasiswa baru serta sarana prasarana pengelolaan kampus.

Acara selanjutnya adalah sambutan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Bapak Abidillah Mursyid, SKM, MS. Beliau menyampaikan bahwa acara Secangkit Teh ini bermanfaat untuk mendapat perhatian dari pihak kampus serta mahasiswa mendapat kepuasan apa yang diharapkan. Selain itu acara Secangkir Teh ini dapat menjadi sarana untuk silaturahmi antar keluarga Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Setelah sambutan dari Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, acara selanjutnya ada penyampaian materi. Materi yang dimaksud adalah rekap data dari kuisioner yang telah diisi oleh mahasiswa kelas reguler dan kerjasama, mahasiswa baru serta mahasiswa kelas alih jenjang. Bersamaan dengan penyampaian materi, dikeluarkannya teh untuk tamu undangan dan mahasiswa.


Penyampaian materi selesai, acara selanjutnya adalah diskusi. Diskusi dimoderatori oleh Bapak Sigid Sudaryanto, SKM, MPD. Sesi pertama adalah penyampaian dari setiap jurusan. Dimulai dari jurusan ; Analis Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Gizi, Kebidanan, Keperawatan Gigi, dan yang terakhir Keperawatan. Masing-masing jurusan diberi waktu untuk menanggapi hasil dari rekap data kuisioner yang telah disampaikan diawal. Kemudian dilanjutkan sesi kedua yaitu aspirasi usulan dan harapan oleh mahasiswa. Pertama disampaikan oleh sdri. Wening sebagai perwakilan dari HMJ Gizi, kemudian dilanjutkan penyampaian dari mahasiswa yang diwakili oleh Jurusan Analis Lingkungan, selanjutnya penyampaian dari sdri. Diana sebagai perwakilan dari BEM dan yang terakhir penyampaian dari perwakilan BLM. Usulan dan harapan yang disampaikan oleh mahasiswa ini bertujuan demi kemajuan bersama kegiatan yang berlangsung di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Setelah semua perwakilan dari mahasiswa menyampaikan aspirasi mereka, sesi selanjutnya adalah tanggapan dari pihak direktorat. Pertama, adalah tanggapan dari Ibu Sari Hastuti selaku perwakilan dari PUDIR III. Beliau menyampaikan ; mengenai masalah UKM di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, bahwa UKM di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta masih dibawah BEM dan UKM yang belum terbentuk sebaiknya dilakukan survey kembali seberapa banyak mahasiswa yang berminat agar segera untuk difasilitasi apabila banyak peminatnya. Mengenai pelayanan akademik sebaiknya mahasiswa bertemu minimal 4 kali. Mengenai sarana komunikasi masih dianggap kurang, sebenarnya dari pihak mahasiswa untuk bertemu dengan direktorat sudah ada acara Secangkir Teh dan disetiap jurusan pasti sudah ada acara diskusi dengan dosen, serta disarankan untuk forum-forum komunikasi untuk lebih diaktifkan lagi. Mengenai SKKM direkap per-tingkat oleh sub koor kemahasiswaan. Akan diadakan forum kehumasan untuk pembuatan panduan-panduan seperti pembuatan sertifikat. Untuk masalah ruangan-ruangan akan dibicarakan ulang. Kedua, adalah tanggapan dari Ibu Arini selaku perwakilan dari PUDIR II. Beliau menyampaikan ; mengenai masalah administrasi kegiatan untuk laporan keuangan masih menunggu lama sehingga menghambat kegiatan anggaran yang akan berjalan. Mengenai masalah keuangan untuk HMJ dibuat sama tanpa ada perbedaan.

Mengenai sarana prasarana gedung diharapkan akan diwujudkan untuk beberapa tahun kedepan dengan pemaparan master plan. Mengenai tenaga Satpam sudah memenuhi jumlah yang dibutuhkan. Serta mengenai masalah lab komputer akan mengembangkan unit komputer multimedia yang akan terealisasikan tahun depan. Yang ketiga, tanggapan dari Bapak Joko selaku perwakilan PUDIR I. Beliau menyampaikan ; pemaparan indikator pencapaian nilai rujukan. Apresiasi yang baik dari mahasiswa untuk penyampaian etika dan tata krama yang baik. Kelengkapan metodologis hasil survey data rekapan angket harus diperbaiki, perbaikan dan peningkatan softskill. Yang terakhir adalah tanggapan Bapak Margono, beliau menyampaikan akan diadakan apel bersama seluruh dosen dan karyawan untuk mengikuti kegiatan serta adanya agent of changes dari satu orang HMJ. Sesi diskusi terakhir adalah tanggapan dari Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Bapak Abidillah Mursyid, SKM, MS. Beliau menyampaikan ; dari segi materi sudah berbobot mengenai fokus utama pada fasilitas dan sarana prasarana. Lahan yang terbatas yang tidak bisa lagi untuk membeli lagi lahan kosong. Memperlakukan efisiensi dengan pemberlakuan laboratorium terpadu.

Acara Secangkir Teh Bersama Direktur telah selesai dan diperoleh kesimpulan yaitu; hasil survey dari mahasiswa yang bersifat objektif merupakan hasil yang baik yang akan segera ditindaklanjuti baik dari pihak prodi dan jurusan. Dari pihak direktorat juka akan berupaya untuk memperbaiki kedepannya agar Poltekkes Kemenkes Yogyakarta menjadi lebih baik. (red.Jurnalistik Leny Khoirunisa &Wangsit Dhimas) 
 




No comments:

Post a Comment