Tuesday, August 31, 2010

KEMANA HARUS BERTANYA TENTANG PELAKSANAAN PPS?

Sehubungan dengan belum tersedianya materi (soft copy) jadwal PPS yg final dan siap di upload pada blog kemahasiswaan ini, sedangkan para mahasiswa baru baik dari Prodi D-III maupun D-IV sudah banyak yg menanyakan, via telpon, maupun via chat box pd web kemahasiswaan ini, maka untuk sementara ini jika anda ingin mengetahui lebih lanjut ttg rencana pelaksanaan PPS (Pengenalan Program Studi) Mahasiswa Baru Poltekkes Kemenkes Ykt TA. 2010/2011, silahkan menghubungi saja Contact Person Panitia PPS dari unsur BEM Poltekkes Ykt. Mereka antara lain sebagai berikut:
  1. Hanif Asshidiqi (Ketua BEM) : 085729988831
  2. Sri Herdiana (Wakil Ketua BEM) : 085743443033
  3. Sany Ariaji W. (Sekretaris I BEM) : 08812732824
Semoga informasi ini bermanfaat, khususnya utk Mahasiswa Baru Poltekkes Kemenkes Ykt TA. 2010/2011.

Selamat mempersiapkan diri menghadapi PPS & Outbond "Ceria".... Senangnya menjadi Mhs Baru Poltekkes Kemenkes Ykt... !

Monday, August 30, 2010

PEJABAT BARU, ENERGI BARU, SEMANGAT BARU, UNTUK POLTEKKES JOGJA YANG LEBIH MAJU !

Hari Selasa, 31 Agust 2010 menjadi hari yg sangat penting bagi sejarah perjalanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Setelah -/+ 6 bulan "roda pemerintahan" & jalur komando di Poltekkes Kemenkes Ykt berjalan lamban & sedikit "terseok2" mulai hari ini akan kembali berjalan normal. Pada hari itu, 6 orang Ketua Jurusan yg baru di lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, 4 orang Kepala Unit yg baru, dan 11 orang Ka. Unit / Koordinator Urusan dijajaran Pudir I-II-III dilantik dan diangkat sumpah sbg pejabat baru di lingkungan Poltekkes Kemenkes Ykt Periode 2010-2014.

Acara sakral ini berlangsung di Auditorium Lama Poltekkes Kemenkes Ykt, Jl. Tata Bumi 3, Banyuraden, Gamping, Sleman, Ykt, dengan dihadiri oleh pejabat dari Dinkes Prop. DIY, dan Badan PPSDM Kes, perwakilan instansi kesehatan di wilayah Prop. DIY, organisasi profesi, karyawan, dosen, dan mhs Poltekkes Kemenkes Ykt. Acara pelantikan dan angkat sumpah ini berlangsung dari pukul 09.00 - 10.30 WIB. Meskipun berlangsung tidak terlalu lama (hanya 1,5 jam) namun prosesi yg berlangsung sambil berdiri ini menjadi sebuah ujian kesehatan tersendiri bagi para pejabat lama maupun pejabat yg baru dilantik. Terlebih dalam suasana bulan Puasa Ramadhan 1431 H.


Para Pejabat yg diambil sumpah dan dilantik oleh Direktur (baris terdepan: Ketua Jurusan)

(Baris kedua) Dari kiri ke kanan: Ka. Unit Advokasi Hukum, Ka. Unit Promosi dan Kerjasama, Ka. Unit Asrama, dan Ka. Unit PPM.

(Baris ketiga) Dari kiri ke kanan: Sebagian dari pejabat lama yg dilantik kembali, yaitu: Ka. Unit Perpustakaan, Ka. Unit Lab. Bhs, Koord. Ursn. Akademik, Ka. Unit PoliKlinik Terpadu, Ka. Unit Komputer, Koord. Ursn. Umum dan Perlengkapan, dan Koord. Ursn. Keuangan.

Rangkaian acara diawali dgn Pembukaan, selanjutnya berturut2 adalah: Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Pembacaan SK Direktur, Pengambilan sumpah dan pelantikan Kajur, Ka.Unit, dan Koord. Ursn, Serah terima memori jabatan, Sambutan Direktur, Menyanyikan lagu Bagimu Negeri, Pembacaan doa, Pemberian ucapan selamat/jabat tangan, dan diakhiri dgn Penutup.

Selanjutnya para pejabat yg baru dilantik berfoto bersama2 dgn Direktur, Pembantu Direktur I-II-III, dan Pejabat dari Badan PPSDM Kesehatan. Berikut ini adalah gambarannya:

Foto bersama para Ketua Jurusan baru dgn Direktur, Pudir I-II-III, dan Pejabat dari Badan PPSDM Kesehatan

Foto bersama para Ka. Unit, Koord. Ursn, dgn Direktur, Pudir I-II-III, dan Pejabat dari Badan PPSDM Kesehatan.

Adapun daftar nama2 Ketua Jurusan, Kepala Unit, dan Koordinator Urusan yg baru dilantik sebagai pejabat Periode 2010-2014, (dikutip berdasarkan SK Direktur Poltekkes Yogyakarta) adalah sebagai berikut :

Ringkasan SK Kajur, Ka. Unit dan Koord. Ursn di Poltekkes Kemenkes Ykt Periode 2010-2014


Selamat Bekerja/memangku amanah ! Semoga Allah SWT, Tuhan Penguasa Langit dan Bumi, Pemilik Seluruh Kerajaan, meridhoi dan memberikan petunjuk serta bimbinganNya kepada para pejabat yg baru dilantik sehingga Poltekkes Kemenkes Ykt akan semakin maju dari waktu ke waktu... Amin..!

Tuesday, August 24, 2010

SIAPAKAH DOSEN BERPRESTASI TINGKAT POLTEKKES KEMENKES YKT TH 2010 ?

Tahukah Anda, bahwa stiap tahun Poltekkes Kemenkes Ykt mengadakan pemilihan Dosen Berprestasi?! Pemilihan Dosen Berprestasi ini dilaksanakan secara berjenjang dimulai dari tingkat Jurusan masing2, lalu diperlombakan di tingkat Poltekkes Kemenkes Ykt.

Dosen yg terpilih sbg nominasi I di tingkat Poltekkes Kemenkes Ykt selanjutnya akan dikirimkan ke tingkat Nasional utk diperlombakan dgn dosen2 berprestasi dari seluruh (33 unit) Poltekkes Kementerian Kesehatan yg ada di Indonesia. Sudah menjadi tradisi pula, dosen berprestasi perwakilan dari Poltekkes Kemenkes Ykt sejak th 2007 - 2009 selalu menjuarai lomba pemilihan Dosen Berprestasi. Posting ttg hal ini dpt dibaca DISINI atau DISINI.

Setelah melalui serangkaian proses seleksi yg panjang dan melelahkan dihadapan Direktur, PUDIR I-II dan III, Staf Pudir I, serta para Dosen yg telah sukses meraih Juara I-II dan III Dosen Berprestasi Tingkat Nasional di tahun2 sebelumnya, akhirnya pada Hari Senin, 23 Agustus 2010, Direktur Poltekkes Kemenkes Ykt (DR. Lucky Herawati, SKM, MSc) di depan Apel Pagi mengumumkan bahwa Bpk. Muhammad Primiaji Rialihanto, SST, MKes, Dosen Jurs. Gizi yg juga menjabat sbg Koord. Urs. Perencanaan dan Sistem Informasi Poltekkes Kemenkes Ykt terpilih sbg nominasi I Dosen Berprestasi Tingkat Poltekkes Kemenkes Ykt. Beliau berhasil menyisihkan 3 orang kandidat lainnya dari Jurusan Analis Kesehatan (Bambang Supriyanto, SSi, MSc), Jurusan Keperawatan (Bondan Palestin, SKM, MKep, Kom), dan Jurusan Kes. Lingkungan (Agus Kharmayana Rubaya, SKM, MPH).

Selamat Kepada Bpk. Muh. Primiaji Rihalianto, SST, MKes. Smoga dpt mempertahankan kembali dominasi Poltekkes Kemenkes Ykt dikancah Lomba Dosen Berprestasi Tingkat Nasional Th 2010 yg akan diselenggarakan oleh Badan PPSDMK Kemenkes Jakarta dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional setiap tgl 12 November.

Monday, August 23, 2010

LOWONGAN KERJA / REKRUTMENT TENAGA PERAWAT DAN ANALIS KES. POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

Berdasarkan surat dari HR&GA Dept. Mayapada Hospital No.: 488/HRD/MH/VIII/2010 kepada Direktur Poltekkes Kemenkes Ykt, tertanggal 6/8/2010, perihal Rekruitment, Mayapada Hospital (dulu RS Honoris Tangerang) yg beralamat di Jl. Honoris Raya Kav. 6 Kota Modern Kota Tangerang, 15117 Telp: 021-5573 1888 (Hunting) Fax. 021-552 9036, Website: http://www.mayapadahospital.com membutuhkan banyak tenaga :

  • Keperawatan (Diploma maupun S-1) dan
  • Analis Kesehatan.

Sehubungan dgn hal tsb, pihak Mayapada Hospital yg telah menjalin kerjasama (MOU) dgn Poltekkes Kemenkes Ykt akan melakukan presentasi dan proses rekrutment yg akan diadakan pada :

  • Hari/Tgl : Jum’at, 3 Sept 2010.
  • Pukul : 08.30 s/d Selesai.
  • Tempat : Auditorium Poltekkes Ykt, Jl. Tata Bumi 3, Banyuraden,Gamping, Sleman.
  • Perlengkapan yg hrs dibawa oleh peserta pada saat rekrutment: Pena dan pensil 2B.
Sumber informasi/Contact Person: Susanto Kawi, S.Psi, SE (HR&GA Dept. Mayapada Hospital)

Bagi para alumni maupun calon wisudawan Poltekkes Kemenkes Ykt Periode 25 Sept 2010 dari Jurs. Analis Kes. dan Jurs. Keperawatan yg berminat, silahkan hadir pada seleksi/rekruitment tsb... GRATIS !!

Alumni Jurs. Analis Kes. dan Jurs. Keperawatan Poltekkes Kemenkes Ykt Th 2009 sudah ada 6 orang yg diterima/sekarang bekerja di Mayapada Hospital. Silahkan baca posting ttg hal tersebut DISINI.

Informasi lowongan kerja tenaga kesehatan lainnya dapat dilihat di web Ikatan Alumni Politeknik Kesehatan Yogyakarta pada alamat: http://iapky.wordpress.com khususnya pada tab : "Lowongan".

BUKA PUASA BERSAMA PENGHUNI PANTI TUNANETRA

Maka nikmat Tuhanmu yg manakah yg kamu dustakan ? (QS.Ar Rahman:13)

Mahasiswa yg tergabung dlm Sentra Kerohanian Islam (SKI) BEM Poltekkes Kemenkes Ykt, dalam rangka pengabdian kepada masyarakat selama bulan Ramadhan 1431 H, pd hari Ahad/Minggu, 22 Agust 2010 mengadakan acara Iftor (buka puasa bersama) di Panti Asuhan Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam (Yaketunis) yg berlokasi di Jl. Parangtritis No.46 Yogyakarta, Telp. (0274)377340.

Acara pembukaan kegiatan Iftor diawali dgn tilawah oleh Sdr. Tsani.

Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam ini menyelenggarakan :
  1. SLB-A Yaketunis
  2. MTs-A Yaketunis
  3. Kursus Baca Tulis Arab Braille
  4. Asrama & Panti
disamping itu di Panti Asuhan ini juga mengajarkan ketrampilan:
1. Seni Musik
2. Seni Baca Al Qur'an
3. Massagge/Pijat
4. Live Skill

Dengan meminjam 1 bus Poltekkes Ykt, para mhs telah hadir di Panti Asuhan Yaketunis sejak pukul 15.00 WIB. Kegiatan diawali dgn Shalat Ashar berjamaah di musholla yg ada di dlm panti. Selanjutnya para mhs dan penghuni Panti Asuhan Tunanetra berkumpul di ruang pertemuan untuk mengikuti acara yg telah disiapkan oleh para mhs SKI BEM Poltekkes Ykt. Turut hadir mendampingi kegiatan ini adalah Bpk. Ir. Roosmarinto, MKes (Pudir III Poltekkes Ykt), dan Abd. Hadi K, SKM, MPH (Koord. Ursn. Kemhswn Poltekkes Yk).

Pudir III mewakili Panitia menyerahkan bingkisan dan uang kepada perwakilan dari pengurus Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam.

Kegiatan iftor bersama ini dibuka dgn pembacaan/tilawah Al Qur'an, selanjutnya acara sambutan2 (dimulai dari Bpk. Wiyono/pengasuh Panti Asuhan, Ketua Panitia Iftor 1431 H/Sdr.Parjiyatna, dan Bpk. Roosmarinto mewakili Poltekkes Ykt). Kemudian acara dilanjutkan dgn hiburan yg diisi dgn persembahan lagu2 dari para penghuni panti. Sungguh mengharukan menyimak lagu2 yg dinyanyikan dan iringan musik organ tunggal yg dimainkan oleh penghuni panti tunanetra. Meskipun mengalami keterbatasan dlm melihat, mereka mampu menyanyikan dan memainkan alat musik dgn baik. Lagu2 yg dinyanyikan pun sangat menggugah semangat/membangun jiwa, seperti lagu dari ST 12 (Allah Maha Besar), De Massive (Jangan Menyerah).

Salah seorang penghuni Panti (Adik Yusuf) sedang menyanyikan lagu persembahan.

Acara selanjutnya adalah kajian bersama yg dibawakan oleh Ustad. Dimas Rizal Fahrudin, seorang dai muda mahasiswa FIB Jurusan Sastra Arab UGM. Beliau menyampaikan pembahasan dari QS. Ali Imran: 134 tentang diantara ciri2 nya orang yg bertaqwa, adalah:
  1. orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit,
  2. orang-orang yang menahan amarahnya dan
  3. mema'afkan (kesalahan) orang.
Terkait dgn point 1, dlm hal berbagi, Islam telah mengajarkan bahwa berbagi tidak hanya dgn harta saja, namun juga bs berwujud berbagi cinta, kasih syg, dan kepedulian, serta berbagi nasehat.

Ustad. Dimas Rizal F sedang menyampaikan tausyiahnya.

Beliau menyampaikan tausyiahnya hingga menjelang waktu berbuka (17.41 WIB). Selanjutnya Buka Puasa dengan menu pembatal kolak pisang yg masih hangat.

Para penghuni panti asuhan tunanetra tampak sedang menikmati kolak pisangnya.

Selanjutnya acara sholat Magrib berjamaah di Musholla Panti Yaketunis dgn dipimpin oleh Imam Bpk. Pudir III Poltekkes Kemenkes Ykt.

Usai sholat Magrib, acara dilanjutkan kembali dgn ramah-tamah sambil makan bersama dgn nasi box yg telah disediakan oleh Panitia Iftor. Selanjutnya mhs melaksanakan sholat Isya dan Taraweh berjamaah dgn para penghuni Panti Asuhan. Seusai Sholat Taraweh, kegiatan Iftor pun berakhir, dan mhs SKI BEM Poltekkes Ykt pun berpamitan dgn para penghuni dan pengurus Panti Asuhan Tunanetra Yaketunis.

Seyogyanya kegiatan ini dpt pula diselenggarakan/diikuti oleh para karyawan/dosen, staf/pimpinan Poltekkes Ykt guna semakin menumbuhkan rasa syukur atas nikmat Allah berupa kesehatan/kelengkapan/kesempurnaan pancaindra penglihatan, yg tiada ternilai harganya. Dengan demikian diharapkan akan tumbuh kepekaan/kepedulian terhdp saudara2nya yg kesusahan/kekurangan, sehingga tergerak utk berbagi (harta, cinta, kasih sayang dan kepedulian.

Saturday, August 21, 2010

TARAWEH KELILING RDKP 1431 H (Part 1)

Taraweh Keliling (Tarling) merupakan salah satu dari rangkaian acara yg telah diagendakan oleh Panitia Ramadhan Di Kampus Poltekkes (RDKP) Th 1431H/2010 guna menyemarakkan syiar agama Islam selama bulan Ramadhan Di Kampus Poltekkes Kemenkes Ykt, serta dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan civitas akademika Poltekkes Kemenkes Ykt. Disamping itu, kegiatan Tarling ini merupakan sebuah upaya untuk semakin mengeratkan hubungan silaturrahim di antara karyawan, dosen dan mahasiswa dari ke-6 Jurusan dan Direktorat Poltekkes Kemenkes Ykt.

Sesuai arahan Direktur, pelaksanaan Tarling mulai Tahun 2010 mengalami peningkatan dalam hal frekwensi kegiatannya, dimana jika pada tahun2 sbelumnya hanya dilaksanakan sebanyak 4 kali saja, menyesuaikan jumlah lokasi kampus yg ada Poltekkes Ykt, maka mulai tahun 2010 ini dilaksanakan sebanyak 7 kali, menyesuaikan jumlah jurusan yg ada (6 jursn) dan 1 direktorat Poltekkes Ykt. Jadwal Tarling pun telah dipersiapkan, diurutkan sesuai urutan jurusan (Analis. Kes, Gizi, Kebidn, Keperwtn, Kes. Gigi dan Kes. Lingk) dan Direktorat. Guna memudahkan mengingatnya, dalam 1 minggu 2 kali diadakan, yaitu pd malam hari Senin dan Kamis, mulai tgl 12 Agustus -s/d- 2 Sept 2010.

Pelaksanaan Tarling putaran II di Aula Jurs. Kebidanan

Tarling putaran I RDKP Th 1431H/2010 telah berhasil dilaksanakan pd hari Kamis, 12/8-10 pukul 19.00 -s/d- 21.00 WIB. Tarling putaran I ini diselenggarakan di Jurs.Analis Kesehatan, Ngadinegaran, MJ III/62,Yogyakarta, 55143, Telp/Fax.0274-374200. Tampak hadir Pudir III selaku pembina kegiatan RDKP, perwakilan karyawan, dosen dan mhs dari ke-6 Jurs dan Direktorat Poltekkes Ykt, termasuk para mhs yg tinggal di Asrama Mhs I Poltekkes Gadingan yg diantar djemput dgn bis Poltekkes Ykt.

Peserta Tarling putaran II di Jurs. Kebidanan sedang menunaikan Sholat Taraweh Berjamaah.

Tarling putaran II juga telah dilaksanakan pd hari Kamis, 19/8-10 di Aula Jurs. Kebidanan,
Mangkuyudan, MJ III/304, Yogyakarta. 55143, Telp/Fax.0274-374331. Tingkat partisipasi/kehadiran civitas akademika pd putaran II ini smakin mengingkat dibandingkan pada Tarling Putaran I. Tampak hadir Pudir II dan Pudir III Poltekkes Ykt, perwakilan karyawan, dosen dan mhs dari ke-6 Jurs dan Direktorat Poltekkes Ykt, termasuk para mhs yg tinggal di Asrama Mhs I Poltekkes Gadingan yg diantar jemput dgn bis Poltekkes Ykt. Bertindak selaku Imam sholat dan penceramah Tarweh adalah Ust. Imam Syafii. Beliau dgn sangat kocak menyampaikan tema "Ramadhan menjemput hidup sukses mulia".

Pelaksanaan Tarling Putaran III di Audit Lama.

Tarling putaran III juga telah berhasil dilaksanakan pd hari Sabtu, 21/8-10 di Auditorium Lama Poltekkes Kemenkes Ykt. Penanggungjawab acara tarling putaran III ini adalah Jurs. Gizi. Sebenarnya Jurs. Gizi menjadi penanggungjawab Tarling Putaran II yg dijadwalkan panitia RDKP pd hari Senin, 16/8-10, namun berhubung pd tanggal tsb warga masyarakat Indonesia sdg mempersiapkan acara Tirakatan menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 65, maka pelaksanaan Tarling di Jurs. Gizi diundur menjadi hari Sabtu, 21/8-10. Bertindak selaku Imam sholat dan penceramah adalah Ust. Setiawan, SKM, seorang alumni Jurs. Kes. Lingk (dulu bernama AKL) Angkatan 1993 yg kini telah menjadi Kepala Instalasi Sanitasi RS Dr. Sardjito Ykt. Beliau dgn jelas dan penuh semangat menyampaikan tausyiah tentang "Kebahagiaan dalam kehidupan di dunia".

Ustadz Setiawan, SKM sedang memimpin doa diakhir tausiahnya.

Dengan demikian masih menyisakan 4 putaran Tarling lagi dalam Ramadhan 1431 H ini, yaitu:
  • di Jurs. Keperawatan (Senin, 23/8),
  • di Jurs. Kes. Gigi (26/8),
  • di Jurs. Kes. Lingkungan (30/8), dan
  • di Direktorat Poltekkes (2/8).
Mari kita semarakkan lagi Tarling RDKP 1431 H/2010 M ... Smoga Allah menurunkan keberkahanNya bagi kampus Poltekkes Kemenkes Ykt tercinta... Amien...!

Monday, August 16, 2010

DIRGAHAYU HUT KEMERDEKAAN RI KE-65

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI tsb, pd tgl 17 Agustus 2010, telah diadakan upacara bendera di Halaman depan Kampus Terpadu Poltekkes Kemenkes Ykt, Jl. Tata Bumi 3, Banyuraden, Gamping, Sleman, Ykt. Upacara dimulai pukul 07.45 - 08.10 WIB. Bertindak selaku Inspektur upcr adalah: DR. Lucky Herawati, SKM, MSc. Sedangkan yg menjadi petugas upacara kali ini (Komandan upacara, Pengibar bendera, Pembaca Doa, UUD '45, Paduan Suara) ditunjuk dari karyawan dan mhs Jurs. Keperawatan. Tak ketinggalan, para mhs Jurs. Keperawatan dari Kab. Sorong Selatan Papua juga tampak terlibat sebagai Paduan Suara dan peserta upacara.

Tema peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 65 tahun 2010 ini adalah :
DENGAN SEMANGAT PROKLAMASI 17 AGUSTUS 1945, KITA SUKSESKAN REFORMASI GELOMBANG KEDUA, UNTUK TERWUJUDNYA KEHIDUPAN BERBANGSA YANG MAKIN SEJAHTERA, MAKIN DEMOKRATIS DAN MAKIN BERKEADILAN

Adapun pedoman peringatan HUT ke 65 Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2010 dapat di download di sini:

Pedoman peringatan HUT ke 65 Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2010



Pengibaran bendera Merah-Putih oleh Mhs Paskibraka Jurs. Keperawatan.

Sesuai Pengumuman No.: TU.07.04/I/2/3319/2010, semua karyawan/wati Poltekkes Kemenkes Ykt wajib mengikuti Upacara bendera dgn mengenakan pakaian:
  • Pria: Kemeja putih lengan panjang, celana warna hitam/gelap, memakai peci hitam polos dan berdasi
  • Wanita: Blus putih lengan panjang, rok warna hitam/gelap, memakai peci hitam polos dan berdasi kupu2.
Sedangkan mahasiswa dari ke-6 Jurs di lingkungan Poltekkes Kemenkes Ykt hadir mengenakan seragam jurusan dan jas almamater Poltekkes Ykt .

Salah seorang Mhs Jurs. Keperawatan dari Sorong Selatan Papua tampak dgn penuh patriotik memberikan hormat pada saat pengibaran Sang Merah Putih.

Selamat Ulang Tahun RI !! Selamat Ulang Tahun Seluruh Rakyat dan Bangsa Indonesia... !!

Friday, August 13, 2010

JAM KERJA POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA DI BULAN RAMADHAN 1431 H

Sebagaimana tahun2 sebelumnya, jam kerja Poltekkes Kemenkes Ykt slama bulan Ramadhan 1431 H/ 2010 M mengalami perubahan. Jika sebelumnya/di luar Bulan Ramadhan jam kerja hari Senin -s/d- Jum'at dimulai pukul 08.00 -s/d- 16.00 WIB, maka di Bulan Ramadhan berubah menjadi pukul 08.30 -s/d- 15.00 WIB. Perubahan ini telah ditetapkan sesuai surat Direktur Poltekkes Kemenkes Ykt Nomor: IR.02.02/I/2/3325/2010, tanggal 10 Agustus 2010, perihal Jam kerja bulan Ramadhan 1431 H.

Tentunya dgn adanya pengurangan jam kerja ini diharapkan kualitas pelayanan dari aparatur Poltekkes Kemenkes Ykt kepada masyarakat/civitas akademikanya tidak mengalami perubahan apalagi sampai ikut2an mengalami pengurangan.

Selamat melaksanakan ibadah Puasa Ramadhan 1431 H. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita smua...

Ingat: Bulan Puasa bukanlah bulan utk bersantai2/ bermalas2an. Inilah saatnya banyak beramal kebaikan dgn amal2 yg terbaik, krn Allah SWT telah menyiapkan balasan terbaik yg berlipat ganda pahalanya.

Wednesday, August 11, 2010

KULTUM BA'DA DHUHUR RDKP 1431 H

Hari Rabu, 11 Agustus 2010 bertepatan dgn 1 Ramadhan 1431 H adalah hari I pelaksanaan kegiatan Ramadhan Di Kampus Poltekkes (RDKP) 1431 H. Sesuai jadwal yg telah ditetapkan oleh Panitia RDKP, maka setelah Sholat Dhuhur berjamaah ditegakkan di Musholla At Taqwa Kampus Terpadu Poltekkes Ykt, selanjutnya diisi dgn Kultum (kuliah tujuh menit). Pada kesempatan hari I ini, kultum diisi oleh Pudir III Poltekkes Ykt (Bpk. Ir. Roosmarinto, MKes).

Pudir III (Ustadz Roosmarinto) tampak sedang menyampaikan tausiahnya.

Beliau menyampaikan tausiyah tentang 2 keistimewaan yg ada dalam Bulan Ramadhan. Keistimewaan I adalah karena Al Qur'an diturunkan pertama kalinya adalah dalam Bulan Ramadhan. Dan ayat yg pertama turun adalah "Iqra". Sebuah perintah dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dan umatnya utk membaca. Perintah Allah ini sangat relevan dgn Poltekkes sbg komunitas/masyarakat ilmiah. Membaca harus dilakukan/menjadi tradisi tak hanya oleh dosen dan mahasiswa Poltekkes Ykt, tetapi juga oleh staf/karyawan lainnya.

Keistimewaan II dari Bulan Ramadhan adalah: bulan diwajibkannya berpuasa bagi orang2 yg beriman (Islam). Puasa adalah sebuah ibadah spesial, karena hanya diketahui oleh ybs dan Allah SWT saja. Dengan demikian, jika seseorang dpt melaksanakannya dgn baik dan benar, insya Allah akan dapat meraih gelar Taqwa sesuai janji Allah SWT dlm Surat Al Baqarah: 187.

Kultum berikutnya selama Ramadhan akan disampaikan oleh para asatidz Poltekkes Ykt sebagaimana jadwal berikut ini:
Jadwal Kultum Dhuhur Ramadhan 1431

Tuesday, August 10, 2010

SILATURRAHIM SKALIGUS SYUKURAN MENYAMBUT RAMADHAN 1431 H.

Dalam rangka menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1431 H/2010 M, Direktur Poltekkes Kemenkes Ykt mengumpulkan Pudir I-II-III, para Ketua Jurusan (Kajur) periode 2006-2010, calon potensial 1 dan 2 kajur periode 2010-2014, Ka. Sub. Bag, Koord. Urs, dan Ka. Unit di lingkungan Poltekkes Kemenkes Ykt utk bersilaturrahim skaligus syukuran di RM Ayam Goreng Ny. Suharti, Gedongkuning, Banguntapan, Bantul.

Acara pertemuan informal ini berlangsung santai dari pukul 13.00 - 15.00 WIB, dihadiri oleh -/+ 23 pejabat, dan para sopir Poltekkes.

Direktur (Ibu Dr. Lucky Herawati, SKM, MSc) tampak sedang menyampaikan pengarahan kepada para pejabat yg hadir dlm acara silaturrahim dan syukuran sambut Ramadhan.

Inti dari pertemuan ini adalah penyampaian informasi penting terkait dengan akan segera turun/disampaikannya SK Persetujuan Penetapan Kajur yg akan memimpin ke-6 Jursn di lingkungan Poltekkes Kemenkes Ykt periode 2010-2014. Disamping itu juga karena dalam waktu dekat akan segera terjadi reposisi/mutasi para pejabat setingkat Ka. Unit dan Koord. Ursn di lingkungan Direktorat Poltekkes Ykt.

Direktur menyampaikan warning dan nasehat berharga kepada para kajur dan calon potensial 1 dan 2 kajur agar dpt menerima dgn lapang dada dan ikhlas, keputusan tentang siapa yg akan ditetapkan oleh Badan PPSDMK Kemenkes Jkt sbg Ketua Jurusan di lingkungan Poltekkes Ykt periode 2010-2014. Beliau juga mengisahkan sebuah peristiwa memilukan yg baru saja dialaminya, dimana seorang Ketua Jurusan yg tidak terpilih lagi sbg Kajur karena stress hebat akhirnya mengalami kesurupan dan terganggu kejiwaannya sehingga terpaksa harus dirawat di rumah sakit jiwa.

Dalam kesempatan ini pula, Direktur mengucapkan penghargaan dan terima kasih kpd para Ka. Unit dan Koord. Ursn di lingkungan Direktorat Poltekkes Ykt yg telah membantu jalannya organisasi Poltekkes Ykt selama periode kepemimpinan pertama di thn 2006-2010. Terkait dgn akan datangnya Bulan Suci Ramadhan, Direktur juga menyampaikan permohonan maaf lahir batin, dan mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1431 H.

Selanjutnya Pudir I Poltekkes Ykt (Bpk. H. Abidillah Mursyid, SKM, MS) ditunjuk Direktur untuk mengisi kultum sebelum makan siang. Beliau menyampaikan tentang pentingnya menjaga amanah/jabatan, dan hal2 terkait dgn menyambut ibadah Ramadhan. Selanjutnya, Bpk H. Handoko R, SKp (Ka. Unit Komputer) didaulat Direktur untuk memimpin pembacaan doa sebelum makan berjamaah tsb. Pak Ustadz Handoko juga mengingatkan pentingnya kita mentradisikan utk melakukan makan secara berjamaah, khususnya bagi mereka yg sdh berkeluarga, karena ini adalah salah satu sunah Nabi Muhammad SAW/ajaran Islam.

Santap siangpun berlangsung penuh kekhidmatan & kenikmatan, karena besok (Rabu, 11 Agust 2010) sudah tidak bisa lagi makan enak, banyak dan bersama2 seperti ini di siang hari... SELAMAT BERPUASA !

Monday, August 9, 2010

RAMADHAN DATANG... AYO SEMARAKKAN RDKP !

Jika tidak ada perubahan, direncanakan bulan Ramadhan 1431 H akan jatuh pd hari Rabu, 11 Agustus 2010. Berarti hari ini, Selasa 10 Agustus 2010 adalah 1 hari lagi menjelang Bulan Ramadhan 1431 H.

Sebagaimana tahun2 sebelumnya, Jajaran Pudir III Poltekkes Kemenkes Ykt yg diamanahi utk menggerakkan dan mengkoordinasikan berbagai kegiatan yg berhubungan dgn civitas akademika maupun masyarakat lingkungan sekitar, termasuk Kegiatan Kerohanian, telah mengadakan rapat persiapan menyambut Ramadhan dan pembentukan panitia Ramadhan Di Kampus Poltekkes (RDKP) 1431 H/2010 M.

Berikut ini adalah jadwal kegiatan RDKP 1431 H di lingkungan Poltekkes Kemenkes Ykt:

JADWAL KEGIATAN RDKP 2010

Disamping kegiatan tsb diatas, mahasiswa dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sentra Kerohanian Islam (SKI) BEM Poltekkes Kemenkes Ykt juga sudah mengagendakan kegiatan2 lainnya utk menyemarakkan kegiatan RDKP 1431 H.

Untuk itu diharapkan kepada seluruh civitas akademik Poltekkes Kemenkes Ykt (para mhs, karyawan, dosen, alumni, dll) yg mengetahui kegiatan ini hendaknya dpt berpartisipasi aktif mengikutinya. Semoga keberkahan Ramadhan dpt kita rasakan di lingkungan Kampus Poltekkes Kemenkes Ykt juga... Amien...

Sunday, August 8, 2010

PENGUMUMAN KELULUSAN SELEKSI AKADEMIK TA. 2010/2011 PROGRAM STUDI D-IV ANALIS KES., GIZI, DAN KEPERAWATAN ANAK

Panitia Sipenmaru TA. 2010/2011 Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta sesuai janji yg telah disampaikan sebelumnya kepada para peserta test tulis, pada hari Ahad, 8 Agustus 2010, mengumumkan kelulusan Prodi D-IV Kesehatan peserta program bantuan pendidikan nakes SDK Dinkes Prop. DIY dan dana Mandiri.

Informasi pengumuman selengkapnya dapat di lihat di papan pengumuman Kampus Terpadu Poltekkes Ykt, atau dpt diklik pd weblog khusus Sipenmaru Poltekkes Kemenkes Ykt ini dan / di situs Scribd.com ini.

Selamat yaa Bapak2/Ibu2... ! Jangan lupa untuk mengikuti Uji kesehatan sesuai jadwal yg telah diumumkan tsb. Smoga tidak ada halangan apapun dlm tes kesehatan nanti. (Tokh, Bpk2/Ibu2 slama ini sudah menjadi tenaga kesehatan juga khan? He2...).

Thursday, August 5, 2010

PENGUMUMAN KELULUSAN SIPENMARU TAHAP VII POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TA. 2010/2011

Hari Kamis, 5 Agustus 2010 Panitia Sipenmaru TA 2010/2011 Poltekkes Kemenkes Ykt kembali memanggil calon cadangan utk mengisi kekosongan "kursi" yg tinggalkan oleh peserta lulus Utama karena mengundurkan diri. Panitia menyampaikan permohonan maaf karena pengumuman ini terlambat di upload berhubung akses internet Speedy di kantor Poltekkes Ykt seharian ini mengalami gangguan teknis.

Adapun Pengumuman Kelulusan Sipenmaru Prodi D-III (Tahap VII) selengkapnya dpt dilihat di blog khusus Sipenmaru Poltekkes Jogja ini atau di alamat website Scribd ini...

Selamat kepada Anda yg namanya muncul sbg Lulus Utama !!! Segera lakukan daftar ulang dgn membayar semua komponen biaya yg telah ditentukan (BTN, Koperasi, BEM, dan/ Asrama) pd tempat dan waktu yg ditentukan, agar kesempatan ini tidak hilang dan "kursi" Anda tidak direbut kembali oleh cadangan berikutnya. Trima kasih...

Sunday, August 1, 2010

PENGUMUMAN SIPENMARU GELOMBANG II POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES YOGYAKARTA TA. 2010/2011

Setelah melalui serangkaian uji tulis dan uji kesehatan, berikut ini adalah hasil Sipenmaru Gel. II Program Studi D-III Kesehatan Gigi Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta Tahun Akademik 2010/2011.
Pengumuman Kelulusan Sipenmaru Gelombang II- 2 Agustus 2010

Selamat kepada peserta yg telah lulus Sipenmaru Gelombang II tsb. Silahkan segera melakukan registrasi pd hari Selasa-Rabu, 3-4 Agustus 2010, pukul 09.00 s/d 15.00 WIB, di Kampus Terpadu Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Disamping biaya pendidikan yg disetor ke BTN tsb, calon maba Poltekkes Kemenkes Ykt juga harus melunasi biaya BEM, koperasi, dan Asrama yg besarnya dapat dilihat selengkapnya pd papan pengumuman di Kampus Terpadu Poltekkes Kemenkes Ykt, Jl. Tata Bumi 3, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yk atau di lokasi kampus Jurs. Kes. Gigi Poltekkes Ykt serta dapat ditanyakan langsung pada petugas pada saat registrasi.